Strategi Pengembangan Koperasi Produsen Kopi di Kabupaten Temanggung

Alfri Ultrias Ratri, Lucyana Trino, Iwan Setiawan

Abstract

Koperasi sebagai kelompok ekonomi petani merupakan salah satu terobosan guna melakukan pengembangan usaha ekonomi dengan cara memberdayakan petani sehingga mereka dapat mengelola usaha pertanian sendiri secara mandiri dan profesional. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi internal dan eksternal Koperasi Kopi Prima Jaya dan menetapkan prioritas strategi alternatif yang cocok diterapkan sebagai upaya pengembangan usaha Koperasi Kopi Prima Jaya. Analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi faktor internal, faktor eksternal dan strategi alternatif sedangkan analisis AHP digunakan untuk menentukan prioritas alternatif strategi. Penelitian yang didesain secara kualitatif deskriptif menggunakan pendekatan studi kasus. Wawancara mendalam pada 6 informan dilakukan guna memperoleh data primer. Hasil analisis SWOT didapatkan nilai IFAS sebesar 2,902 dan nilai EFAS sebesar 2,799. Posisi koperasi berada pada kuadran I yaitu untuk mendukung strategi agresif dan dari hasil matriks SWOT diperoleh 12 strategi alternatif. Hasil analisis AHP membuktikan bahwa strategi pengembangan koperasi yang paling tepat adalah strategi S01 dengan perolehan nilai 0,70327. Berdasarkan hasil tersebut, menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman budidaya tanaman kopi merupakan prioritas alternatif strategi yang dapat digunakan koperasi untuk meningkatkan pengembangan usaha.

Kata kunci: AHP; koperasi; kopi; strategi pengembangan; SWOT; Temanggung 

References

Akbar, G. N., & Aulawi, H. (2022). Perancangan strategi pemasaran jersey olahraga menggunakan metode analisis SWOT dan AHP. Jurnal Kalibrasi, 19(1), 82–89. https://doi.org/10.33364/kalibrasi/v.19-1.1063

Anandya, A., Jamhari, J., & Hardyastuti, S. (2019). The impact of good agriculture practices (gap) implementation on productivity of pacific white shrimp in Grabag district Purworejo regency. Agro Ekonomi, 29(2), 335–345. https://doi.org/10.22146/ae.35786

Anantanyu, S. (2012). Kelembagaan petani: peran dan strategi pengembangan kapasitasnya. Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 7(2), 102–109. https://jurnal.uns.ac.id/sepa/article/view/48895/30162

Azhari. (2017). Peranan koperasi dalam perekonomian Indonesia. Jurnal Serambi Ekonomi dan Bisnis, 4(2), 47–52. https://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-ekonomi-dan-bisnis/article/view/650

Bahra, A., Rokhmadi, & Efendi, Y. (2021). Menentukan strategi pemasaran perusahaan menggunakan analisis SWOT pada produk alarm mobil di PT. Mandiri Sentosa. Jurnal Penelitian Teknik Industri, 1(1), 8–17. https://ejournal.sttmutu.ac.id/index.php/industri

Bahri, B. B. (2022). Dampak green product dan green marketing terhadap keunggulan bersaing kelompok UPKKS “Kalipakem Baru”: Dimediasi etika lingkungan bisnis. Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis, 27(1), 1. https://doi.org/10.20961/jkb.v27i1.52113

BPS. (2022). Provinsi Jawa Tengah dalam angka 2022. Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. https://jateng.bps.go.id/publication/2022/02/25/431f4f4bbe02b47866b357cc/provinsi-jawa-tengah-dalam-angka-2022.html

Dhona, S. (2019). Strategi manajemen meningkatkan kinerja dan pelayanan anggota koperasi produksi pedagang Kota Depok. Journal of Applied Business and Economic, 5(4), 285–300. https://jepa.ub.ac.id/index.php/jepa/article/view/42/35

Dinkop UMKM Prov Jateng. (2021). Time series data UMKM binaan Provinsi Jawa Tengah. https://dinkop-umkm.jatengprov.go.id/public/uploads/statistik-1631169929.pdf

Djuwendah, E., Karyani, T., Syamsiah, N., & H, H. (2018). Penguatan kelembagaan koperasi produsen kopi java preanger dalam upaya meningkatkan kinerja bisnis dan pendapatan petani kopi. Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 7(4), 228–233. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v7i4.9773

Dzulkarnain, S. I., & Mustaniroh, S. A. (2020). Strategi pengembangan kemitraan agroindustri nilam di kabupaten Konawe Selatan menggunakan metode analisis SWOT dan AHP. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 30(1), 53–62. https://doi.org/10.24961/j.tek.ind.pert.2020.30.1.53

Ermaya, S. K. (2019). Strategi pengembangan koperasi dengan analisis SWOT (studi kasus di KSU Maju Jaya). Ekonomi dan Bisnis, 6(1), 86–100. https://doi.org/10.35590/jeb.v6i1.812

Haryanto, Y., Rusmono, M., Aminudin, A., Pury Purboingtyas, T., & Gunawan, G. (2022). Analisis penguatan kelembagaan ekonomi petani pada komunitas petani padi di lokasi food estate. Jurnal Penyuluhan, 18(02), 323–335. https://doi.org/10.25015/18202241400

Irawan, J. P., Santoso, I., & Asmaul Mustaniroh, S. (2017). Model analisis dan strategi mitigasi risiko produksi keripik tempe. Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 6(2), 88–96. https://doi.org/10.21776/ub.industria.2017.006.02.5

Kasmita, K. H., Eviany, E., & Sutikno, A. N. (2021). Pemberdayaan petani kopi oleh Dinas Pertanian di Desa Ramung Jaya Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh. J-3P (Jurnal Pembangunan Pemberdayaan Pemerintahan), 6(2), 149–170. https://doi.org/10.33701/j-3p.v6i2.1735

Mangka, A., Husma, A., & Mangka, J. (2022). Pelestarian lingkungan hidup dalam pandangan syariat Islam. Bidang Hukum Islam, 3(2), 205–221. https://doi.org/10.36701/bustanul.v3i2.613.PENDAHULUAN

Nasrul, W., Zulmardi, & Indrayani, T. I. (2021). Kelembagaan ekonomi pertanian (1 ed.). UMSB Press. http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/150

Pakaya, A. R. (2017). Managemen kinerja koperasi. Zahir Publishing. https://123dok.com/document/q2n142oj-manajemen-kinerja-koperasi.html

Permata, E. G., Kusumanto, I., Nur, M., & Sijabat, M. N. (2019). Analisis strategi pemasaran dengan menggunakan metode SWOT dan AHP untuk meningkatkan volume penjualan (studi kasus: toko roti ayah bakery). Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI) 11, 609–616. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SNTIKI/article/view/7851

Pradipta, Z. H. A., Suaedi, D. A., & Dewa, W. A. (2019). Analisis strategi pemasaran menggunakan metode kombinasi SWOT (strength, weakness, opportunity, threats) dan AHP (analytical hierarchy process). Jurnal Teknologi Informasi, 10(1), 43–58. http://ejurnal.stimata.ac.id/index.php?journal=TI&page=article&op=view&path%5B%5D=348

Ragista, E., Koto, H., & Uker, D. (2021). Analisis strategi pengembangan usaha tape di era new normal menggunakan metode SWOT dan AHP. Journal of Global Forest and Environmental Science, 1(1), 78–92. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jhutanlingkungan/article/view/21136

Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama.

Rohmat, A. B. (2015). Analisis penerapan prinsip-prinsip koperasi dalam Undang-undang koperasi (studi Undang-undang No. 25 Tahun 1992 dan Undang-undang No.17 Tahun 2012). Jurnal Pembaharuan Hukum, 2(1), 138–147. https://doi.org/10.26532/jph.v2i1.1424

Sitepu, C. F., & Hasyim, H. (2018). Perkembangan ekonomi koperasi di Indonesia. Niagawan, 7(2), 59–68. https://doi.org/10.24114/niaga.v7i2.10751

Sriwardiningsih, E., Mahaputra, K. R., Aji, K., & Setiawan, S. (2017). Strategi daya saing dengan pendekatan metode SWOT-AHP (studi kasus: PT XYZ). Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Perbankan (Journal of Economics, Management and Banking), 3(1), 1–9. https://doi.org/10.35384/jemp.v3i1.112

Sugiarto. (2021). Arti, fungsi dan peran koperasi. In Ensiklopedia Koperasi (hal. 39). Hikam Pustaka.

Suriyanti, F. A., Nurlina, I. G. B., & Putra, A. H. P. K. (2020). Planning strategy of operation business and maintenance by analytical hierarchy process and strength, weakness, opportunity, and threat integration for energy sustainability. International Journal of Energy Economics and Policy, 10(4), 221–228. https://doi.org/https://doi.org/10.32479/ijeep.9267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.