STUDI KINERJA DAN PERSEPSI PENUMPANG TERHADAP PELAYANAN MINIBUS PO. DADI AGUNG (Studi Kasus Minibus Rute Terminal Klaten-Wedi-Bayat-Cawas)

Agri Alan Pratama, Dewi Handayani, Amirotul M.H Mahmudah

Abstract

Angkutan umum di pedesaan mulai berkurang peminatnya yang berakibat pada minimnya penghasilan pengusaha angkutan umum sehingga dapat memperburuk kinerja angkutan yang sudah ada. Pada rute Terminal Klaten-Wedi-Bayat-Cawas terdapat angkutan jenis minibus PO.Dadi Agung dengan kapasitas 26 tempat duduk yang masih beroperasi dan memiliki ijin resmi trayek dari Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten. Meskipun angkutan ini memiliki nilai load factor yang relatif kecil, tetapi keberadaannya masih tetap bertahan, hal ini berarti bahwa angkutan ini masih dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan nilai kinerja angkutan tersebut dan membandingkannya dengan persepsi penumpang. Penelitian dilakukan terhadap angkutan pedesaan minibus PO. Dadi Agung kapasitas 26 tempat duduk pada rute Terminal Klaten-Wedi-Bayat-Cawas. Pengukuran kinerjadilakukan dengan metode survai langsung di lapangan. Parameter pengukuran kinerja adalah terhadap load factor, headway, waktu tunggu penumpaang, kecepatan perjalanan, dan waktu perjalanan. Pengukuran persepsi terhadap pengguna dilakukan dengan metode kuisioner dengan skala Lickert. Survai dilakukan pada hari libur dan hari kerja. Hasil penelitian didapatkan load factor = 21.12% , headway = 52.04 menit, waktu tunggu penumpang = 26.21 menit , waktu perjalanan = 55.37 menit, kecepatan perjalanan per segmen = 27.37 km/jam dan kecepatan perjalanan = 27.64 km/jam. Persepsi pengguna terhadap kinerja diperoleh: Ketersediaan tempat duduk baik (nilai 3.67), waktu tunggu penumpang baik (nilai 3.6), lama perjalanan baik (nilai 3.53), kecepatan perjalanan baik (nilai 3.6). pengukuran nilai persepsi menggunakan skala Lickert.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.