Pemberdayaan Perempuan Melalui Sekolah Perempuan Karangturi (SEANTURI) untuk Meningkatkan Kualitas Diri dan Keluarga di Karangturi, Karanganyar
Abstract
Sekolah Perempuan Karangturi (SEANTURI) dibentuk di Desa Karangturi, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar untuk meningkatkan potensi perempuan dengan pengembangan softskill dan hardskill agar perempuan di Desa Karangturi semakin berdaya. SEANTURI tersebut dilakukan dengan metode pembelajaran abad ke-21, yang mencakup creativity and innovation, critical thinking and problem solving, communication, and collaboration yang diharapkan dapat meningkatkan life skills dan kapabilitas diri para perempuan untuk turut serta dalam menumbuhkan kesejahteraan keluarga hingga pembangunan Desa Karangturi. Kelas Perempuan Peduli Lingkungan dilakukan dengan memberikan keterampilan berupa aquaponik, dan Kelas Perempuan Kreatif dilakukan dengan pelatihan dan pendampingan untuk pembuatan batik Ecoprint. Sedangkan kelas yang dilakukan dengan peningkatan softskill adalah Kelas Perempuan Aman Pelecehan Seksual, Perempuan Cinta Indonesia, Perempuan Paham Parenting, Perempuan Paham Mitigasi Bencana, Perempuan Cerdas tangkal Hoax, Perempuan Paham Gizi serta Perempuan Paham Keuangan Digital dengan peningkatan pengetahuan dan informasi dari trainer yang ahli pada bidangnya. Hasil dari pelaksanaan SEANTURI adalah adanya peningkatan pendapatan dan ketahanan pangan dari ibu rumah tangga sebagai sasaran kegiatan ini dengan memanfaatkan hasil panen berupa sayuran dan ikan lele hasil aquaponik. Kelas Perempuan Kreatif juga menghasilkan karya ecoprint dengan merek Ecoturi dan sudah berhasil untuk dipamerkan pada Solo Art Market (SAM).
Kata kunci: Kreatif; Pemberdayaan; Sekolah Perempuan; Pembelajaran Abad 21
Full Text:
PDFReferences
Alkadri, H., Santoso, Y., Achyar, N., Widiawati, W., Susanti, L., & Gistituati, N. (2023). Peningkatan Ekonomi Keluarga Melalui Program Pembinaan dan Pelatihan Wirausaha Kerajinan Limbah Organik Bagi Kelompok PKK Nagari Sunur Timur. Jurnal Abdi Masyarakat Universitas Kadiri, 6(2), 46–60.
Anindya, A., Dewi, Y. I. S., & Oentari, Z. D. (2020). Dampak psikologis dan upaya penanggulangan kekerasan seksual terhadap perempuan. Terapan Informatika Nusantara, 1(3), 137–140. https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/tin/article/view/394
Ariestiningsih, E. S., & Genoveva, D. F. S. H. (2020). Sekoper (Sekolah Perempuan): Mencerdaskan Perempuan Desa Menjadi Pemimpin Tangguh (Issue September 2022).
Ariestiningsih, E. S., Genoveva, G., & Syarifah Has, D. F. (2021). Creativepreneur on Sekoperproject : Women Empowerment Program for Economic Emancipation. FIRM Journal of Management Studies, 6(1), 1. https://doi.org/10.33021/firm.v6i1.1309
Astuti, S. D., Waluyo, D. E., & Subagyo, H. (2020). Pemberdayaan Perempuan Melalui Sekolah Wirausaha Aisyiah Kabupaten Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 71. https://doi.org/10.33633/ja.v3i1.75
Badan Pusat Statistik. (2023a). Perempuan dan Laki-laki 2023 di Indonesia. Badan Pusat Statistik, 14, 1–70. https://www.bps.go.id/id/publication/2023/12/22/e5942bdd51b158776ee5eabf/perempuan-dan-laki-laki-di-indonesia-2023.html
Badan Pusat Statistik. (2023b). Statistik Pendidikan 2023. Badan Pusat Statistik, 12, i–242. https://www.bps.go.id/id/publication/2022/11/25/a80bdf8c85bc28a4e6566661/statistik-pendidikan-2022.html
BPS. (2023). Kabupaten Karanganyar Dalam Angka 2023. Badan Pusat Statistik Kabupaten Karanganyar, 6(1), 43–48. https://karanganyarkab.bps.go.id/publication/2023/02/28/14e80eb6cc10ec8d61567846/kabupaten-karanganyar-dalam-angka-2023.html
Faqih, A. (2020). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pemanfaatan Dan Penataan Pekarangan. Abdimas Galuh, 2(1), 1. https://doi.org/10.25157/ag.v2i1.3298
Lubis, M., & Suryana, D. (2022). Tingkat Pemahaman Terhadap Pola Asuh Orang Tua di Panyabungan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1003–1010. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2525
Marofah, S., & Ma’ruf, M. F. (2022). Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Sekolah Perempuan Di Desa Kesamben Kulon Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik. Publika, 1475–1488. https://doi.org/10.26740/publika.v11n1.p1475-1488
Musthofa, M. S., Rusdiyana, E., Mieliki, I., Putri, D., Gautama, D., Samudra, D., Ramadhani, D. A., & Prastyo, E. B. (2022). Pemberdayaan Kelompok Tani Desa Karangturi Melalui Pelatihan Teknik Budidaya Tanaman Sayuran Secara Hidroponik. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(05), 304–309.
Nurjanah, N. (2015). Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan di Indonesia : Keinginan dan Keniscayaan Pendekatan Prahmatis (Studi Terhadap UKM Cirebon Hime Made). Sinau: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 1(1), 1–22.
Nurlatifah, D. A., Sumpena, D., & Hilman, F. A. (2020). Proses Pemberdayaan Perempuan pada Program Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta). Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 1(1), 35–45. https://doi.org/10.15575/azzahra.v1i1.9463
Saleh, M. (2022). Partisipasi Perempuan Dalam Pengelolaan Lingkungan. UNM Environmental Journals, 5(2), 22. https://doi.org/10.26858/uej.v5i2.42831
Widodo, S., & Wardani, R. K. (2020). Mengajarkan Keterampilan Abad 21 4C ( Communication , Collaboration , Critical Thinking and Problem Solving , Creativity and Innovation) di Sekolah Dasar. MODELING : Jurnal Program Studi PGMI, 7(September), 185–197.
Yunikawati, N. A., Prayitno, P. H., Purboyo, M. P., Istiqomah, N., & Yunika, E. (2018). Causes And Solution to Reduce Unemployment Vocational School Graduate in Indonesia. The 3rd International Conference on Economics, Business, and Accounting Studies (ICEBAST) 2017, 3(November 2017), 200–207.
Refbacks
- There are currently no refbacks.