KAJIAN TEGANGAN-REGANGAN DAN KUAT TEKAN HVFA KADAR 50% MEMADAT SENDIRI TERHADAP BETON NORMAL DENGAN KEKANGAN TEFLON

Maulana Eva Rozani, Agus Setiya Budi, Senot Sangadji

Abstract

Pemanfaatan limbah batu bara berupa abu terbang (Fly Ash) dewasa ini berkembang terus menerus. Isu pemanasan global men-jadi pemicu munculnya inovasi ini. Dalam dunia kontruksi, semen merupakan komponen utama. Produksi semen sendiri men-jadi penyumbang besar dalam pemanasan global. Penelitian demi penelitian dilakukan untuk mengurangi penggunaan semen. Kemudian muncul ide menggunakan Fly Ash untuk subtitusi semen pada beton. Beton dengan penggunaan Fly Ash dalam presentase tinggi disebut High Volume Fly Ash Concrete (HVFAC) dimana setidaknya 50% dari pengunaan jumlah semen sebagai bahan pengikat, digantikan dengan Fly Ash. Aplikasi penggunaan Fly Ash kedalam beton diperlukan paduan teknologi Self-Compacting Concrete. memanfaatkan pengaturan ukuran agregat, porsi agregat dan zat admixture berupa superplastisizer untuk mencapai kekentalan khusus yang memungkinkan untuk campuran beton mengalir dengn sendirinya tanpa bantuan alat pem-adat.
Penelitian ini menggunakan beton High Volume Fly Ash Self Compacting Concrete (HVFA-SCC). Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dimana penelitian ini dilakukan di Laboratorium Bahan dan Struktur Jurusan Teknik Sipil UNS. Pada penelitian ini benda uji tediri dari 2 jenis, yaitu beton normal dan beton HVFA-SCC 50% usia 28 hari yang memiliki bentuk silinder dengan ukuran lebar diameter 150 mm dan tinggi 300 mm. Dalam penelitian ini juga mengkaji pengaruh media pengekang untuk mengurangi gaya friksi yang terjadi pada saat pengujian kuat desak yaitu dengan kekangan teflon. Teflon diletakkan pada kedua ujung benda uji pada saat proses pembebanan.
Beton High Volume Fly Ash Self Compacting Concrete (HVFA-SCC) memiliki nilai tegangan maksimum sebesar 36,98 MPa se-dangkan Beton Normal memiliki tegangan maksimum sebesar 21,24 MPa. Regangan puncak pada Beton HVFA-SCC sebesar 0,0068 dan regangan puncak beton normal sebesar 0,0071.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.