Estimasi Parameter Model Gravity dengan Metode Penaksiran Kuadrat Terkecil dan Fungsi Hambatan Eksponensial-Negatif (Studi Kasus Kabupaten Sukoharjo)
Abstract
Kabupaten Sukoharjo memiliki lokasi yang strategis, yakni letaknya di persimpangan Semarang, Yogyakarta, dan Surakarta. Hal ini akan mendukung pembangunan di Kabupaten Sukoharjo, dan meningkatkan pergerakan. Pergerakan yang meningkat menimbulkan masalah transportasi, oleh karena itu diperlukan perencanaan dengan mengestimasi matriks asal tujuan. Hasil akhir penelitian ini diharapkan dapat diketahui besarnya parameter β pada fungsi hambatan Eksponensial-Negatif dengan metode Kuadrat Terkecil, untuk mengetahui total estimasi distribusi pergerakan di Kabupaten Sukoharjo pada tahun 2021, serta menguji tingkat kemiripan arus lalu lintas hasil pemodelan dan hasil traffic count. Perhitungan estimasi distribusi pergerakan tahun mendatang menggunakan Model Gravity. Nilai parameter β dalam persamaan model Gravity didapatkan melalui kalibrasi Newton-Raphson pada software Matlab. Untuk mengukur tingkat kemiripan dari perhitungan arus lalu lintas hasil pemodelan dan hasil traffic count digunakan Koefisien Determinasi. Hasil dari penelitian ini didapatkan nilai parameter β sebesar 0,0613, dengan total pergerakan Kabupaten Sukoharjo pada tahun 2021 adalah 16364 smp/jam. Tingkat validitas dari penelitian ini dianggap sangat tinggi karena didapatkan nilai R2 senilai 0,8194.
Kata Kunci : EMME/3, Matriks Asal Tujuan, Matlab, Model Gravity
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abbas, Salim, 2000, Manajemen Transportasi. Cetakan Pertama, Edisi Kedua, Jakarta: Ghalia Indonesia. Anonim, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum RI. Elfa, M.Z., 2015, Estimasi Matrik Asal Tujuan (MAT) dari Data Arus Lalu Lintas dengan Metode Estimasi Kuadrat Terkecil Menggunakan Piranti Lunak EMME/3 (Studi Kasus Kota Surakarta), Skripsi, Surakarta: Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Sebelas Maret. ¬Fika, Z., Syafi’i., dan Slamet, Jauhari Legowo., 2016, Estimasi Distribusi Perjalanan Kota Surakarta Tahun 2025 Menggunakan Model Gravity, Skripsi, Surakarta: Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Sebelas Maret. Hendarwati,P., 2014, Estimasi Matriks Asal Tujuan Perjalanan Menggunakan Model Gravity Dengan Fungsi Hambatan Eksponensial-Negatif Di Kota Surakarta, Skripsi, Surakarta: Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Sebelas Maret. Jamilah, W., Syafi’I, & Dewi Handayani. (2018). Impact of freight transportation on road network performance in Surakarta with toll road scenario. AIP Conference Proceedings, 1977. https://doi.org/10.1063/1.5042987 Miro, F., 2005, Perencanaan Transportasi untuk Mahasiswa, Perencana, dan Praktisi, Jakarta: Erlangga. Nasution, 2004 dan 2008, Manajemen Transportasi, Bogor: Ghalia Indonesia. Niken,Puspitasari., 2014, Estimasi Matriks Asal Tujuan Perjalanan Menggunakan Model Gravity Dengan Fungsi Hambatan Tanner Di Kota Surakarta, Skripsi, Surakarta: Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Sebelas Maret. Syafi’I, Rusydy, I., & Handayani, D. (2018). The influence of freight transportation on road network performance in Surakarta. AIP Conference Proceedings, 1977(1), 040016. https://doi.org/10.1063/1.5042986 Syafi’I, Santoso, M. B., & Handayani, D. (2018). The origin-destination matrix for freight transportation with Bayesian inference method. AIP Conference Proceedings, 1977. https://doi.org/10.1063/1.504298 Tamin, O. Z., 2000, Perencanaan dan Permodelan Transportasi, Bandung: ITB press. Trisnawati, N., Syafi’I, & Handayani, D. (2018). Forecasting of origin-destination matrix of freight transportation of Surakarta with maximum likelihood method. AIP Conference Proceedings, 1977. https://doi.org/10.1063/1.5042989
Refbacks
- There are currently no refbacks.