Optimalisasi Branding, Pemasaran Daring dan Kualitas Laporan Keuangan Usaha Batik Kalimasada dan Topeng Nyono
Abstract
Batik Kalimasada dan Topeng Nyono merupakan usaha mikro yang memanfaatkan bahan baku produksi lokal dan alami. Kedua usaha ini berada dan menjadi kebanggaan Desa Joho Kabupaten Wonogiri. Batik Kalimasada didirikan pada tahun 2021 sedangkan Topeng Nyono didirikan pada tahun 2017. Namun demikian, kedua usaha menghadapi kendala optimalisasi branding, pemasaran daring dan laporan keuangan usaha. Ketiga kendala tersebut harus dicari solusinya untuk meningkatkan penjualan, laba dan mempermudah akses pembiayaan dari perbankan atau bantuan modal usaha dari pemerintah. Oleh sebab itu, kegiatan ini menerapkan pelatihan usaha dalam beberapa bentuk terdiri atas pelatihan optimalisasi branding, pelatihan optimalisasi pemasaran daring, dan pelatihan peningkatan kualitas laporan keuangan usaha. Periode pelaksanaan pelatihan adalah April-Juni 2024. Hasil kegiatan mengungkap bahwa para pemilik usaha mempunyai semangat dan partisipasi aktif dalam semua kegiatan pelatihan. Proses optimalisasi branding dan pemasaran daring menggunakan beberapa media pemasaran daring yang telah mereka buat dan gunakan. Sementara itu, proses peningkatan kualitas laporan keuangan usaha dilakukan melalui pemanfaatan aplikasi SI APIK. Dampak pelatihan ini adalah peningkatan penjualan sebesar 25% untuk Batik Kalimasada dan 10% untuk Topeng Nyono. Dengan demikian, para pemilik usaha sepatutnya mempraktikan optimalisasi branding, pemasaran daring, dan pelaporan keuangan usaha untuk meningkatkan penjualan dan laba. Pemerintah desa dan daerah sepatutnya memberikan fasilitasi pemasaran dan akses permodalan usaha.
Kata kunci: pelatihan; branding; pemasaran daring; laporan keuangan
Full Text:
PDFReferences
Al Fatih, D., Chamidah, S. & Widhianingrum, W. (2022). Faktor-Faktor Penting Dalam Strategi Pemasaran Batik Di Lesoeng Butik & Batik Ponorogo. Jurnal Revenue, 3(1), 324-330. https://doi.org/10.46306/rev.v3i1.144
Armayuda, E. (2019). Landasan Strategis Pengembangan Topeng Malangan Dalam Bidang Desain. Citradirga: Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Intermedia, 01(01), 8-20.
Billah, M., Syahniar, E. N., Olifia, I., Hadinata, M. A., Amanullah, M. D. & Febriyanti, M. A. (2022). Pembaruan Manajemen Pemasaran Batik Wonomadyo dengan Peningkatan Kualitas Packaging dan Digital Marketing. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(2), 223-232.
Fikien, A., Astuti, A. Y., Vinaria, C. & Agustin, D. L. (2021). Strategi Pemasaran Produk Budaya Lokal Kota Malang Di Era Covid -19. Prosiding SNAM PNJ, 1-9.
Hastuti, P., Nurofik, A., Purnomo, A., Hasibuan, A., Aribowo, H., Faried, A. I., Tasnim, Sudarso, A., Soetijono, I. K., Saputra, D. H., Simarmata, J. (2020). Kewirausahaan dan UMKM. Medan: Penerbit Yayasan Kita Menulis.
Kuspriyono, T., & Nurelasari, E. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Customer Bonding dan Purchase to Intention. CAKRAWALA, 18(2), 235-242. https://doi.org/10.31294/jc.v18i2
Latifah, F. N., Azizah, N. L., Maika, M. R. & Chusna, N. M. (2021). Analisa Strategi Pemasaran Batik Secara Online pada Produsen Batik Warga Muhammadiyah Desa Kenongo Kabupaten Sidoarjo. Malia: Jurnal Ekonomi Islam, 12(2), 33-42. https://doi.org/10.35891/ml.v13i1.2796
Maryono, D., Subiyantoro, S. & Susilaningsih. (2019). Profil Pemasaran Online Usaha Kerajinan Topeng Dan Kayu Batik Desa Bobung Gunungkidul. JBTI: Jurnal Bisnis: Teori dan Implementasi, 10, 87-98.
Mukoffi, A. & Soebagio, A. S. (2018). Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Telor Asin Di Kelurahan Mojolangu Kota Malang. (JAPI) Jurnal Akses Pengabdian Indonesia, 3 (2), 98-102.
Nasriyati, F., Khanifa, R. A. N., Choldun, I., Wibowo, H. & Humaedi, S. (2021). Analisa Model Bisnis Industri Batik Dengan Kekuatan Kearifan Lokal Program Csr Pt Pertamina Fuel Tuba. Jurnal Pengabdian dan Penelitian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(2), =339 – 352.
Pratama, N. B. & Kistini. (2013). Aktivitas Industri Kerajinan Topeng Kayu Di Desa Wisata Bobung, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Daerah Istimewa YOGYAKARTA. Jurnal Bumi Indonesia, 2(1), 41-49.
Rahmiaji, L. R., Sulistyani, H. & Rahardjo, T. (2020). Promosi Digital sebagai Upaya Penguatan Manajemen Pemasaran Batik di Kampung Gedong Kota Semarang. Journal of Community Development & Empowerment, 1(1), 41-52.
Setiawati, S. D., Retnasari, M., & Fitriawati, D. (2019). Strategi membangun branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 125–136. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
Sukmawati, A. D. & Kurniawan, A.F. (2020). Strategi dan Kebijakan Promosi Batik di Pasar Global. Jurnal Transformasi Global, 7(2), 214-234.
Syahrial, M. F. (2019). Strategi Pemasaran Pengrajin Batik Tulis Lasem Di Desa Wisata Batik Tulis Babagan Lasem Kecamatan Lasem. EQUILIBRIA PENDIDIKAN Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 4(1), 46-52.
Tamami, N.D.B., Soleha, I. & Enggarini, N. (2021). Strategi Peningkatan Pemasaran Batik Madura Berdasarkan Customer Value. Prosiding Seminar Nasional Politani Pangkep, 723-736.
Tranggono, D. Achmad, Z.A. & Nurhaqiqi, H. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Batik Tulis Di Era Digital. Surabaya: CV. Putra Media Nusantara (PMN).
Refbacks
- There are currently no refbacks.