Pelatihan Ecoprint dan Pemasaran Online sebagai Pemberdayaan Ekonomi Kreatif bagi Warga Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta

Via Ramadhani, Venty Suryanti, Suzi Godinho, Rakha Samudra Pratama

Abstract

Sebagaian besar mata pencaharian masyarakat Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta adalah buruh, pedagang kecil dan pekerja lepas. Peningkatan kesejahteraan warga dengan menciptakan lapangan usaha baru yang tidak memerlukan modal besar sangat diperlukan. Banyaknya ragam tanaman di sekitar area tanggul Bengawan Solo dapat dimanfaatkan sebagai bahan ecoprint untuk meningkatkan ekonomi warga. Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) telah melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada periode Januari-Februari 2021. Kegiatan yang dilaksanakan adalah pengenalan, pelatihan dan pendampingan ecoprint dengan bahan pewarna alami tumbuh-tumbuhan yang ada di lingkungan area Kelurahan Sangkrah. Kegiatan pengenalan dan pendampingan pemasaran ecoprint berbasis teknologi informasi juga dilakukan agar ecoprint yang dihasilkan dapat dipasarkan dengan daya jangkau penjualan menjadi lebih luas. Sasaran kegiatan adalah ibu-ibu PKK RW XI Kelurahan Sangkrah yang tidak memiliki penghasilan. Kegiatan ini berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan pengetahuan warga masyarakat tentang ecoprint dan pemasaran online. Dari program ini, warga masyarakat dapat membuat produk ecoprint sehingga dapat menambah penghasilan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Program kerja KKN yang dilaksanakan telah mendukung program pemerintah untuk mendorong ekonomi kreatif, yaitu mendorong peningkatan kreativitas dan kapasitas masyarakat dengan memanfaatkan potensi alami yang ada di lingkungan sekitar. Kegiatan pendampingan pengembangan produk dan pemasarannya dapat terus dilakukan oleh pemerintah daerah terkait supaya berdampak nyata terhadap peningkatan pendapatan warga masyarakat.

References

Anggia, M.N., Shihab, M.R., 2018. Strategi Media Sosial Untuk Pengembangan UMKM. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 2(2): 159-170.

Arianto, B., 2020. Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Administrasi Bisnis 6(2): 233-247.

Aryani, I.K., Wijanarko, R.B., Ristiana Dyah Purwandari, R.D., 2022. Teknik Eco Print Ramah Lingkungan Berbasis Ekonomis Kreatif Dalam Upaya Menciptakan SDM Masyarakat Mandiri Pasca Pandemi COVID 19 Untuk Anggota Pimpinan Ranting Aisyiyah (PRA) Desa Karang Cegak Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. JPM: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 3(1): 1-16.

Kurniati, A., Mahardika, R., Ikhtiarawati, I.F., Darma, A.S., Salistina Ayu Rizqi, S.A., Nuraini, V. 2021. Ecoprint Wujud Ekonomi Kreatif Berbasis Wirausaha dan Kearifan Lokal Dusun Kekep, Parakan, Temanggung. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 4(2): 220-223.

Lakshitarsari, K.P., Romadhoni, M.H., Suryanti, V., 2022. Pengembangan Budidaya Tanaman Sayuran Secara Vertikultur dan Akuaponik Budikdamber (Budidaya Ikan dalam Ember) sebagai Solusi Usaha Pertanian di Lahan Terbatas. Jurnal SEMAR 11(2): 139-146.

Maryuningsih, Y., Muspiroh, N., Sholeha, S., Maemunah, A., Wijaya, R.S., 2021. Pelatihan Ecoprint Sebagai Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Bagi Calon Pengusaha Dengan Pendekatan ABCD Models. Jurnal Indonesia Mengabdi 3(2), 36-43.

Nurhayati, L., Rafael, I., Novianti, N., Jeremy, J. 2022. Pelatihan Ecoprint pada Media Kain Mendorong Ekonomi Kreatif di Linkungan Paroki Sakramen Maha Kudus Surabaya. Adimas Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 6(1): 43-52.

Nurliana, S., Wiryono, W., Haryanto, H., Syarifuddin, S. 2021. Pelatihan Ecoprint Teknik Pounding Bagi Guru-Guru PAUD Haqiqi di Kota Bengkulu. Dharma Raflesia 19(2): 262-271.

Saptutyningsih, E., Kamiel, B.P., 2020. Mendorong Ekonomi Kreatif Melalui Produk Ecoprint Melalui Pemanfaatan Potensi Alam di Dukuh Glugo Bantul. Warta LPM 24(1): 145-158.

Sedjati, D.P., Sari, V.T. 2019. Mix Teknik Ecoprint dan Teknik Batik Berbahan Warna Tumbuhan Dalam Penciptaan Karya Seni Tekstil. Corak Jurnal Seni Kriya 8(1): 1-11.

Setyowati, T., Wijayanti, F.N. 2021. Pemberdayaan Ekonomi Pengrajin Batik Ecoprint yang Berdaya Saing Dimasa New Normal Covid 19. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 7(1): 112-122.

Shah, R. W., Troester, J. S., Brooke, R., Gatti, L., Thomas, S. L., Masterson, J. 2018. Fostering eABCD: Asset-Based Community Development in Digital Service-Learning. Journal of Higher Education Outreach and Engagement 22(2): 189-222.

Subagyo, F., Ambarwati, T.D., Suryanti, V., 2022. Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) oleh Masyarakat di Bantaran Sungai Bengawan Solo untuk Mencegah Penularan Covid-19. Jurnal SEMAR 11(1): 1-7.

Suryanti, V., Tiyas, A.P., Romadhoni, L.D., Abilawati, M.K., Rijatno, P., 2021. Mengenalkan Berdagang Secara Online Melalui Media Sosial kepada Warga di Lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal SEMAR 10(2): 97-103.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.