Dampak Green Product dan Green Marketing terhadap Keunggulan Bersaing Kelompok UPPKS “Kalipakem Baru”: Dimediasi Etika Lingkungan Bisnis

Bahri Bahri

Abstract

Kerusakan lingkungan tidak bisa lepas dari perbuatan bisnis yang hanya mementingkan keuntungan tanpa memperhatikan etika. Etika lingkungan diperlukan agar pelaku bisnis lebih cermat dalam menjaga keselamatan lingkungan. Etika lingkungan bisnis menuntun pelaku bisnis untuk terus menjaga kesehatan dan keberlangsungan alam semesta. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menemukan ada atau tidaknya pengaruh langsung dan tidak langsung green product, green marketing, etika lingkungan bisnis terhadap keunggulan bersaing, (2) untuk mengetahui peran etika lingkungan bisnis sebagai variabel mediasi. Teknik sampling memakai metode sampling jenuh dengan sampel sebanyak 37 orang. Alat uji data memakai regresi linier berganda, uji t, uji f, dan path analysis. Hasil riset mengungkapkan secara langsung green product serta green marketing memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, sebaliknya etika lingkungan bisnis mempengaruhi keunggulan bersaing secara negatif. Selanjutnya green product dan green marketing mempunyai pengaruh langsung terhadap etika lingkungan bisnis. Hasil pengujian mengungkapkan green product dan green marketing melalui etika lingkungan bisnis tidak memiliki pengaruh terhadap keunggulan bersaing. Artinya etika lingkungan bisnis tidak berhasil menjadi variabel mediasi.

Kata kunci: etika lingkungan bisnis; green marketing; green product; keunggulan bersaing

References

Alwi, T., & Handayani, E. (2018). Keunggulan bersaing UKM yang dipengaruhi oleh orientasi pasar dan inovasi produk. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(3), 193–202. http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v20i3.256

Amrullah, A. (2010). Etika bisnis islam koperasi harapan jaya kota sekayu. UIN Raden Fatah Palembang.

Arijanto, A. (2011). Etika bisnis bagi pelaku bisnis. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Bahri, B., & Prasetyo, W. (2020). Pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan wirausaha dan program life skill untuk meningkatkan produktivitas kelompok UPPKS Kalipakem Baru. Riau Journal of Empowerment. https://doi.org/10.31258/raje.3.1.27-37

Bartens, K. (2007). Etika. Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Ilmu.

BPS RI. (2020). Analisis hasil survei dampak Covid-19 terhadap pelaku usaha (Subdirektorat Indikator Statistik (ed.)). BPS RI.

Chang, C. H. (2011). The influence of corporate environmental ethics on competitive advantage: The mediation role of green innovation. Journal of Business Ethics, 104(3), 361–370. https://doi.org/10.1007/s10551-011-0914-x

Chen, C. S., & Lin, L. Y. (2011). A new framework: Make green marketing strategy go with competitive strategy. Journal of Global Business Management, 7(2), 1–6.

Djajadikerta. (2014). Mencapai keunggulan kompetitif dalam persaingan global dengan industri berwawasan lingkungan. Jurnal Manajemen Maranatha, 1(2), 78–87.

Ghozali, P. (2019). Green product, saluran distribusi, dan brand image terhadap keputusan pembelian. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 26(1), 49–57.

Hendarsih, I. (2017). Analisis konsep green product sebagai pelaksanaan etika bisnis pada perusahaan. Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 1(1), 76–85. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v1i1.1589

Islam, D. (2018). Tinjauan penerapan konsep green marketing dalam pelestarian lingkungan. Jurnal Pamator, 11(1), 10–18. https://doi.org/10.21107/pamator.v11i1.4436

Kanchanapibul, M., Lacka, E., Wang, X., & Chan, H. K. (2014). An empirical investigation of green purchase behaviour among the young generation. Journal of Cleaner Production, 66, 528–536. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2013.10.062

Keraf, A. S. (2010). Etika lingkungan hidup. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.

Khoiruman, M., & Purba, S. D. A. (2020). Pengaruh green product, green price, dan green advertising terhadap keputusan pembelian produk essential oil di Rumah Atsiri Indonesia. Kelola: Journal of Business and Management, 7(1), 46–54.

Lestari, E. R., Putri, H. K., Anindita, C., & Laksmiari, M. B. (2020). Pengaruh green product (minuman ramah lingkungan), green advertising, dan kepedulian lingkungan terhadap green trust dan implikasi terhadap minat beli. Jurnal Teknologi Pertanian, 21(1), 1–10. https://doi.org/10.21776/ub.jtp.2020.021.01.1

Marfai, M. A. (2019). Pengantar etika lingkungan dan kearifan lokal. Yogyakarta: UGM PRESS.

Palwa, A. (2018). Pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian yang dimediasi minat beli (studi pada pelanggan the body shop di Plaza Ambarukmo Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta.

Pemayun, A., & Suprapti, N. (2016). Pengaruh etika lingkungan perusahaan terhadap keunggulan kompetitif: Peran mediasi inovasi produk hijau. E-Jurnal Manajemen Udayana, 5(9), 5895–5922.

Puspasari, N. E. F. (2020). Pengaruh green innovation terhadap kinerja inovasi dan keunggulan kompetitif yang dimediasi oleh managerial environmental concern (studi kasus pada UMKM Batik di Yogyakarta). Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/123456789/28305

Sari, N. P. (2020). Pengaruh pengungkapan green product innovation dan green process innovation terhadap kinerja perusahaan. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 9(1).

Shaputra, R. K. (2013). Penerapan green marketing pada bisnis produk kosmetik. Jurnal JIBEKA, 7(3), 47–53.

Sugiyono. (2017). Sugiyono. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.

Sukawati, J. (2015). Pengaruh strategi diferensiasi terhadap upaya membangun keunggulan daya saing berkelanjutan pada Hotel The Royal Pitamaha Ubud. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(10), 3012–3044.

Supandini, P. (2017). Peran kepedulian pada lingkungan dalam memediasi pengaruh green marketing terhadap niat pembelian produk ramah lingkungan. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(7), 3906–3933.

Susanti, S. (2017). Optimalisasi strategi green product terhadap perkembangan UMKM di Bandar Lampung ditinjau dari etika bisnis Islam (studi pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandar Lampung). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Thaha, A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1), 147–153.

Waskito, J., & Witono, B. (2014). Model meningkatkan niat beli produk hijau: Sebuah pendekatan strategik. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 17(3), 1–16.

Widiarsa, I. B. I. S., & Sulistyawati, E. (2018). Peran Keunggulan kompetitif memediasi pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian. E-Jurnal Manajemen Udayana, 7(7), 3442–3470.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.