Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) untuk Meningkatkan Kapasitas Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Ngargoyoso
Abstract
Program Satuan Pendidikan Aman Bencana atau SPAB merupakan usaha preventif dan pengurangan dampak bencana yang berlandaskan hukum pada peraturan Kepala BNPB Nomor 4 Tahun 2012 tentang Pedoman Penerapan Sekolah/Madrasah Aman Bencana. Kecamatan Ngargoyoso merupakan wilayah rawan bencana. Data terbaru menunjukkan sebanyak 72 bencana longsor di Kabupaten Karanganyar per tahun 2023 didominasi oleh Kecamatan Ngargoyoso. Bencana longsor ini turut menimpa SDN 01 Berjo hingga menimbulkan kerusakan dua bangunan ruang kelas pada tahun 2021. Tentunya hal ini menjadikan program SPAB sangat penting untuk diterapkan utamanya kepada siswa Sekolah Dasar yang merupakan kelompok masyarakat yang masih sangat memerlukan bimbingan dari gurunya. Berdasarkan permasalahan yang ada Grup Riset Geografi Terapan Pendidikan Geografi FKIP UNS bekerjasama dengan UPT Pendidikan Kecamatan Ngargoyoso untuk melakukan Sosialisasi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) dan Simulasi Mitigasi Bencana. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru Sekolah Dasar mengenai SPAB. Metode yang digunakan adalah ceramah, simulasi mitigasi bencana dan melakukan pre-test dan post-test. Hasil menunjukkan terjadi peningkatan signifikan pemahaman guru SD terkait SPAB.
References
Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, P. D. dan P. M., & Kementerian Pendidikan, K. R. dan T. (2021). Petunjuk Teknis Penerapan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) Bagi Peserta Didik Penyandang Disabilitas (Satuan Pendidikan Khusus & Reguler). 1–93.
Fitriana, S., & Setyowati, Y. D. (2023). Kesiapsiagaan Bencana bagi Guru Sekolah Dasar menuju Program Siap untuk Selamat. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan …, 1(1), 310–315. https://ojs.uajy.ac.id/index.php/SENAPAS/article/view/7390
Gokmenoglu, T., Sonmez, E. D., Yavuz, I., & Gok, A. (2021). Turkish Ministry of National Education school-based disaster education program: A preliminary results of the program evaluation. International Journal of Disaster Risk Reduction, 52(October 2020), 101943. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2020.101943
Husniawati, N., Indriyati, T., & Sitorus, S. (2023). Edukasi Kesiapsiagaan Bencana Banjir di Sekolah sebagai Upaya Meningkatkan Pengetahuan tentang Bencana Media Karya Kesehatan : Volume 6 No 1 Mei 2023 Pendahuluan Indonesia merupakan negara rawan bencana . Sejumlah bencana yang pernah melanda Indonesia ant. 6(1), 50–60.
Kasman, R. (2019). Bimbingan Satuan Pendidikan Aman Bencana Bagi Guru Dan Tenaga Kependidikan Pasca Bencana Di Kota Palu, Sigi Dan Donggala. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 2(1), 67. https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v2i1.2251
Konsorsium Pendidikan Bencana Indonesia. (2010). Sekolah Siaga Bencana. Pusat Pendidikan Mitigasi Bencana, 21.
Koswara, A., Amri, A., Zainuddin, F. K., Ngurah, I., Muzaki, J., Muttmainnah, L., & Utaminingsih, M., Saleky, S. R. J., Widowati and Tebe, Y. (2019). Pendidikan Tangguh Bencana ‘Mewujudkan Satuan Pendidikan Aman Bencana di Indonesia. Sekretariat Nasional SPAB.
Rifaldi, Suharni, C., Palasara Brahmani Laras, & Ficky Adi Kurniawan. (2023). Peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Bpbd) Dalam Menjalankan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana (Studi Kasus Bpbd Kabupaten Bantul). Indonesian Journal of Environment and Disaster, 2(1), 10–18. https://doi.org/10.20961/ijed.v2i1.478
Rivki, M., Bachtiar, A. M., Informatika, T., Teknik, F., & Indonesia, U. K. (2022). Panduan Satuan Pendidikan Aman Bencana (M. Alfarezi (ed.); Issue 112). Aureka Media Aksara.
Sakurai, A., Sato, T., & Murayama, Y. (2020). Impact evaluation of a school-based disaster education program in a city affected by the 2011 great East Japan earthquake and tsunami disaster. International Journal of Disaster Risk Reduction, 47(May), 101632. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2020.101632
Septikasari, Z., Retnowati, H., & Wilujeng, I. (2022). Pendidikan Pencegahan Dan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Sebagai Strategi Ketahanan Sekolah Dasar Dalam Penanggulangan Bencana. Jurnal Ketahanan Nasional, 28(1), 120. https://doi.org/10.22146/jkn.74412
Setya, N. G. A. (2016). Analysis of Landslide Vulnerability in Agribusiness Development Efforts Environment Insight in Ngargoyoso District. 3(Smbpsb), 1–23.
Shah, A. A., Gong, Z., Pal, I., Sun, R., Ullah, W., & Wani, G. F. (2020). Disaster risk management insight on school emergency preparedness – A case study of Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan. International Journal of Disaster Risk Reduction, 51(August), 101805. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2020.101805
Suryanto, Nugraha, S., Amanto, B. S., & Prasetyani, D. (2021). Strategies to enhance community capacity on reducing landslides risk at Ngargoyoso District, Karanganyar Regency. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 905(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/905/1/012134
Wang, J. (2016). International Journal of Disaster Risk Reduction Study on the context of school-based disaster management. International Journal of Disaster Risk Reduction, 19, 224–234. http://dx.doi.org/10.1016/j.ijdrr.2016.08.005
Wicaksono, F. A., & Sibuea, R. P. (2022). Efektivitas Program Satuan Pendidikan Aman Bencana Di Sma Negeri 1 Cangkringan Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pemerintahan Dan Keamanan Publik (JP Dan KP), 4(2), 63–73. https://doi.org/10.33701/jpkp.v4i2.2769
Wijayanti;, P., & Dkk. (2024). Pemanfaatan Unmanned Aerial Vehicle (UAV) untuk Mendukung Analisis Spasial Bencana Tanah Longsor. Lakeisha.
Refbacks
- There are currently no refbacks.