Memanfaatkan Media Sosial Untuk Pemasaran Digital Di UMKM Binaan OK OCE Indonesia

Tarysha Aulya Putri Rany, Bimo Saktiawan, Trisninik Ratih Wulandari, Tastaftiyan Risfandy

Abstract

Di tengah persaingan para pebisnis menggunakan Instagram sebagai wadah promosinya, masih banyak pemilik bisnis lain yang belum bisa menggunakan media sosial Instagram secara baik salah satunya UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Maka dari itu, latar belakang dari kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk membantu para UMKM terlebih yang terdampak pandemi Covid-19 untuk bisa menggunakan fitur-fitur pada Instagram secara efektif dalam memasarkan produk penjualannya dengan mengikuti kegiatan pendampingan yang dilakukan selama empat bulan. Pada proses kegiatan ini, objek yang akan diambil adalah beberapa UMKM yang berlokasi di Pulau Jawa dan mitra yang merupakan anggota binaan OK OCE Indonesia. Kami membagi kegiatan ke dalam tiga tahap yaitu sebelum pendampingan, saat pendampingan, dan setelah dilakukan pendampingan. Hasil dari pendampingan yang dilakukan terhadap masing-masing UMKM terkait dengan penggunaan Instagram sebagai tempat memasarkan produknya, mengalami progress yang signifikan terlebih dalam mengelola akun Instagram dan memanfaatkan fitur-fitur yang ada. Ini dibuktikan dimana UMKM binaan yang telah diberikan pendampingan atau treatment mengalami kenaikan followers Instagram dan komentar positif. Harapan ke depan, kegiatan pendampingan semacam ini dapat dilakukan secara rutin bisa tahunan ataupun bulanan. Sehingga UMKM dapat terbuka dengan teknologi baru dan tren yang sedang terjadi demi mendukung keberlangsungan kemajuan UMKM Indonesia.

 

Kata kunci: Media Sosial, Pemasaran Digital, UMKM, Pengabdian

Full Text:

PDF

References

Andryanto, S. D. (2021). Peluang Usaha : Jalankan 5 Jenis Bisnis Online ini Selama Pandemi Covid-19. Tempo.Co. https://bisnis.tempo.co/read/1484161/peluang-usaha-jalankan-5-jenis-bisnis-online-ini-selama-pandemi-covid-19

Anggraini, N. P. N., Rustiarini, N. W., & Satwam, I. K. S. B. (2022). OPTIMALISASI PEMASARAN DIGITAL BERBASIS MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(6). https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.11216

Arora, T., Jusi, I., Kartawidjaja, A., & Potia, A. (2022). Survey: Indonesian consumer sentiment during the coronavirus crisis. McKinsey & Company: Retail Practice. Retrieved December, 29.


Baskoro, F. M. (2020). UMKM Sektor Kuliner, Jasa, dan Konveksi Paling Terdampak Pandemi. Beritasatu.Com. https://www.beritasatu.com/ekonomi/698453/umkm-sektor-kuliner-jasa-dan-konveksi-paling-terdampak-pandemi

Chrismardani, Y., & Setiyarini, T. (2020). DAMPAK DAN TANTANGAN DALAM IMPLEMENTASI SOCIAL MEDIA MARKETING UNTUK UMKM. Competence : Journal of Management Studies, 13(2). https://doi.org/10.21107/kompetensi.v13i2.6831

Faizi, F., Wulandana, N. P., Alya, A., & Lombu, A. A. (2022). DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP UMKM DI INDONESIA. JURNAL LENTERA BISNIS, 11(2). https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i2.510

Jayani, D. H. (2020). Wabah PHK Akibat Covid-19. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/infografik/5e9a66d0e897f/wabah-phk-akibat-covid-19

Katadata Insight Center. (2020). Digitalisasi UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. https://katadata.co.id/umkm

Ma, J., & Yu, S. (2021). The Future Development of E-commerce in Tiktok. Proceedings of the 2021 International Conference on Public Relations and Social Sciences (ICPRSS 2021), 586. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211020.160

Pradana, N. W., & Sumiyana, S. (2023). Analisis Kebutuhan UMKM Indonesia Dengan Menggunakan Pendekatan Penalaran Hierarki Maslow Secara Organisasional. ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal, 11(3). https://doi.org/10.22146/abis.v11i3.85988

Ratnasari, I., Arnu, A. P., & Hannie, H. (2021). PELATIHAN DIGITAL MARKETING PADA ANGGOTA KOPERASI UMKM JUARA KABUPATEN KARAWANG. Jurnal Abdimas Mandiri, 5(1). https://doi.org/10.36982/jam.v5i1.1823

Srikalimah, S., Wardana, L. W., Ambarwati, D., Sholihin, U., Shobirin, R. A., Fajariah, N., & Wibowo, A. (2020). Do Creativity and Intellectual Capital Matter for SMEs Sustainability? The Role of Competitive Advantage. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(12). https://doi.org/10.13106/JAFEB.2020.VOL7.NO12.397

Wijayanti, A. (2021). Efektivitas Instagram dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 2(1). https://doi.org/10.36256/ijtl.v2i1.138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.