ANALISIS VALUE ENGINEERING (VE) PADA STRUKTUR BETON (STUDI KASUS : GALERI ANNEX PROYEK REVITALISASI PKJ TIM TAHAP II)

Cynthia Lutfi Salsabila, Fajar Sri Handayani, Setiono Setiono

Abstract

Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki (PKJ TIM) merupakan salah satu area yang sedang dilakukan revitalisasi oleh pemerintah. Revitalisai PKJ TIM Tahap II meliputi perencanaan, pembangunan, pengelolaan, dan perawatan. Pada pembangunan salah satu gedung yang terdapat di PKJ TIM Tahap II, Galeri Annex, memakan biaya sebesar 15,18% dari total keseluruhan biaya proyek Galeri Annex. Latar belakang dilakukannya penelitian ini karena galeri dinilai memiliki dimensi struktur yang cukup besar, sehingga kurang efisien. Pada penelitian ini dilakukan analisis menggunakan metode Value Engineering (VE) dengan tujuan untuk mengidentifikasi pekerjaan struktur yang dapat dilakukan efisiensi dan menghitung perbandingan biaya yang dihasilkan sebelum dan sesudah dilakukan analisis. Penelitan dilakukan dengan mengambil dua sampel, yaitu satu pekerjaan balok dan satu pekerjaan kolom. Pada sampel yang telah diambil, dilakukan perhitungan ulang dengan memunculkan alternatif pengembangan, yaitu menambahkan bahan pengganti semen (zat aditif) dalam campuran beton. Alternatif bahan aditif yang digunakan dalam penelitian ini adalah zeolit, silica fume, dan metakaolin dengan mutu beton secara berurutan, 34 MPa; 41,4 MPa; dan 45 MPa. Alternatif dibandingkan dengan struktur awal, yaitu beton f’c 30 MPa dengan campuran fly ash. Dari analisis yang telah dilakukan, alternatif yang terpilih adalah penggunaan beton f’c 45 MPa dengan campuran bahan aditif metakaolin. Berdasarkan perhitungan dengan metode VE, maka penggunakan alternatif metakaolin dapat menghemat biaya sebesar 25,20%.

References

Badan Standarisasi Nasional, 2019, “SNI 2847:2019 Persyaratan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedung dan Penjelasan”, Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

Badan Standarisasi Nasional, 2020, “SNI 1727:2020 Beban Desain Minimum Dan Kriteria Terkait Untuk Bangunan Gedung Dan Struktur Lain”, Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

Budianto, M. K., 2019, “Kajian Kuat Desak Dan Modulus Elastisitas Beton Mutu Tinggi Dengan Bahan Tambah Silica Fume Menggunakan Analisis Mikrostruktur, Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Hendrianto, G. K., 2018, “Analisis Metode Value Engineering untuk Efisiensi Biaya (Studi Kasus: Proyek Apartemen Yukata Suites Alam Sutera Tangerang), Surakarta: Universitas Sebelas Maret .

Iqbal, A. S., 2018, “Pengaruh Zeolit Sebagai Material Pengganti Semen pada Campuran Beton Self Compacting Concrete (SCC) Terhadap Kuat Tekan dan Porositas Beton” Rekayasa Teknik Sipil Vol. 1, No. 01. pp. 167 - 175.

Iswanto, 2011, “Tinjauan Kuat Tekan dan Modulus Elastisitas Beton dengan Zeolit sebagai Bahan Tambah Dibanding Zeolit Sebagai Pengganti Semen Pada Campuran Beton,” Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, 2022, “Bagian IV : Analisis Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) Bidang Cipta Karya dan Perumahan,” Jakarta: Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Khafidho, Z., Kusumastuti, D. R., Setiawan, D. B., & Suwarto, 2019, “Analisis Value Engineering Struktur Portal Proyek Rumah Sakit Onkologi Kotabaru Yogyakarta,” Wahana Teknik Sipil. Vol. 24 No.2, pp. 104-116.

Lathifah, P., 2018, “Kajian Kuat Tekan dan Modulus Elastisitas Pada Beton Mutu Tinggi Memadat Mandiri dengan Variasi Penambahan Bahan Metakaolin” Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Mehdi Robati, P. O., 2021, “Carbon Value Engineering: A Framework for Integrating Embodied Carbon”, Building and Environment. Vol. 192.

Musliha, S. S., 2021, “Analisis Value Engineering Pada Struktur Bangunan dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus : Proyek Supporting Unit DPRD Kota Salatiga),” Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Pemerintah DKI Jakarta, 2021, “Harga Satuan Bahan Bangunan Konstruksi dan Interior DKI Jakarta”, DKI Jakrta: Pemerintah DKI Jakarta.

Rahady, M. A., 2017, “Pengaruh Penambahan Silica Fume dan Superplasticizer pada Self Compacting Concrete (SCC),” Yogyakarta : Universitas Islam Indonesia.

Setiawati, M., 2018, “Fly Ash sebagai Bahan Pengganti Semen Pada Beton” Jurnal Universitas Muhammadiyah.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.