EVALUASI NILAI KONDISI PERKERASAN JALAN NASIONAL DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (Studi Kasus : Ruas Jalan Simpang 3 Lingkar Kudus Timur-Batas Kabupaten Pati/Kudus, Ruas Jalan Lingkar Pati, dan Ruas Jalan Wangon-Menganti)
Abstract
Kondisi fungsional jalan yang kurang baik dapat mengakibatkan ketidak-nyamanan bagi pengguna jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kondisi fungsional jalan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dengan mobil Hawkeye 2000. Hasil analisis kondisi fungsional perkerasan jalan didapatkan nilai Pavement Condition Index pada ruas Jalan Simpang 3 Lingkar Kudus Timur-Batas Kabupaten Pati/Kudus sebesar 31,50 (Very Poor); Jalan Lingkar Pati sebesar 60,09 (Fair); dan Jalan Wangon Menganti sebesar 57,80 (Fair).
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adly, E., Widodo, W., Rahmawati, A., & Putra, J. N. N. R. S. A. (2019). Rehabilitation planning for flexible pavement using rebound deflection method and PCI method on triwidadi road of Yogyakarta. International Journal of Integrated Engineering, 11(9 Special Issue), 201–211. https://doi.org/10.30880/ijie.2019.11.09.022 Birasungi, C. F., Waani, J. E., & Manoppo, M. R. E. (2019). Evaluasi Struktur Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Bina Marga 2013 (Studi Kasus: Ruas Jalan Yos Sudarso Manado). Jurnal Sipil Statik, 7(1), 137–146. Firdaus, O. (2013). Analisis Tingkat Pelayanan Jalan Pada Ruas Jalan Utama Kota Pangkalpinang. Forum Profesional Teknik Sipil. Kartika, A. F. (2018). Analisa Kondisi Perkerasan Jalan Menggunakan Metode PCI Pada Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya Propinsi Jawa Timur. https://repository.its.ac.id/52440/ Munggarani, N. A., & Wibowo, A. (2017). Kajian Faktor-Faktor Penyebab Kerusakan Dini Perkerasan jalan Lentur dan Pengaruhnya terhadap Biaya Penanganan. Jurnal Infrastruktur, 3(01), 9–18. Prakosa, R. A. (2018). Balik Untuk Perbaikan ( Evaluation of Flexible Pavement By Using Pci Methods and Deflection Methods for Maintenance ). Suswandi, A., Sartono, W., & Hardiatmo, H. C. (2008). EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN JALAN DENGAN METHODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) UNTUK MENUNJANG PENGAMBILAN KEPUTUSAN (Studi Kasus: Jalan Lingkar Selatan, Yogyakarta). Civil Engineering Forum Teknik Sipil, 18(3), 934–946. Umi, T., Setyawan, A., & Suprapto, M. (2016). Penggunaan Metode International Roughness Index (Iri), Surface Distress Index (Sdi) Dan Pavement Condition Index (Pci) Untuk Penilaian Kondisi Jalan Di Kabupaten Wonogiri. Prosiding Semnastek, 0(0), 1–9. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/685
Refbacks
- There are currently no refbacks.