Pengembangan Komunikasi Komunitas Lokal: Strategi Dan Branding Pemasaran Untuk UMKM Di Kecamatan Sirah Pulau Padang Kabupaten Ogan Komering Ilir

Husni Thamrin, Erlisa Saraswati, Adi Inggit Handoko

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) selalu menarik untuk dibahas dalam beragam sudut pandang. Pada praktiknya UMKM selalu mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah sampai pemerintah pusat, akan tetapi praktik dilapangan para pelaku UMKM mengalami berbagai hambatan dan rintangan dalam mengembangkan praktik usahanya. Komunitas lokal sebagai unit pelaksana UMKM perlu untuk mengikuti trend dan perkembangan teknologi untuk menjangkau konsumennya. Salah satu pelaku UMKM adalah masyarakat Sirah Pulau Padang Kecamatan Ogan Komering Ilir, pelaku UMKM dengan memiliki beberapa produk lokal kuliner, batik dengan motif perahu Kajang, dan home made rajutan. Keterbatasan pemahaman terhadap branding produk, penggunaan teknologi untuk menunjang pemasaran menjadi kendala tersendiri, sehingga produk UMKM yang mereka miliki terbatas dalam pemasarannya. Peran komunitas lokal, pemerintah daerah, dan pemahaman strategi pemasaran dan penggunaan teknologi sangat dibutuhkan, sehingga produk-produk lokal bisa menjangkau tidak hanya pada masayarakat lokal, nasional, dan harus merambah dipasar global. Masyarakat lokal sebagai pelaku UMKM harus berdaya, dan produknya harus berjaya.

Full Text:

PDF

References

Hamza, L. M., & Agustien, D. (2019). Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 8(2). https://doi.org/10.23960/jep.v8i2.45

Handayani, A. D. (2023). Digitalisasi UMKM: Peningkatan Kapasitas melalui Program Literasi Digital. JURNAL SIGNAL, 11(1). https://doi.org/10.33603/signal.v11i1.8213

Handini, V. A., & Choiriyati, W. (2021). DIGITALISASI UMKM SEBAGAI HASIL INOVASI DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN SAHABAT UMKM SELAMA PANDEMI COVID-19. JRK (Jurnal Riset Komunikasi), 11(2). https://doi.org/10.31506/jrk.v11i2.9682

Heliani, Riyansyah, A., Tawakal, I., Sihotang, M. A., Al-daniah, N. A., Imelda, S. N., Herdina, V., Oktaviani, L., & Krismonica, E. (2023). Akselerasi Digital Pengembangan UMKM Berbasis Pariwisata di Desa Wanajaya Kecamatan Cisolok. Eastasouth Journal of Effective Community Services, 1(03). https://doi.org/10.58812/ejecs.v1i03.99

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1. Edisi Ke-16. In Manajemen Pemasaran (Vol. 7).

Mahfirah, T. F., Rahmi, Haneul, Haura, T., & Putri, C. A. (2023). PELATIHAN PRODUCT BRANDING SEBAGAI OPTIMALISASI STRATEGI PEMASARAN BAGI UMKM. Sarwahita, 20(02). https://doi.org/10.21009/sarwahita.202.2

Panuju, R. (2019). Komunikasi Pemasaran: Pemasaran sebagai Gejala Komunikasi dan Komunikasi sebagai Strategi Pemasaran. In Prenada Media Group.

Rahmiyanti, S., Arianto, B., & Handayani, B. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Bagi Penguatan Bisnis UMKM di Desa Petir Kabupaten Serang. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 4(1).

Rifianita, V., Falah, R. M., Pangestu, S., & Metasari, A. (2022). Pelatihan branding produk UMKM dan digital branding kerupuk Kulit “rambakku.” Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LP UMJ, 2(1).

Rosmitha, S. N. (2022). Peran Digitalisasi Pemasaran Dalam Peningkatan Daya Saing Dan Sustainabilitas UMKM Kuliner Di Era New Normal Perspektif Etika Bisnis Islam. Universitas Islam Indonesia.

Santoso, A. B., & Dewi, M. U. (2022). Digitalisasi UMKM untuk Optimalisasi Sistem Informasi dan Integrasi Layanan Aplikasi Website Transaksi Online di Masa Pandemi. Jurnal Abdidas, 3(1). https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i1.560

Sari, A. R., Lidyah, R., Nurhijrah, Kristanti, D., & Agusman, Y. (2023). SOCIAL MARKETING PROJECT PEMASARAN PRODUK UMKM PENJAHIT RUMAHAN MELALUI MEDIA SOSIAL DAN MARKETPLACE. Jurnal Pengabdian West Science, 2(02). https://doi.org/10.58812/jpws.v2i02.234


Setyanta, B. (2022). Pelatihan Pemasaran Media Sosial di Kelompok UMKM Karangwaru Tegalrejo Yogyakarta. Society : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.55824/jpm.v1i1.7

Syahputra, R. A., Putri, C. W. A., Maliza, N. O., & Rachmatika, L. (2023). Peningkatan Kemampuan Branding UMKM Melalui Proses Digitalisasi Bisnis. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(1).

Wahyudin, A., Sudarmiatin, S., & Wardana, L. W. (2023). MSMES Success Strategy: Unveiling the Secrets of Inspiring Small Business Success. West Science Journal Economic and Entrepreneurship, 1(11). https://doi.org/10.58812/wsjee.v1i11.364

Widjaja, Y. R., Alamsyah, D. P., Rohaeni, H., & Sukajie, B. (2018). Peranan Kompetensi SDM UMKM Dalam Meningkatkan Kinerja UMKM Desa Cilayung Kecamatan Jatinangor, Sumedang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.