PERFORMANCE OF SERVICE AND USER PERCEPTION RURAL TRANSPORT (Case Study Minibus PO Putra Jaya Utama route Solo- Kartosuro , Sukoharjo - Penggung , Klaten - Semin , Gunung Kidul )

Dewi Handayani, Amirotul M.H. Mahmudah, Robbi Kurniawan

Abstract

Penurunan kinerja Angkutan Umum Pedesaan berakibat terhadap penurunan jumlah pengguna. Di lain sisi penurunan pengguna akan berakibat minimnya penghasilan pengusaha sehingga akan memperburuk kinerja yang sudah ada. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk mendapatkan nilai kinerja dan mengetahui persepsi pengguna terhadap kinerja pelayanan tersebut. Penelitian dilakukan terhadap PO Putra Jaya Utama yang melayani trayek Solo-Kartasuro-Penggung (Klaten)-Semin (Gunung Kidul). Pengukuran kinerja pelayanan dilakukan dengan metode pengukuran langsung di lapangan. Parameter kinerja pelayanan berupa load factor, headway, waktu tunggu penumpang, kecepatan perjalanan, waktu perjalanan. Pengukuran persepsi pelayanan dilakukan dengan metode kuisioner. Survei diadakan pada hari Libur, hari Biasa, dan hari Pasar. Hasil penelitian didapatkan load factor = 34,25 %, headway = 1 jam 28 menit , waktu tunggu penumpang = 44 menit, waktu perjalanan = 1,9 jam, kecepatan perjalanan = 26 km/jam, kesesuaian angkutan pedesaan terhadap Standar Peraturan Minimal (SPM) Permenhub no. 98 tahun 2013 = 56,68%. Persepsi pengguna terhadap kinerja pelayanan: Ketersediaan tempat duduk lebih dari cukup, waktu tunggu penumpang buruk, lama perjalanan hampir mendekati cukup, dan kecepatan perjalanan cukup.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.