STUDI PENETAPAN NILAI EKUIVALENSI MOBIL PENUMPANG (EMP) KENDARAAN BERMOTOR MENGGUNAKAN METODE TIME HEADWAY DAN APLIKASINYA UNTUK MENGHITUNG KINERJA RUAS JALAN (KASUS PADA RUAS JALAN RAYA SOLO-SRAGEN KM.12)

Christy Alty Andiani, Agus Sumarsono, Djumari Djumari

Abstract

Jalan Solo-Sragen merupakan jalan arteri dua lajur dua arah.Jumlah kendaraan yang melintas cukup besar karena menghubungkan lalu lintas dari Jawa Timur ke Jawa Tengah dan Yogyakarta, dan sebaliknya. Pada jam sibuk, terjadi kepadatan sehingga perlu dilakukan analisis kinerja ruas jalan dengan mencari ekuivalensi mobil penumpang (emp) supaya kinerja yang diperoleh sesuai keadaan sebenarnya.Lokasi penelitian pada ruas jalan Solo-Sragen km.12, waktu penelitian pada Rabu, 21 November 2012 pukul 06.00-08.00 dan 15.00-17.00.Metode yang digunakan adalah survey dan analisis.Data yang dibutuhkan adalah arus lalu lintas, headway iringan kendaraan dan data geometrik untuk perhitungan kinerja yang menggunakan MKJI 1997.Nilai emp yang diperoleh untuk arah Solo pagi hari untuk 0,35sepeda motor, 1,55bus kecil, 1,64bus besar, 1,62truk 2as, 1,89truk 3as dan 1,97truk 5as dan emp ke arah Solo sore hari adalah 0,36, 1,69, 1,74, 1,65, 1,81, 2,03. Sedangkan emp ke arah Sragen pagi hari adalah 0,41, 1,58, 1,79, 1,79, 1,87, 2,04 dan emp ke arah Sragen sore hari adalah 0,35, 1,69, 1,71, 1,75, 1,97, 2,10. Hasil analisis kinerja ruas jalan adalah derajad kejenuhan (DS) pagi 0,92, DSsore 0,98, derajad iringan (DB) pagi 0,89 dan DB sore 0,91.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.