Pelatihan Desain Konten dan Pengelolaan Media Sosial bagi Anggota Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Jepang

Novianto Yudha Laksana, Ulfah Hidayati

Abstract

Desain konten dan pengelolaan media sosial sangat penting bagi bisnis dan organisasi guna meningkatkan kehadiran mereka di media sosial dan mencapai audiens yang lebih besar melalui konten yang menarik dan efektif. Salah satu organisasi yang memanfaatkan media sosial sebagai alat komunikasi adalah Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Jepang. Sejauh ini, PCIM Jepang menggunakan Instagram sebagai media komunikasi untuk membangun hubungan dengan publik internal dan eksternal. Namun, keterbatasan keterampilan dan sumber daya dari PCIM Jepang menjadi kendala untuk mengembangkan media sosial yang efektif. Sejak tahun 2020, baru ada 91 postingan yang diunggah. Konten tersebut lebih didominasi tentang perayaan hari raya dan ucapan selamat kepada anggota komunitas. Tujuan pelatihan adalah untuk meningkatkan kompetensi desain dan literasi pengelolaan media sosial anggota PCIM Jepang. Pelatihan diadakan secara daring selama 2 sesi dan 1 sesi pendampingan dengan sasaran peserta 25 orang. Peserta pelatihan memberikan respon yang positif terhadap kegiatan ini. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan peserta selama pelatihan berlangsung. Mereka merasa pelatihan ini sangat berguna untuk meningkatkan kapasitas keterampilan manajemen media sosial.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.