Literasi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) untuk Meningkatkan Kapasitas MGMP Geografi Kabupaten Boyolali

Rita Noviani, Chatarina Muryani, Sugiyanto Sugiyanto, Ahmad Ahmad, Sarwono Sarwono, Singgih Prihadi

Abstract

PERMENDIKBUD RI No 33 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana mengemukakan bahwa Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) merupakan upaya dalam pencegahan dan penanggulangan dampak akibat bencana. Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) memiliki beberapa ruang lingkup mencakup: (a) penyelenggaraan SPAB pra-bencana; (b) penyelenggaraan pendidikan dalam situasi darurat bencana; dan (c) pemulihan layanan pendidikan Pascabencana. Terdapat tiga pilar dari SPAB yaitu: (1) Fasilitas sekolah aman bencana, (2) Manajemen bencana di sekolah, dan (3) Pendidikan pencegahan dan pengurangan risiko bencana. Guru memiliki peranan penting dalam mewujudkan SPAB di Sekolah. Kabupaten Boyolali merupakan wilayah yang rawan akan bencana. Tujuan dari pengabdian ini adalah melakukan sosialisasi SPAB kepada MGMP Geografi Kabupaten Boyolali yang diharapkan dapat menjadi pelopor SPAB. Metode yang digunakan adalah ceramah dan simulasi SPAB dengan mengumpulkan seluruh guru geografi Sekolah Menengah Atas (SMA) di SMA Negeri 2 Kabupaten Boyolali dan melakukan pretest-posttest. Hasil dari kegiatan pengabdian adalah meningkatnya pemahaman Guru MGMP Geografi Kabupaten Boyolali mengenai SPAB.

Full Text:

PDF

References

Ariani, F. (2021). Penerapan Satuan Pendidikan Aman Bencana. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 108–117. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781865

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2020). Jangan Panik ! Praktik Baik Pendidikan Kebencanaan. Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Cahyo, D., Putro, P., & Fatmawati, S. (2022). Gambaran Tingkat Pengetahuan Tentang Mitigasi Bencana Tanah Longsor pada Remaja di Desa Jeruk Selo Boyolali. 1(4), 455–463. https://doi.org/10.54259/sehatrakyat.v1i4.1165

Deristani, A., & Priyono, K. D. (2022). Analysis of Vulnerability Population to Landslides , Selo Boyolali District. 2(1), 1–14.

Gogot Suharwoto, Nurwin, D. (2015). Modul Manajemen Bencana Di Sekolah.

Kemendikbud. (2015). Modul 1 Pilar 1 Fasilitas Sekolah Aman. Fasilitas Sekolah Aman.

Kurniadi, A., & Bahar, F. (2020). The Review Of Disaster Preparedness School Program. Jurnal Pertahanan, 6(1), 46–58. http://jurnal.idu.ac.id/index.php/DefenseJournal

Mutiara Ramadhani, R., Andrianti Indah Gustaman, F., Sarip Kodar, M., & Kerta Widanaha, I. (2020). IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH AMAN BENCANA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 4 BALIKPAPAN KALIMANTAN TIMUR. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 7(2), 162–176.

Nurwin, G. S., Rudianto, N. T. R. S. D., Elvera, E. D. J. A. M. A. T. D., Kertapati, I., Hidayati, K. P. S. N. B. D. S. N., Meiwanty, I., (Kerlip), E. N. (World B. I. N. (Plan I. J. M., & Indonesia), M. H. (UNICEF) Y. T. (Plan. (2015). Pilar 3 - Pendidikan Pencegahan dan Pengurangan Risiko Bencana. Pendidikan Pencegahan Dan Pengurangan Risiko Bencana.

Pahleviannur, M. R., & Hafida, S. H. N. (2022). Determination of Priority Pillars of Safe School Facilities in Supporting the Realization of Disaster-Safe Education Unit (SPAB) Program in Public High School 1 Karangdowo, Klaten District, Central Java Province. Jurnal Geografi, Edukasi Dan Lingkungan (JGEL), 6(1), 17–25. https://doi.org/10.22236/jgel.v6i1.7834

Setiawan, T. H., Salim, G. H., Wimala, M., Van Roy, A. F., & Adianto, Y. L. D. (2020). Development of Knowledge and Attitude Measurement Tools in Disaster Preparedness Schools. International Journal of Disaster Management, 3(1), 53–62. https://doi.org/10.24815/ijdm.v3i1.17298

Taqi, B. A., & Setyowati, D. L. (2022). Implementasi Program Satuan pendidikan aman bencana masa pandemi Covid-19. Edu Geography, 10(1), 52–58.

Wicaksono, F. A. (2021). Efektivitas Program Satuan Pendidikan Aman Bencana Di Sma Negeri 1 Cangkringan Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. 1–10. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Yuliastanti, T., & Nurhidayati, N. (2020). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kesiapsiagaan Remaja Pada Kejadian Bencana Di Smp N 1 Selo Kabupaten Boyolali. Jurnal Kebidanan, 11(02), 202. https://doi.org/10.35872/jurkeb.v11i02.406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.