ANALISIS STABILITAS LERENG DENGAN PERKUATAN SOIL NAILING MENGGUNAKAN PROGRAM KOMPUTER (Studi Kasus: Desa Tambakmerang, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri)

Reza Bagus Hermawan, Niken Silmi Surjandari, Raden Harya Dananjaya

Abstract

Stabilitas lereng dipengaruhi berbagai faktor, diantaranya kemiringan dan ketinggian lereng. Stabilitas lereng tersebut sangat berpengaruh terhadap keselamatan manusia yang sering melakukan kegiatan di sekitar lokasi tersebut. Penelitian ini melakukan analisis pada lereng yang terletak di Desa Tambakmereng, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri yang merupakan lingkup DAS Keduang. Lereng tersebut memiliki sudut yang besar yaitu yaitu 60° dengan ketinggian 14 meter dan dianggap curam sehingga berbahaya untuk pengguna jalan yang berada di sisi lereng tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai faktor keamanan (SF) pada lereng tersebut sebelum diberi perkuatan, kemudian memberikan perkuatan untuk meningkatkan nilai faktor keamanannya. Variasi pada penelitian ini dilakukan pada jarak nail yaitu 1,3; 1,5; dan 1,8 meter. Jarak tersebut sudah disesuaikan dengan standar FHWA yang merupakan acuan dalam perencanaan soil nailing. Variasi juga dilakukan pada panjang nail yang dibuat seragam dan bervariasi pada satu penampang yang sama dengan jarak nail yang sama juga.

Dari hasil penelitian ini, dihasilkan nilai faktor keamanan (SF) sebelum diperkuat adalah 1,196. Setelah dilakukan perkuatan dengan soil nailing nilai faktor keamanan meningkat antara 1,565 - 2,313. Penambahan jarak nail dari 1,3;1,5; dan 1,8 meter menyebabkan penurunan nilai faktor keamanan sebesar 5,79% dan 13,54% pada panjang nail yang seragam, sedangkan pada panjang nail yang bervariasi sebesar 2,09% dan 1,88%. Nilai faktor keamanan yang dihasilkan pada panjang nail yang bervariasi juga mengalami penurunan bila dibandingkan dengan panjang nail seragam. Pada jarak nail 1,3; 1,5; dan 1,8 m penurunan nilai faktor keamanan adalah sebesar 29,57%; 26,80%; dan 16,93%.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.