Pemberdayaan UMKM melalui pembentukan Komunitas Bisnis Ibu-Ibu Desa Lumbungkerep

Eksal Pujianto, Irman Indarto, Rizal Badarul Mufid, Najma Bintang Hati Darmadi, Tastaftiyan Risfandy, Bimo Saktiawan

Abstract

Komunitas Bisnis Ibu-ibu Desa Lumbungkerep bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan bisnis kepada ibu-ibu pelaku UMKM di Desa Lumbungkerep. Kegiatan ini dilaksanakan melalui metode sosialisasi, pelatihan, serta pendampingan dengan berkolaborasi dengan PKK. Partisipasi dan antusiasme 30 orang ibu-ibu terhadap komunitas ini sangat tinggi pada pengadaan pelatihan UMKM. Dari ketiga pelatihan yang telah terlaksana, ibu-ibu peserta komunitas mendapatkan pemahaman mengenai pengelolaan keuangan, pemasaran produk, dan perizinan berusaha. Komunitas Ibu-ibu Desa Lumbungkerep sangat berguna untuk memajukan UMKM di Desa Lumbungkerep melalui berbagai pelatihan serta pendampingan dalam mengelola bisnis mereka. Diharapkan komunitas ini dapat berjalan secara berkelanjutan.

 

The contribution of Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) to the GDP at 60.51% is undeniable. The digital transformation and the COVID-19 pandemic emphasize the urgency for MSMEs to prosper. The challenge of the digital revolution in Lumbungkerep Village, Klaten Regency, Central Java, is the focus of this community service. The establishment of the Komunitas Bisnis Ibu-ibu Desa Lumbungkerep by KKN 154 Universitas Sebelas Maret aims to provide understanding and business skills to the women involved in MSMEs in the village. Activities include socialization, training, and mentoring in association with the Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) community. The participation and enthusiasm of 30 women in this community are remarkably high in UMKM training. Through three guided training sessions, community members gained insights into financial management, product marketing, and business licensing. The Lumbungkerep Village Women's Community has proven to be a valuable platform for fostering collaboration and innovation, supporting local MSMEs to enhance product value and income, and promoting sustainable welfare and economic growth through various training and mentoring initiatives in managing their businesses.

Full Text:

PDF

References

Aini, Q., Rahardja, U., & Fatillah, A. (2018). Penerapan Qrcode Sebagai Media Pelayanan Untuk Absensi Pada Website Berbasis Php Native. Sisfotenika, 8(1), 47. https://doi.org/10.30700/jst.v8i1.151.

Anggraeni, F. D., Hardjanto, I., & Hayat, A. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal (Studi Kasus pada Kelompok Usaha "Emping Jagung" di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing, Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1(6), 1286-1295.

Arifin, R. S. dan Hariyanto, R. (2021). Peran manajemen sumber daya manusia (msdm) melalui usaha mikro kecil dan menengah (umkm) untuk penguatan ekonomi. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 18 (3), 425-430

Arista, D., Satyanovi, V. A., Rahmawati, L. D. A., & Hapsari, A. A. (2021). Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Bumdes Banyuanyar Berkarya Desa Banyuanyar Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 550–556.

David, F. R. (2009). Manajemen strategi, Edisi Kesepuluh Jilid 1. Jakarta: Salemba Empat.

Dewi, M, Hubeis, M, dan Riani, E. (2020). Marketing Strategy UMKM In Improving the Competitiveness Of The Modern Retail Market in the Careffour (Cases on PT MadaniFood, Jakarta). Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah (IKM), 15(1), 77-83.

Fatwitawati, R. (2018). Pengelolaan Keuangan Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kelurahan Airputih Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 01, Edisi 01.

Suganda, R. F dan Purnamasari, I. (2022). Analisis Wilayah Manajemen Operasional pada UMKM Bintang Langit. Journal of Knowledge Management, 16 (1) , 1-12.

Hanasah dkk., N. (2020). Mudah Memahami Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Uwais Inspirasi Indonesia.

Hanim, L., Soponyono, E., & Maryanto. (2022). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai Tahun 2021, 2(1), 30-39. https://doi.org/10.24967/psn.v2i1.1452

Haryani, P. (2020). Pelatihan Marketplace bagi Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Bantul. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ. 8 (1), 78-83.

Juwita, D. R., & Handayani, A. N. (2022). Peluang dan Tantangan Digitalisasi UMKM Terhadap Pelaku Ekonomi di Era Society 5.0. Jurnal Inovasi Teknik dan Edukasi Teknologi, 2(5), 249-255. http://dx.doi.org/10.17977/um068v2i52022p249-255

Katadata. (2021). Digitalisasi UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Katadata. Retrieved September 29, 2023, from https://katadata.co.id/umkm

KBBI, (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online]. Diakses https://kbbi.web.id/komunitas pada 10 September 2023.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Global Edition 15e. Pearson Education Inc.

Limanseto, H. (2023). Menko Airlangga: Potensi UMKM Menjadi Modal Dalam Ekosistem Pengembangan Ekonomi. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/5047/menko-airlangga-potensi-umkm-menjadi-modal-dalam-ekosistem-pengembangan-ekonomi

Mirabi, D.V., Akbariyeh, H., Tahmasebifard, H. (2015). A Study of Factors Affecting on Customers Purchase Intention. Journal of Multidisciplinary Engineering Science and Technology, 2, 267-273.

Ningtyas, J. D. A. (2017). Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro , Kecil dan Menengah ( SAK-EMKM ) ( Study Kasus Di UMKM Bintang Malam Pekalongan ). Owner Riset & Jurnal Akuntansi, 2(1), 11–17.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. (2020). 50.488 UKM Klaten Terdampak Pandemi Ajukan Bantuan Produktif. Diakses 29 September 2023 dari https://jatengprov.go.id/beritadaerah/50-488-ukm-klaten-terdampak-pandemi-ajukan-bantuan-produktif/

Rao, D. V. M., & Rajeswari, K. (2020). Adoption of Digital Marketing Practices in Micro Small Medium Enterprises for Inclusive Growth. International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE), 8(6), 1239-1244. 10.35940/ijrte.F7539.038620

Ridwan, L.M., Solihat, A., Trijumansyah, A. (2018). Pengaruh Product Knowledge dan Brand Association Terhadap Purchase Intention Kawasan Kampung Kreatif Dago Pojok. Jurnal Penelitian Bidang Kepariwisataan dan Destinasi Wisata 5, 68–82. https://doi.org/10.31311/par.v5i1.3060

Suad Husna. (2000). Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan Keputusan Jangka Panjang. Yogyakarta: BPFE.

Suganda, R. F dan Purnamasari, I. (2022). Analisis Wilayah Manajemen Operasional pada UMKM Bintang Langit. Journal of Knowledge Management, 16 (1) , 1-12.

Tambunan, T. (2012). UMKM di Indonesia. Ghalia Indonesia.

Tambunan, T.T.H. (2021). UMKM di Indonesia : Perkembangan, Kendala, dan Tantangan. PRENADA.

Wenger, E. (2004). Engagement, identity and innovation: Etienne Wenger on communities of practice. An interview by Seth Kahan in the Journal of Association Leadership, January issue.

Wibowo, P., & Rimadias, S. (2022). Perilaku Penggunaan “QRIS BRI BRIMO” Pada Pedagang Sebagai Alat Transaksi Pembayaran Digital. Ultima Management: Jurnal Ilmu Manajemen, 14(2), 236-257.

William J. Stevenson. (2009). Management Operation. UK: Prentice Hall. Yamit, Zulian. 2008. Yogyakarta: Ekonisia Fakultas. Ekonomi.

Yuliaty, T., Shafira, C. S., & Akbar, M. R. (2020). Strategi UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global. Mbia, 19 (3), 293–308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.