Pengaruh Online Customer Review, Kepercayaan, dan Keamanan terhadap Niat Beli Produk Sarana Pertanian melalui Aplikasi Shopee di CV Gunung Subur

Laila Fatma Niti Sabda, Kussudyarsana Kussudyarsana

Abstract

Sektor pertanian mempunyai kontribusi terhadap perekonomian negara yang berhubungan dengan pemasaran produk pertanian. Saat ini, pemasaran produk pertanian tidak hanya dilakukan secara konvensional, tetapi telah merambah ke e-commerce. Dalam transaksi online, faktor online customer review, kepercayaan dan keamanan merupakan faktor penting dalam keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan menganalisis online customer review, trust, dan security terhadap niat membeli online produk sarana pertanian melalui aplikasi Shopee di CV Gunung Subur. Penelitian  menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode analisis memanfaatkan data yang berasal dari jawaban berita umum dengan jumlah responden sebanyak 181 orang. Analisis data dilakukan menggunakan program SPSS Statistics 23. Berdasarkan hasil penelitian, variabel online customer review, kepercayaan dan keamanan secara bersama-sama atau simultan berpengaruh secara signifikan positif hingga 93,5% terhadap niat beli online pada produk sarana pertanian pada marketplace Shopee khususnya pada toko pertanian CV Gunung Subur. Maka penerapan strategi pemasaran yang baik akan mampu meningkatkan jumlah penjualan.

Kata kunci: e-commerce; nilai produk; pemasaran digital; preferensi konsumen

References

Abid, M. M. F., & Dinalestari. (2020). Pengaruh e-security dan e-service quality terhadap e-repurchase intention dengan e-satisfaction sebagai variabel intervening pada konsumen e-commerce Lazada di FISIP UNDIP. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 93–100. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.26227

Afifah, N., & Yulida. (2019). Pengaruh product knowledge, online customer review dan perceived enjoyment terhadap niat beli smartphone dengan price discount sebagai variabel moderasi (studi pada konsumen situs jual beli online Shopee). Equator Journal of Management and Entrepreneurship, 7(1), 1–12. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmdb/article/view/28557/75676578447

Alimuddin, A. (2021). Penggunaan internet dan peluang berwirausaha di Indonesia. Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis, 26(2), 112–121. https://doi.org/10.20961/jkb.v26i2.50913

Anggraini, M. (2023). Efektivitas online customer review dalam meningkatkan minat beli konsumen pada TikTok shop di Kota Medan. Content: Journal of Communication Studies, 1(2), 10–20. https://talenta.usu.ac.id/cjcs/article/view/13227

Bappenas. (2023). Laporan Perkembangan Ekonomi Indonesia dan Dunia Triwulan II Tahun 2023. In Perkembangan Ekonomi Indonesia dan Dunia (Vol. 7, Issue 1).

Bella, D. M., & Supriyono. (2023). Pengaruh online customer review, keamanan kepercayaan terhadap keputusan pembelian marketplace Tokopedia di Surabaya. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 575–580. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3838

Cahyaningrum, F., Suhendro, S., & Wijayanti, A. (2022). Pengaruh faktor keuangan dan nonkeuangan terhadap return saham dengan kebijakan dividen sebagai variabel mediasi. Inovasi, 18(2), 319–325. https://doi.org/10.30872/jinv.v18i2.10627

Dzaki, A. L., & Zuliestiana, D. A. (2022). Analisis pengaruh kepercayaan dan kepuasan terhadap minat beli ulang pada pengguna situs e-commerce Jd.Id. E-Proceeding of Management, 9(2), 125–139. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/17588

Fahrani, V., Usman, O., & Aditya, S. (2022). Pengaruh pemasaran pada media sosial dan ulasan pelanggan online terhadap niat beli dimediasi oleh kepercayaan pelanggan: Studi pada pengikut media sosial produk kosmetik di wilayah Jakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan, 3(1), 198–214. https://doi.org/10.21009/jbmk.0301.15

Fermayani, R., Harahap, R. R., & Rahmat, R. (2022). Pengaruh keamanan dan kepercayaan terhadap niat untuk bertransaksi secara online. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 10(1), 66–78. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i1.1685

Furi, R., Hidayati, N., & Asiyah, S. (2020). Pengaruh keamanan, kemudahan, kepercayaan dan pengalaman berbelanja terhadap minat beli online pada situs jual beli Shopee. E-Journal Riset Manajemen, 9(2), 96–109. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/6094

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS (9th ed.). Universitas Diponegoro.

Gunawan, C. I., Suroto, K. S., & Nugroho, A. P. (2020). Buku referensi sosial ekonomi pertanian (1st ed., Issue Maret). UNITRI Press.

Halim, E., & Karsen, M. (2020). The impact of trust on online purchase intention of business investors. Proceedings of 2020 International Conference on Information Management and Technology, August, 709–714. https://doi.org/10.1109/ICIMTech50083.2020.9211132

Hidayah, I., Yulhendri, Y. & Susanti, N. (2022). Peran sektor pertanian dalam perekonomian negara maju dan negara berkembang: Sebuah kajian literatur. Jurnal Salingka Nagari, 1(1), 28–37. https://jsn.ppj.unp.ac.id/index.php/jsn/article/view/9

Hidayati, N. L. (2018). Pengaruh viral marketing, online consumer reviews dan harga terhadap keputusan pembelian Shopee di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 06(3), 77–84. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/24741

Islamiati, D. R., et al. (2023). Pengaruh e-commerce Shopee terhadap kepercayaan konsumen. Karimah Tauhid, 2(4), 929–941. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/8268

Kartiningrum, E. D., Basuki, H., Bambang, N., Otok, W., Nurul, E., & Yuswatiningsih, K. E. (2022). Aplikasi regresi dan korelasi dalam analis data hasil penelitian. STIKes Majapahit Mojokerto. https://ejournal.stikesmajapahit.ac.id/index.php/EBook/article/view/807

Khotimah, K., & Febriansyah, F. (2018). Pengaruh kemudahan penggunaan, kepercayaan konsumen dan kreativitas iklan terhadap minat beli konsumen online-shop. Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.36407/jmsab.v1i1.16

Lesmana, A. (2019). Pengaruh trust, perceived reputation dan keamanan terhadap minat beli online. Jurnal Ekonomak, V(1), 90–101. https://ejournal.stiepgri.ac.id/index.php/ekonomak/article/view/74

Lim, S. H., Kim, D. J., Hur, Y., & Park, K. (2019). An empirical study of the impacts of perceived security and knowledge on continuous intention to use mobile fintech payment services. International Journal of Human-Computer Interaction, 35(10), 886–898. https://doi.org/10.1080/10447318.2018.1507132

Majali, T., Alsoud, M., Yaseen, H., Almajali, R., & Barkat, S. (2022). The effect of digital review credibility on Jordanian online purchase intention. International Journal of Data and Network Science, 6(3), 973–982. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.1.014

Masiaga, N. R., Worang, F. G., & Mandagie, Y. (2022). Pengaruh keamanan dan kepercayaan terhadap kepuasaan pelanggan yang berbelanja secara online di Lazada.com. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(2), 900–910. https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.40476

Maulidiyah, N. (2021). Pengaruh persepsi risiko, kepercayaan dan keamanan terhadap minat beli online melalui media sosial (studi pada konsumen online shop). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 9(2), 1–12. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7639/6580

Meskaran, F., Ismail, Z., & Shanmugam, B. (2013). Online purchase intention: Effects of trust and security perception. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 7(6), 307–315. http://ajbasweb.com/old/ajbas/2013/April/307-315.pdf

Molle, A. A., Berlianty, T., & Balik, A. (2023). Perlindungan hukum terhadap konsumen Shopee atas barang yang tidak sesuai dengan deskripsi produk. Pattimura Law Study Review, 1(1), 1–15. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/palasrev/article/view/9969

Mulyati, Y., & Gesitera, G. (2020). Pengaruh online customer review terhadap purchase intention dengan trust sebagai intervening pada toko online Bukalapak di Kota Padang. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 9(2), 173. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.538

Napitupulu, M. H., & Supriyono, S. (2022). Pengaruh keamanan dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Lazada di Surabaya. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(2), 789–800. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i2.1335

Niswaningtyas, R. A., & Hadi, M. (2022). Pengaruh online customer review dan gratis ongkir terhadap keputusan pembelian di platform e- commerce shopee pada pengguna aplikasi shopee (studi pada mahasiswa program studi D-IV Manajemen Pemasaran di politeknik Negeri Malang). Jurnal Aplikasi Bisnis, 8(2), 175–179. https://jurnal.polinema.ac.id/index.php/jab/article/view/442

Nur, H. M., & Maarif, V. (2019). Pengujian hipotesis statistik penggunaan warna cat terhadap pengaruh harga jual mobil. EVOLUSI-Jurnal Sains dan Manajemen, 7(1), 76–81. https://doi.org/10.31294/evolusi.v7i1.5460

Nurakhmawati, R., Purnamawati, A., & Fahmi, I. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan e-commerce shopee terhadap kepuasan pelanggan melalui keputusan pembelian. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 191–204. https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i2.1881

Orinaldi, M. (2020). Peran e-commerce dalam meningkatkan resiliensi bisnis diera pandemi. Iltizam Journal of Shariah Economics Research, 4(2), 36–53. https://doi.org/10.30631/iltizam.v4i2.594

Park, C. W., Sutherland, I., & Lee, S. K. (2021). Effects of online reviews, trust, and picture-superiority on intention to purchase restaurant services. Journal of Hospitality and Tourism Management, 47, 228–236. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2021.03.007Picaully, M. R. (2018). Pengaruh kepercayaan pelanggan terhadap niat pembelian gadget di Shopee Indonesia. Jurnal Manajemen Maranatha, 18(1), 31–40. https://doi.org/10.28932/jmm.v18i1.1094

Piwi, A. P., & Ellyawati, J. (2022). Anteseden niat beli ulang belanja online: Uji e-kepuasan sebagai mediasi. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 23(1), 109–129. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/mbisnis

Putri, U. A., Simanjuntak, D. C. Y., & Sitorus, D. R. (2023). Pengaruh online customer review, city image, dan purchase intention terhadap purchase intention. Jurnal Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 5(2), 88–100. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v5i2.4570

Rahayu, A., Utama, D. H., & Novianty, R. (2021). The impact of online customer reviews on purchase intention in online marketplace.
Advances in Economics, Business and Management Research, 187(1), 471–477. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.210831.094

Rinaja, A. F., Udayana, I. B. N., & Maharani, B. D. (2022). Pengaruh online customer review, word of mouth, and price consciousness terhadap minat beli di Shopee. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 9(3), 435–448. https://doi.org/10.37606/publik.v9i3.345

Ritonga, R., & Rizal, T. (2023). Pengaruh free ongkir kirim dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan online shop (studi pada pengguna Shopee mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Potensi Utama). Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce, 2(1), 73–91. https://doi.org/10.30640/digital.v2i1.643

Salam, A., & Panambang, A. (2022). Pengaruh kualitas produk dan kepercayaan konsumen terhadap niat beli produk di shopee (studi kasus pada pelajar SMP & SMA/sederajat di Desa Leseng & Desa Mokong Kec. Moyo Hulu). Journal Manajemen dan Bisnis, 5(1), 1–9. https://www.jurnal.uts.ac.id/index.php/jmb/article/view/1630

Saputra, I. G. N. I., Sasmita, G. M. A., & Wiranatha, A. A. K. A. C. (2017). Pengembangan sistem keamanan untuk e-commerce. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), 5(1), 17-28. https://doi.org/10.24843/jim.2017.v05.i01.p03

Sari, F. C. P., Suzana, A. J., Achadi, A., Masita, T. E., & Aninastuti. (2023). Pengaruh pengalaman pelanggan, kemudahan penggunaan, kepercayaan konsumen, dan electronic word of mouth terhadap niat beli ulang pada pengguna aplikasi Shopee di Kota Purwokerto. Seminar Nasional LPPM UMMAT Universitas, 2, 1019–1032. http://journal.ummat.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/14402%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/semnaslppm/article/viewFile/14402/6812

Sari, N. K. A. Y., & Rastini, N. M. (2022). Pengaruh e-wom, kepercayaan, dan kepuasan terhadap niat beli kembali: Studi pada pelanggan situs Shopee. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(4), 635-657. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i04.p01

Sharma, V. M., & Klein, A. (2020). Journal of retailing and consumer services consumer perceived value, involvement, trust, susceptibility to interpersonal influence, and intention to participate in online group buying. Journal of Retailing and Consumer Services, 52, 1–11. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.101946

Sianipar, A. H. F., & Yoestini. (2021). Analisis pengaruh customer review dan customer rating terhadap keputusan pembelian produk di online marketplace (studi pada mahasiswa pengguna Tokopedia di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(6), 1-10. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Sugiarti, D. I., & Iskandar, R. (2021). Pengaruh consumer review terhadap keputusan pembeli terhadap toko online Shopee. Jurnal Sosial Teknologi, 1(9), 954–962. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i9.195

Suryani, A. I., K, S., & Mursalam, M. (2019). Pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial murid kelas V SDN no. 166 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 4(166), 741–753. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/2373

Suryani, S., & Koranti, K. (2022). Kualitas pelayanan, kepercayaan dan keamanan serta pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan melalui sikap pengguna e-commerce. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 27(2), 183–198. https://doi.org/10.35760/eb.2022.v27i2.5189

Susanti, R., & Rustam, T. A. (2022). Pengaruh kepercayaan konsumen dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada PT Batam Bangun Prahtama. Jurnal Ekuivalensi, 8(1), 80–91. https://doi.org/10.51158/ekuivalensi.v8i1.661

Tran, V. D., & Nguyen, T. D. (2022). The impact of security, individuality, reputation, and consumer attitudes on purchase intention of online shopping: The evidence in Vietnam. Cogent Psychology, 9(1), 5–21. https://doi.org/10.1080/23311908.2022.2035530

Tsai, Y. C., & Yeh, J. C. (2018). Perceived risk of information security and privacy in online shopping: A study of environmentally sustainable products. African Journal of Business Management, 4(18), 4057–4066. https://www.internationalscholarsjournals.com/articles/perceived-risk-of-information-security-and-privacy-in-online-shopping-a-study-of-environmentally-sustainable-products.pdf

Ventre, I., & Kolbe, D. (2020). The impact of perceived usefulness of online reviews, trust and perceived risk on online purchase intention in emerging markets: a mexican perspective. Journal of International Consumer Marketing, 32(4), 1–13. https://doi.org/10.1080/08961530.2020.1712293

Widaningsih, U., & Amalia, S. (2022). Analisis keputusan pembelian konsumen melalui e-commerce shopee di Kota Bandung. Applied Business and Administration Journal, 1(1), 1–14. https://journal.ebizmark.id/index.php/abaj/article/view/6

Yaldi, E., Pasaribu, J. P. K., Suratno, E., Kadar, M., Gunardi, G., Naibaho, R., Hati, S. K., & Aryati, V. A. (2022). Penerapan uji multikolinieritas dalam penelitian manajemen sumber daya manusia. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan (JUMANAGE), 1(2), 94–102. https://doi.org/10.33998/jumanage.2022.1.2.89

Yang, J., Sarathy, R., & Lee, J. K. (2016). The effect of product review balance and volume on online Shoppers’ risk perception and purchase intention. Decision Support Systems, 89, 66–76. https://doi.org/10.1016/j.dss.2016.06.009

Zhou, F. (2015). The effect of perceived transparency, perceived reputation and perceived security on consumer trust and purchase intention. International Conference on Electronic Business (ICEB), 416–425. https://aisel.aisnet.org/iceb2015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.