ANALISIS MODEL TARIKAN PERGERAKAN PADA UNIVERSITAS (STUDI KASUS DI WILAYAH SURAKARTA)

Aditya Mahindera Putra, Syafi'i Syafi'i, Slamet Jauhari Legowo

Abstract

Universitas merupakan salah satu jenis fungsi tata guna lahan yang akan menimbulkan tarikan pergerakan kendaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat suatu model matematis yang digunakan untuk menghitung besar tarikan pergerakan kendaraan akibat pembangunan universitas baru yang dapat mempengaruhi kondisi jaringan jalan yang ada serta untuk mengetahui tingkat validitas dari model tersebut berdasarkan nilai koefisien determinasi (R2). Pengolahan data menggunakan metode regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 16. Model-model yang dihasilkan kemudian di uji secara statistik dan di uji kriteria BLUE. Hasil menunjukan persamaan Y = 191,950 + 62,260X5 dengan variabel bebas X5 adalah jumlah mahasiswa merupakan model yang paling memenuhi persyaratan hasil uji statistik dan uji persyaratan kriteria BLUE Tingkat validitas pada model berdasarkan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,994, Sehingga persamaan regresi yang dihasilkan baik untuk mengestimasi nilai variable terikat.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.