Edukasi Keuangan untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Mahasiswa di Surakarta
Abstract
Literasi keuangan menjadi isu global dan menjadi program nasional di berbagai negara termasuk Indonesia. Literasi keuangan berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat. Akan tetapi, data menunjukkan literasi keuangan perlu ditingkatkan. Mahasiswa merupakan kelompok yang perlu mendapat perhatian karena masa perkembangan mahasiswa adalah masa mempersiapkan kemandirian keuangan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa pengambilan keputusan melibatkan pengetahuan dan perilaku keuangan. Untuk meningkatkan literasi keuangan maka diselenggarakan kegiatan edukasi keuangan keuangan dengan perspektif psikologi ekonomi. Kegiatan ini menekankan pada aspek psikologis keuangan. Peserta edukasi keuangan ini sebanyak 32 mahasiswa. Metode yang digunakan adalah ceramah dan aktivitas aktif peserta dengan menggunakan lembar kerja. Efektivitas program juga dianalisis dengan membandingkan rata-rata efikasi keuangan, pengetahuan keuangan subjektif, pengetahuan keuangan objektif, dan perspektif keuangan masa depan pada saat pre-test dan post-test. Selain itu, peneliti juga membandingkan rata-rata keempat variabel dari kelompok peserta program edukasi dengan non peserta program (N=33). Hasil menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata keempat variabel setelah mengikuti program. Kelompok yang mengikuti program menunjukkan rata-rata keempat variabel lebih tinggi daripada non peserta. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa sebagian besar peserta merasa bahwa materi yang disampaikan relevan dengan kehidupan mereka, meningkatnya pemahaman mengenai keuangan, dan merasa menjadi lebih percaya diri dalam mengelola keuangan. Mereka juga akan menerapkan pengetahuan yang diperoleh dari kegiatan ini dalam kehidupan keuangan mereka sehari-hari. Kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin dan masif untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan keuangan. Dengan demikian, masyarakat dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai produk dan jasa keuangan dan menggunakannya dengan bijaksana.
Kata kunci: edukasi keuangan; literasi keuangan; mahasiswa; perilaku keuangan
Full Text:
PDFReferences
Ameer, R., & Khan, R. (2020). Financial Socialization, Financial Literacy, and Financial Behavior of Adults in New Zealand. Journal of Financial Counseling and Planning, 31(2), 313–329. https://doi.org/10.1891/JFCP-18-00042
Baxlasubramnian, B., & Sargent, C. S. (2020). Impact of Inflated Perceptions of Financial Literacy on Financial Decision Making. Journal of Economic Psychology, 80(July). https://doi.org/10.1016/j.joep.2020.102306
Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Penerbit Erlangga.
Joo, S. (2008). Personal financial wellness. In J. J. Xiao (Ed.), Handbook of Consumer Finance Research (pp. 21–33). Springer. https://doi.org/10.1007/978-0-387-75734-6_2
Kaiser, T., & Menkhoff, L. (2017). Does Financial Education Impact Financial Literacy and Financial Behavior, and If So, When? World Bank Economic Review, 31(3), 611–630. https://doi.org/10.1093/wber/lhx018
Keown, A. J. (2013). Turning Money Into Wealth Sixth Edition.
Klontz, B., Kahler, R., & Klontz, T. (2016). Facilitating Financial Health: Tools for Financial Planners, Coaches, and Therapists, 2nd Edition. National Underwriter Company.
Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The Economic Importance of Financial Literacy: Theory and Evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5–44. https://doi.org/10.1257/jel.52.1.5
Mouna, A., & Anis, J. (2017). Financial Literacy in Tunisia: Its Determinants and Its Implications on Investment Behavior. Research in International Business and Finance, 39, 568–577. https://doi.org/10.1016/j.ribaf.2016.09.018
Niu, G., Zhou, Y., & Gan, H. (2020). Financial Literacy and Retirement Preparation in China. In Pacific Basin Finance Journal (Vol. 59). https://doi.org/10.1016/j.pacfin.2020.101262
OJK. (2021). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021 - 2025. Ojk.Go.Id, 1–130. https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Strategi-Nasional-Literasi-Keuangan-Indonesia-2021-2025.aspx
Otoritas Jasa Keuangan. (2016). Perencanaan Keuangan. In Otoritas Jasa Keuangan.
Otoritas Jasa Keuangan. (2022). Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022. In Otoritas Jasa Keuangan. https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/info-terkini/Documents/Pages/Infografis-Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022/Infografis Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022.pdf
Philippas, N. D., & Avdoulas, C. (2020). Financial Literacy and Financial Well-Being Among Generation-Z University Students: Evidence from Greece. European Journal of Finance, 26(4–5), 360–381. https://doi.org/10.1080/1351847X.2019.1701512
Takemura, K. (2019). What is economic psychology? The Perspective of Economic Psychology and The Research Framework. In Foundations of Economic Psychology (pp. 1–31). https://doi.org/10.1007/978-981-13-9049-4
van Raaij, W. F. (2016). Understanding Consumer Financial Behavior: Money Management in an Age of Financial Illiteracy. Palgrave Mc Millan.
Wagner, J., & Walstad, W. B. (2019). The Effects of Financial Education on Short-Term and Long-Term Financial Behaviors. Journal of Consumer Affairs, 53(1), 1–26. https://doi.org/10.1111/joca.12210
Xiao, J. J., & O’Neill, B. (2016). Consumer Financial Education and Financial Capability. International Journal of Consumer Studies, 40(6), 712–721. https://doi.org/10.1111/ijcs.12285
Refbacks
- There are currently no refbacks.