Pemberdayaan Perempuan Melalui Sekolah Perempuan Karangturi (SEANTURI) untuk Meningkatkan Kualitas Diri dan Keluarga di Karangturi, Karanganyar
Abstract
Sekolah Perempuan Karangturi (SEANTURI) dibentuk di Desa Karangturi, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar untuk meningkatkan potensi perempuan dengan pengembangan softskill dan hardskill agar perempuan di Desa Karangturi semakin berdaya. SEANTURI tersebut dilakukan dengan metode pembelajaran abad ke-21, yang mencakup creativity and innovation, critical thinking and problem solving, communication, and collaboration yang diharapkan dapat meningkatkan life skills dan kapabilitas diri para perempuan untuk turut serta dalam menumbuhkan kesejahteraan keluarga hingga pembangunan Desa Karangturi. Kelas Perempuan Peduli Lingkungan dilakukan dengan memberikan keterampilan berupa aquaponik, dan Kelas Perempuan Kreatif dilakukan dengan pelatihan dan pendampingan untuk pembuatan batik Ecoprint. Sedangkan kelas yang dilakukan dengan peningkatan softskill adalah Kelas Perempuan Aman Pelecehan Seksual, Perempuan Cinta Indonesia, Perempuan Paham Parenting, Perempuan Paham Mitigasi Bencana, Perempuan Cerdas tangkal Hoax, Perempuan Paham Gizi serta Perempuan Paham Keuangan Digital dengan peningkatan pengetahuan dan informasi dari trainer yang ahli pada bidangnya. Hasil dari pelaksanaan SEANTURI adalah adanya peningkatan pendapatan dan ketahanan pangan dari ibu rumah tangga sebagai sasaran kegiatan ini dengan memanfaatkan hasil panen berupa sayuran dan ikan lele hasil aquaponik. Kelas Perempuan Kreatif juga menghasilkan karya ecoprint dengan merek Ecoturi dan sudah berhasil untuk dipamerkan pada Solo Art Market (SAM).
References
Alkadri, H., Santoso, Y., dkk. 2023. Peningkatan Ekonomi Keluarga Melalui Program Pembinaan Dan Pelatihan Wirausaha Kerajinan Limbah Organik Bagi Kelompok PKK Nagari Sunur Timur. Jurnal Abdi Masyarakat Universitas Kadiri, Vol. 6, No. 2, Mei2023: 46-60. https://doi.org/10.30737/jaim.v6i2.3773.
Astuti, S.D., Waluyo, D.E. and Subagyo, H. 2020. Pemberdayaan Perempuan Melalui Sekolah Wirausaha Aisyiah Kabupaten Semarang. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), pp.71-76. https://doi.org/10.33633/ja.v3i1.75.
Chotim, E.E., 2020. Kesetaraan Gender Dan Pemberdayaan Perempuan Di Indonesia: Keinginan Dan Keniscayaan Pendekatan Pragmatis (Studi Terhadap Ukm Cirebon Home Made). AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 2(1), pp.70-82. https://doi.org/10.54783/jin.v2i1.357.
Empowerment (Youtivee): Solutionsfor Youthto ContributetotheEconomy and Reduce Unemployment. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(3).
Faqih, A. 2020. Pemberdayaan Perempuan Melalui Pemanfaatan Dan Penataan Pekarangan.Abdimas Galuh,2(1), 1-11.
Gerfianti S, M. S. (2019a). Modul Dasar: Sekoper Cinta Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita,. Bandung: Tim Penyelenggara Sekoper Cinta.
Gerfianti S, M. S. (2019b). Modul Tematik: Sekoper Cinta Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita. Bandung: Tim Penyelenggara Sekoper Cinta.
Indarwati, R. 2017. Strategi Pelaksanaan Tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam Meningkatkan Pemberdayaan Perempuan di Kecamatan Samarinda Utara.Jurnal Ilmu Pemerintahan,5(2), 861-872.
Nurlatifah, D.A., Sumpena, D. and Hilman, F.A., 2020. Proses Pemberdayaan Perempuan pada Program Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta). Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 1(1), pp.35-45. https://doi.org/10.15575/azzahra.v1i1.9463.
Saugi, W., & Sumarno, S. 2015. Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Pengolahan Bahan Pangan Lokal. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 226–238. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i2.6361.
VH, E. S., & Susilowati, E. (2016). Pemberdayaan ibu-ibu PKK melalui pelatihan dan pendampingan produksi sabun dan deterjen.SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat),4(2). https://doi.org/10.20961/semar.v4i2.4570.
Refbacks
- There are currently no refbacks.