Pelatihan Terapi Realitas Untuk Menurunkan Fear of Failure Serta Meningkatkan Self-Compassion, dan Student Engagement pada Mahasiswa Universitas Sebelas Maret

Rebecca Natalia Pratiwi Pangaribuan, Shafaa Hanuun Priyaningtyas, Syifa Syahida Azzahra, Rahmah Saniatuzzulfa

Abstract

Terapi realitas menekankan pada tanggung jawab kehidupan tiap individu yang mampu diterapkan pada mahasiswa yang masuk dan terperangkap dalam masa evaluasi diri secara negatif. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa terapi realitas memiliki kemampuan untuk meningkatkan aspek positif dan mengurangi aspek negatif, seperti meningkatkan kemampuan adaptasi, memperbaiki kemampuan mahasiswa dalam mengatasi skripsi, mengurangi kecenderungan prokrastinasi, meningkatkan rasa percaya diri dan kesehatan mental. Oleh karena itu partisipan diharapkan mampu menerapkan teknik terapi realitas dalam upaya meningkatkan self compassion dan student engagement serta menurunkan fear of failure. Berfokus pada mahasiswa dengan self-compassion rendah hingga sedang, fear of failure sedang dan tinggi, dan student engagement sedang hingga rendah, pengabdian ini melibatkan 20 partisipan yang mengikuti empat sesi terapi kelompok. Dengan menggunakan skala Self-Compassion Scale, The Performance Appraisal Failure, dan Student Engagement Scale, penelitian ini menggambarkan peningkatan signifikan pada tingkat self-compassion dan student engagement, sementara tingkat fear of failure menurun setelah intervensi. Terapi kelompok realitas, fokus pada penerimaan realitas dan tanggung jawab, membuktikan efektivitasnya dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis mahasiswa. Pelatihan ini memberikan kontribusi dalam memberi intervensi yang lebih efektif terhadap variabel psikologis mahasiswa di tingkat perguruan tinggi, memperkaya pemahaman tentang self-compassion, fear of failure, dan student engagement.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.