Implementasi Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terpusat (Off-Grid) untuk sumber energi mandiri budidaya perikanan

Fuad Anwar, Mohtar Yunianto, Fendi Aji Purnomo

Abstract

Komunitas AMPUH Desa Wonorejo bergerak dalam bidang usaha budidaya ikan, energi listrik menjadi kendala selama ini apabila supplay listrik dari PLN terputus. PLTS Off-Grid menjadi salah satu solusi untuk masalah catudaya, alat tersebut terdiri dari  panel solar, inverter, battery lipo4, watt meter dan MCB. Komponen tersebut dapat memberikan suplay selama 24 jam untuk mesin sirkulasi udara dan pemberi makan otomatis. Dengan tersedianya alat tersebut kendala yang selama ini di hadapi oleh peternak ikan menjadi teratasi.

Kata kunci: PLTS Off-Grid; energi surya; mandiri; Desa mandiri; budidaya

Full Text:

PDF

References

Agusta, Ivanovich dan Fujiartanto (ed).2014.Indeks Kemandirian Desa : Dinamika Partisipasi Pembangunan Desa: Metode,Hasil dan Alokasi Program Pembangunan.Jakarta: Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, IPB dengan Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Anwar, F., Yunianto, M., & Purnomo, F. A. (2022). Implementasi Auto feeder and water filter sebagai upaya peningkatan hasil budidaya ikan di komunitas AMPUH Desa Wonorejo. SEMAR: Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat, 11(2), 207-214.

Direktorat Jendral Perikanan Budidaya, Capaian Kinerja Subsektor Perikanan Budidaya dan Outlook, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, 2018.

Hasanah, A. W., Koerniawan, T., & Yuliansyah, Y. (2018). Kajian Kualitas Daya Listrik PLTS Sistem Off-Grid Di STT-PLN. Energi & Kelistrikan, 10(2), 93-101.

Kartika, R. S. (2013). Peluang Mengembangkan Kewirausahaan Desa Berbasis Potensi Desa (Studi Deskriptif di Desa Karang Rejo Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran, Kampung Suka Jawa Kecamatan Bumi Ratu Kabupaten Lampung Tengah dan Desa Sidoasri Kecamatan Candi Puro Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung). Jurnal Bina Praja: Journal of Home Affairs Governance, 5(4), 281-299.

Laura Hardilawati, W. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, 10(1), 89-98.

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. JURNAL LENTERA BISNIS, 9(2), 109-120.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.