Memanfaatkan Media Sosial Untuk Pemasaran Digital Di UMKM Binaan OK OCE Indonesia

Tarysha Aulya Putri Rany, Bimo Saktiawan, Trisninik Ratih Wulandari, Tastaftiyan Risfandy

Abstract

Di tengah persaingan para pebisnis menggunakan Instagram sebagai wadah promosinya, masih banyak pemilik bisnis lain yang belum bisa menggunakan media sosial Instagram secara baik salah satunya UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Maka dari itu, latar belakang dari kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk membantu para UMKM terlebih yang terdampak pandemi Covid-19 untuk bisa menggunakan fitur-fitur pada Instagram secara efektif dalam memasarkan produk penjualannya dengan mengikuti kegiatan pendampingan yang dilakukan selama empat bulan. Pada proses kegiatan ini, objek yang akan diambil adalah beberapa UMKM yang berlokasi di Pulau Jawa dan mitra yang merupakan anggota binaan OK OCE Indonesia. Kami membagi kegiatan ke dalam tiga tahap yaitu sebelum pendampingan, saat pendampingan, dan setelah dilakukan pendampingan. Hasil dari pendampingan yang dilakukan terhadap masing-masing UMKM terkait dengan penggunaan Instagram sebagai tempat memasarkan produknya, mengalami progress yang signifikan terlebih dalam mengelola akun Instagram dan memanfaatkan fitur-fitur yang ada. Ini dibuktikan dimana UMKM binaan yang telah diberikan pendampingan atau treatment mengalami kenaikan followers Instagram dan komentar positif. Harapan ke depan, kegiatan pendampingan semacam ini dapat dilakukan secara rutin bisa tahunan ataupun bulanan. Sehingga UMKM dapat terbuka dengan teknologi baru dan tren yang sedang terjadi demi mendukung keberlangsungan kemajuan UMKM Indonesia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.