Inovasi Produk dan Jejaring pada Usaha Kecil: Studi Kasus Kerajinan Perak Koto Gadang

Donard Games, Rahma Putri Ramadhani

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan kenyataan bahwa banyak produk-produk potensial usaha kecil yang tidak berkembang meskipun sudah lama eksis. Mereka sudah menjadi legenda bagi daerah asal mereka, tetapi banyak dari mereka tidak mampu melakukan transformasi di konteks masa kini. Salah satu yang mengalami hal tersebut adalah industri kerajinan perak Koto Gadang di Sumatera Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efek dua konstruk terkait inovasi yang dapat meningkatkan kinerja usaha kecil, dalam hal ini usaha kecil kerajinan Perak Koto Gadang, yaitu inovasi produk dan jejaring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode studi kasus digunakan untuk menangkap esensi dari inovasi produk dan jaringan di usaha kecil ini. Dalam penelitian ini terdapat enam produsen kerajinan perak yang dianalisis. Penelitian ini mengumpulkan dan menganalisis data dari tujuh orang yang merupakan pemilik dan manajer usaha mikro kecil dengan produk utama kerajinan perak di Koto Gadang. Ditemukan bahwa inovasi produk terutama diferensiasi dan penyesuaian target market dianggap penting dalam meningkatkan kinerja bisnis, sementara jaringan termasuk jaringan Minangkabau belum dimanfaatkan oleh beberapa partisipan. Hal ini dapat diartikan bahwa partisipan perlu menggunakan jaringan untuk mendukung implementasi inovasi mereka.

Kata kunci: inovasi produk; jejaring; Koto Gadang; pendekatan kualitatif; usaha kecil

References

Aksoy, H. (2017). How do innovation culture, marketing innovation and product innovation affect the market performance of small and medium-sized enterprises (SMEs). Technology in Society, 51(4), 133-141.

Al-Sa’di, A. F., Abdallah, A. B., & Dahiyat, S. E. (2017). The mediating role of product and process innovations on the relationship between knowledge management and operational performance in manufacturing companies in Jordan. Business Process Management Journal, 23(2), 349–376. https://doi.org/10.1108/BPMJ-03-2016-0047

Beynon, M. J., Jones, P., & Pickernell, D. (2020). SME development strategy and product/service innovation intention: A NCaRBS analysis of the role of uncertainty. International Journal of Entrepreneurship and Innovation, 21(1), 3–16. https://doi.org/10.1177/1465750318807401

Borah, P. S., Iqbal, S., & Akhtar, S. (2022). Linking social media usage and SME's sustainable performance: The role of digital leadership and innovation capabilities. Technology in Society, 68, 101900.

Caballero-Morales, S. O. (2021). Innovation as recovery strategy for SMEs in emerging economies during the COVID-19 pandemic. Research in International business and finance, 57, 101396.

Carson, D., Gilmore, A., & Rocks, S. (2004). SME marketing networking: A strategic approach. Strategic Change, 13(7), 369–382. https://doi.org/10.1002/jsc.695

Chapra, M. (2008). Ibn Khaldun’s theory of development: Does it help explain the low performance of the present-day muslim world? The Journal of Socio-Economics, 37(2), 836–863.

Ferreras-Méndez, J.L., Olmos-Peñuela, J., Salas-Vallina, A., & Alegre, A. (2021). Entrepreneurial orientation and new product development performance in SMEs: The mediating role of business model innovation. Technovation, 108, Article ID 102325, 102325. https://doi.org/10.1016/j.technovation.2021.102325.

Fernández-Mesa, A., Alegre-Vidal, J., Chiva-Gomez, R., & Gutiérrez-Gracia, A. (2013). Design management capability and product innovation in SMEs. Management Decision, 51(3), 547–565. https://doi.org/10.1108/00251741311309652

Franco, M., Haase, H., & Pereira, A. (2016). Empirical study about the role of social networks in SME performance. Journal of Systems and Information Technology.

Games, D. (2018). Menuju Kebangkitan Kewirausahaan Indonesia. Jogjakarta: GRE Publishing.

Games, D. (2019). SME innovation and policy in Indonesia. Asian Research Policy, 10, 22-28.

Games, D., Soutar, G., & Sneddon, J. (2020). Personal values and SME innovation in a Muslim ethnic group in Indonesia innovation. Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies. https://doi.org/10.1108/JEEE-01-2020-0008

Kamal, N. (2013). Studi tentang bentuk, motif dan teknik kriya perak Koto Gadang Minangkabau. Humanus. 12(1), 15–20.

Konsti‐Laakso, S., Pihkala, T., & Kraus, S. (2012). Facilitating SME innovation capability through business networking. Creativity and Innovation Management, 21(1), 93–105.

Kotler, P. &, & Keller, K. (2016). Marketing management (15th edition). Pearson Prentice Hall, Inc.

Mazzarol, T., & Reboud, S. (2014). Key problems facing SME owner-managers in strategy and innovation: Evidence from a diagnostic survey. 28th ANZAM Conference. Sydney, Australie, 3-5.

Prakasa, Y., & Putri, Y. R. (2020). Iklim kewirausahaan dan kompetensi kewirausahaan: Upaya untuk meningkatkan kinerja usaha (studi pada UMKM batik tulis bayat, Klaten). Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis, 25(2), 104. https://doi.org/10.20961/jkb.v25i2.45166

Sumiarti, E., & Suryani, Y. (2017). Gambaran industri kecil dan menengah (IKM) kerajinan perak Koto Gadang sebagai salah satu kerajinan unggulan Sumatera Barat. Jurnal Poli Bisnis, 7(2), 76–87.

Urbancova, H. (2013). Competitive advantage achievement through innovation and knowledge. Journal of Competitiveness, 5(1), 82–96. https://doi.org/10.7441/joc.2013.01.06

Wijaya, P. Y., Rahyuda, I. K., Yasa, N. K., & Sukaatmadja, I. P. (2019). Dilemma of innovation in silver craft SMEs in Gianyar Regency of Bali Province, Indonesia. Espacios, 40(22).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.