Pelatihan berbasis alat peraga kemagnetan dan kelistrikan bagi guru Sekolah tingkat Dasar sebagai upaya pengenalan sains sejak awal

Fuad Anwar, Mohtar Yunianto, Suparmi Suparmi, Cari Cari, Suharyana Suharyana

Abstract

Kegiatan pengabdian berupa pelatihan alat peraga kelistrikan dan  kemagnetan  merupakan salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan dalam pengajaran sains sejak dini. Selama ini, anak-anak diajarkan sains melalui cerita, yang membuat mereka bosan berakibat mereka kurang memahami sains. Dalam kegiatan ini dilkaukan pelatihan pemanfaatan sains sejak dini melalui praktek penggunaan  alat peraga kelistrikan dan   kemagnetan bagi guru tingkat Sekoalh dasar. Kegiatan dimulai dengan pretest untuk mengetahui kemampuan peserta pelatihan diperoleh nilai rerata 69, kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan konsep teori dan praktik alat peraga kelompok. Diakiri dengan praktek pemanfaatm alat peraga kelistrikan terkait dengan rangkaian seri dan paralel dan untuk kemagnetan dengan pengenalan magnet statis dan dinamis.  Hasilnya adalah peserta  menunjukkan tingkat pemahaman yang lebih baik terbukti dengan hasil postest dengan nilai rerata adalah 84. 

References

NOVRIANI LARASANT, N. L. (2023). PENGEMBANGAN MODUL PEMBEJARAN IPAS BERBASIS ETNOSAINS MATERI GAYA DALAM MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS IV SDN 1 PENGADANGAN 2023/2024 (Doctoral dissertation, Universitas Hamzanwadi).

Wariyanti, W., Nur, W., & Ananda, R. (2022). Perkembangan aspek sosial emosional dan sains anak usia dini melalui permainan tradisional engklek. Jurnal Basicedu, 6(3), 5351-5361.

Siregar, M. A. (2023). Strategi guru pendidikan Agama Islam dalam membina karakter siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Desa Telo Kecamatan Batangtoru (Doctoral dissertation, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan).

Kamila, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Moral dalam Membina Karakter Anak Sekolah Dasar. Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(5), 321-338.

Musyarofah, A. (2014). Pengembangan alat peraga pop up dalam pembelajaran cerita sejarah Ibnu Sina pada mata pelajaran PAI bagi siswa kelas VIII SMP (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261-272.

Remiswal, R., & Sabri, A. (2023). Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik sebagai Objek Evaluasi Hasil Belajar. Jenis dan Model Evaluasi Pendidikan, Serta Implikasinya Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 28204-28220.

Chania, Y., Haviz, M., & Sasmita, D. (2016). Hubungan gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi kelas X SMAN 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Journal of Sainstek, 8(1), 77-84.

Nugraha, M. F., Hendrawan, B., Pratiwi, A. S., Permana, R., Saleh, Y. T., Nurfitri, M., ... & Husen, W. R. (2020). Pengantar pendidikan dan pembelajaran di sekolah dasar. Edu Publisher.

Aini, Z. N., & Wathon, A. (2018). Membangun Pembelajaran Efisien Melalui Kegiatan Bermain Alat Permainan Edukatif. Sistim Informasi Manajemen, 1(2), 93-112.

Syarif, E., Maddatuang, M., Zhiddiq, S., Syamsunardi, S., & Badwi, N. (2023). PKM Pembinaan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Peserta Didik. ARRUS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 22-29.

Mufid, A., Fatimah, S., Asfahani, A., & Aeeni, N. (2022). Peningkatan Perkembangan Kecerdasan Naturalistik Anak melalui Metode Outbound. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development, 2(02), 57-65.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.