Pelatihan Desain Konten dan Pengelolaan Media Sosial bagi Anggota Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Jepang

Novianto Yudha Laksana, Ulfah Hidayati

Abstract

Desain konten dan pengelolaan media sosial sangat penting bagi bisnis dan organisasi guna meningkatkan kehadiran mereka di media sosial dan mencapai audiens yang lebih besar melalui konten yang menarik dan efektif. Salah satu organisasi yang memanfaatkan media sosial sebagai alat komunikasi adalah Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Jepang. Sejauh ini, PCIM Jepang menggunakan Instagram sebagai media komunikasi untuk membangun hubungan dengan publik internal dan eksternal. Namun, keterbatasan keterampilan dan sumber daya dari PCIM Jepang menjadi kendala untuk mengembangkan media sosial yang efektif. Sejak tahun 2020, baru ada 91 postingan yang diunggah. Konten tersebut lebih didominasi tentang perayaan hari raya dan ucapan selamat kepada anggota komunitas. Tujuan pelatihan adalah untuk meningkatkan kompetensi desain dan literasi pengelolaan media sosial anggota PCIM Jepang. Pelatihan diadakan secara daring selama 2 sesi dan 1 sesi pendampingan dengan sasaran peserta 25 orang. Peserta pelatihan memberikan respon yang positif terhadap kegiatan ini. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan peserta selama pelatihan berlangsung. Mereka merasa pelatihan ini sangat berguna untuk meningkatkan kapasitas keterampilan manajemen media sosial.

 

Content design and social media management are essential for businesses and organizations to increase their presence on social media and reach a larger audience through engaging and compelling content. The Leadership of the Special Branch of Muhammadiyah (PCIM) Japan is one organization that uses social media as a communication tool. So far, PCIM Japan has used Instagram as a communication medium to build relationships with the internal and external public. However, the limited skills and resources of PCIM Japan are obstacles to developing effective social media. Since 2020, only 91 posts have been uploaded. The content is dominated by holiday celebrations and congratulations to community members. The training aims to improve the design competence and social media management literacy of PCIM Japan members. The training was held online for two sessions and one mentoring session with a target of 25 participants. The training participants responded positively to this activity. It can be seen from the participants' activeness during the training. They felt this training was beneficial for increasing their capacity for social media management skills.

Full Text:

PDF

References

Alalwan, A. A., Rana, N. P., Dwivedi, Y. K., & Algharabat, R. (2017). Social media in marketing: A review and analysis of the existing literature. In Telematics and Informatics (Vol. 34, Issue 7, pp. 1177± 1190). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.tele.2017.05.008

Atmoko, Dwi Bambang. 2012. Instagram Handbook. Media Kita, Jakarta.

Harrigan, P., Evers, U., Miles, M., & Daly, T. (2017). Customer engagement with tourism social media brands. Tourism Management, 59, 597±609. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2016.09.015

Hidayati, U. (2022). PENGARUH TERPAAN MEDIA SOSIAL PADA AKUN TIKTOK JOGJAFOODHUNTER TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN. Dalam Medium (Vol. 10, Issue 1, hlm. 122–134). UIR Press. https://doi.org/10.25299/medium.2022.vol10(1).9064

Miles, J. G. (2014). Instagram Power: Build Your Brand and Reach More Customers with the Power of Pictures. McGraw-Hill Education.

Muruganantham, G., 2015. Developing of E-content pcakge by using ADDIE Model. International Journal of Applied Research, 1(3), 52–54. www.allresearchjournal.com

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Popp, B., & Woratschek, H. (2016). Introducing branded communities in sport for building strong brand relations in social media. Sport Management Review, 19(2), 183-197. https://doi.org/10.1016/j.smr.2015.06.001

Priadana, A., & Murdiyanto, A. W. (2020). Analisis Waktu Terbaik untuk Menerbitkan Konten di Instagram untuk Menjangkau Audiens. Dalam Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan (Vol. 24, Issue 1, hlm. 59–70). BPSDMP Kominfo Banjarmasin. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v24i1.118

Spasojevic, N., Li, Z., Rao, A., & Bhattacharyya, P. (2015). When-to-post on social networks. Proceedings of the ACM SIGKDD International Conference on Knowledge Discovery and Data Mining, 2127±2136. https://doi.org/10.1145/2783258.2788584

Suhandiah, S., Sudarmaningtyas, P., & Ayuningtyas, A., 2019. Pelatihan E-Learning Bagi Guru Untuk Optimalisasi Pembelajaran Generasi Z. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108–117. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.3470

Ting, H., Ming, W. W. P., Run, E. C. de, & Choo, S. L. Y. (2015). Beliefs about the use of Instagram: an exploratory study. International Journal of Business and Innovation , 2 (2), 15-31

Wahyudi, H. S., & Sukmasari, M. P. (2018). TEKNOLOGI DAN KEHIDUPAN MASYARAKAT. Dalam Jurnal Analisa Sosiologi (Vol. 3, Issue 1). Universitas Sebelas Maret. https://doi.org/10.20961/jas.v3i1.17444

Yanuarita, D., & Desnia, A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Melalui Media Sosial Instagram sebagai Sarana Promosi di Sekolah Alam Kebun Tumbuh. Dalam Jurnal Penelitian Inovatif (Vol. 3, Issue 2, hlm. 245–256). CV Firmos. https://doi.org/10.54082/jupin.153

Yuniarti, F., Rakhmawati, D., & Harsani, D. C., 2021. Sosialisasi Penggunaan Microsoft Teams Sebagai Media Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring). Jurnal Warta Desa (JWD), 3(3), 223–229. https://doi.org/10.29303/jwd.v3i3.167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.