Pola Pengembangan Kewirausahaan melalui Inkubator Bisnis pada Lingkungan Universitas di Daerah Istimewa Yogyakarta
Abstract
Tingginya angka pengangguran di Indonesia dan ketatnya persaingan di dunia kerja menuntut para generasi muda untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mencari lapangan pekerjaan. Salah satu cara paling tepat dalam meningkatkan kualitas generasi muda sekaligus mengurangi angka pengangguran adalah dengan membangun inkubasi bisnis di lingkungan Universitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola pengembangan kewirausahaan pada lingkungan Universitas di Daerah Istimewa Yogyakarta. Analisis dilakukan untuk mengetahui konsep dalam mengelola dan mengembangkan inkubator bisnis di lingkungan Universitas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode coding menggunakan software N-Vivo. Analisis dilakukan terhadap jawaban responden serta hasil diskusi grup (FGD) mengenai pengembangan kewirausahaan di lingkungan Universitas yang dilakukan oleh para stakeholders. Narasumber dalam penelitian ini mencakup pengelola lembaga inkubasi bisnis dan pelaku bisnis dari lembaga inkubasi dari empat kampus di Yogyakarta yang telah memiliki inkubasi bisnis yaitu UGM, UII, UNY dan AMIKOM. Hasil dalam penelitian ini adalah secara garis besar terdapat 4 aspek pola pengembangan kewirausahaan melalui pengelolaan inkubator bisnis yaitu model rekrutmen bisnis yang dibina oleh inkubator bisnis Perguruan Tinggi, proses inkubasi bisnis, proses pengawasan dalam inkubasi bisnis dan dampak serta manfaat pasca inkubasi bisnis. Selanjutnya penelitian ini mengusulkan model implementasi inkubasi bisnis di Universitas.
Kata kunci: generasi muda; inkubator bisnis; kewirausahaan; konsep bisnis; universitasFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alimudin, A. (2015). Strategi pengembangan minat wirausaha melalui proses pembelajaran. E-Jurnal Manajemen Kinerja, 1(1), 1–13. https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/manajemenkinerja/article/view/433
Arifin, S., & Muslim, M. O. H. (2020). Tantangan implementasi kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” pada perguruan tinggi islam swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(1), 1-11. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i1.589
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (Fokus: Model mbkm program studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591
Basia, L., Suprihanto, J., & Armawi, A. (2016). Strategi pengembangan wirausaha pemuda dalam mewujudkan wirausahawan mandiri dan implikasinya terhadap ketahanan ekonomi keluarga (Studi pada Koperasi Sumekar di Kampung Sanggrahan Pathuk Kecamatan Ngampilan Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogya. Jurnal Ketahanan Nasional, 22(1), 42–60. https://doi.org/10.22146/jkn.10226
Bismala, L., Andriany, D., & Siregar, G. (2019). Model pendampingan inkubator bisnis terhadap usaha kecil dan menengah (UKM) di Kota Medan. PUSKIBII (Pusat Kewirausahaan, Inovasi dan Inkubator Bisnis), 1(1), 1–7. https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3574
Bogachov, K, Miethlich, B, & Gumak. (2020). Artificial intelligence components and fuzzy regulators in entrepreneurship development. Entrepreneurship and Sustainability Issues, 8(2), 487–499. https://doi.org/10.9770/jesi.2020.8.2(29)
BPS. (2019). Keadaan ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2019. Badan Pusat Statistik, XXII, 05 N(91), 1–20. https://www.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=YjdlNmNkNDBhYWVhMDJiYjZkODlhODI4&xzmn=aHR0cHM6Ly93d3cuYnBzLmdvLmlkL3B1YmxpY2F0aW9uLzIwMTgvMDYvMDQvYjdlNmNkNDBhYWVhMDJiYjZkODlhODI4L2tlYWRhYW4tYW5na2F0YW4ta2VyamEtZGktaW5kb25lc2lhLWZlYnJ1YXJpLTIwMTgu
Budianto, A. E., Dianawati, E., & Iswahyudi, D. (2019). Penerapan program pengembangan kewirausahaan pada mahasiswa (tenant) di Universitas Kanjuruhan Malang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 93–103. https://doi.org/10.24198/KUMAWULA.V2I1.23475
Galindo-Martín, M. Á., Castaño-Martínez, M. S., & Méndez-Picazo, M. T. (2021). Effects of the pandemic crisis on entrepreneurship and sustainable development. Journal of Business Research, 137, 345–353. https://doi.org/10.1016/J.JBUSRES.2021.08.053
GEI. (2019). Global entrepreneurship index 2019. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.17692.64641
Gümüsay, A. A., & Bohné, T. M. (2018). Individual and organizational inhibitors to the development of entrepreneurial competencies in universities. Research Policy, 47(2), 363–378. https://doi.org/10.1016/J.RESPOL.2017.11.008
Jaharuddin, J., Purnawan, I., Mujiastuti, R., Muthmainnah, R. N., & Prasetyawati, M. (2019). Strategi melahirkan mahasiswa pengusaha pemula (Studi kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta). Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis, 24(13), 25-37. https://doi.org/10.20961/jkb.v24i13.29310
Kemendikbud. (2021). Program kreativitas mahasiswa-pedoman umum. Kewirausahaan (PKM-K), 3, 89–117. https://simbelmawa.kemdikbud.go.id/portal/wp-content/uploads/2021/02/Pedoman-PKM-2021.pdf
Kurniasari, F., & Putra, E. W. (2018). Model pembelajaran industrial incubator based learning (IIBL) untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pontianak. Pena Kreati: Jurnal Pendidikan, 7(2), 53–59. https://doi.org/10.29406/JPK.V7I2.1398
Leonidou, E., Christofi, M., Vrontis, D., & Thrassou, A. (2020). An integrative framework of stakeholder engagement for innovation management and entrepreneurship development. Journal of Business Research, 119, 245–258. https://doi.org/10.1016/J.JBUSRES.2018.11.054
Li, C., Ahmed, N., Qalati, S. A., Khan, A., & Naz, S. (2020). Role of business incubators as a tool for entrepreneurship development: the mediating and moderating role of business start-up and government regulations. Sustainability (Switzerland), 12(5), 1–23. https://doi.org/10.3390/su12051822
Muafi, M., Syafri, W., Prabowo, H., & Nur, S. A. (2021). Digital entrepreneurship in Indonesia: A human capital perspective. Journal of Asian Finance, Economics, and Business, 8(3), 351–359. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no3.0351
Nabi, G., Walmsley, A., & Akhtar, I. (2021). Mentoring functions and entrepreneur development in the early years of university. Studies in Higher Education, 46(6), 1159–1174. https://doi.org/10.1080/03075079.2019.1665009
Nurfiantara, W., Pasirulloh, M. A., Hendra, S. B., Tri, W. E., & Shihab, M. R. (2020). How startup stance IT leadership: Case study business incubator program Universitas Indonesia. International Conference on Computing Engineering and Design (ICCED), 1–6. https://doi.org/10.1109/ICCED51276.2020.9415788
Pajarianto, H., Ukkas, I., & Pribadi, I. (2020). Pengembangan kewirausahaan di Universitas Muhammadiyah Palopo. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 442–450. https://doi.org/10.31764/JPMB.V4I1.3230
Prastyatini, S. L. Y., Listyawati, R., & Suprihati. (2022). Kewirausahaan dan pendidikan keterampilan hidup remaja di Panti Asuhan Darun Najah Yogyakarta. Jurnal Budimas, 04(02), 92–101. https://doi.org/10.29040/budimas.v4i2.6878
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi Covid-19 pada guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Sardiana, I. K., Putri, T. B. R., Suranjaya, I. G., & Purnawan, N. L. R. (2015). Pengembangan kewirausahaan di Universitas Udayana. Majalah Aplikasi Ipteks NGAYAH, 6(1), 91–101. http://jurnal.unmas.ac.id/index.php/ngayah/article/view/208
Wiratno, S. (2012). Pelaksanaan pendidikan kewirausahaan di pendidikan tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(4), 453–466. http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/101
Wulandari, N., Rahmayanti, D. R., Susanti, D. L., Rohmah, K. L., Metty, & Nugroho, S. M. (2019). Memaksimalkan potensi studentpreneur di lingkungan Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO) melalui pembinaan manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia (SDM), dan pelatihan e-marketing. Jurnal Pengabdian Dharma Bakti, 2(1), 34–39. https://doi.org/10.35842/jpdb.v2i1.74
Refbacks
- There are currently no refbacks.