Inovasi Kemasan Sebagai Sarana Meningkatkan Brand Image Produk Mie Soun Desa Manjung, Klaten

Arinta Kusumawardhani, Irsyadul Ibad, Chairul Huda Atma Dirgatama, Is Hadri Utomo, Retno Suryawati

Abstract

Industri mie soun di Desa Manjung telah berdiri lebih dari 50 tahun dan menjadi pekerjaan turun-temurun yang dilakukan oleh warga. Mie soun banyak digunakan masyarakat untuk menjadi bahan baku atau bahan pendamping dalam pembuatan kuliner soto dan bakso. Seiring dengan meningkatnya produk kompetitor, mie soun asal Desa Manjung tidak lagi sepopuler dahulu.  Generasi millenial di wilayah Klaten, tidak lagi mengetahui bahwa produk mie soun tersebut berasal dari Desa Manjung. Hal ini mengakibatkan hilangnya ‘ciri khas’ mie soun sebagai produk lokal Desa Manjung.  Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan brand image mie soun  dengan melakukan inovasi kemasan produk.  Manfaat dari inovasi kemasan tersebut adalah (1) Meningkatnya brand image mie soun dari Desa Manjung sebagai produk yang menarik, (2) Meningkatnya kemampuan produsen tentang packaging produk. Metode pelaksanaan pengabdian yaitu dengan pelatihan branding produk, pelatihan pembuatan logo dan merk produk, pelatihan pembuatan desain kemasan, serta pendampingan branding produk berbasis kearifan lokalSelanjutnya, pendampingan akan dilakukan dengan cara pengemasan dan pemasaran produk. Kegiatan dilakukan pada bulan mei – agustus 2021 dengan jumlah peserta 20 produsen mie soun dari Desa Manjung.

The vermicelli soun noodle industry in Manjung Village has existed for more than 50 years and has been a hereditary work carried out by residents. Vermicelli noodles are widely used by the community as a raw material or accompanying ingredient in making culinary soup and meatballs.With the increasing number of competitor products, vermicelli noodles originating from Manjung Village are no longer as popular as before.. The millennial generation in the Klaten area no longer knows that the vermicelli noodle product originates from Manjung Village. This resulted in the loss of the 'characteristic' of soun noodles as a local product of Manjung Village. The purpose of this activity is to improve the brand image of soun noodles by innovating product packaging. The benefits of this packaging innovation are (1) Increasing the brand image of soun noodles from Manjung Village as an attractive product, (2) Increasing the ability of producers regarding product packaging. The method of theses community service activities are product branding training, logo and product branding training, packaging design training, and product branding assistance based on local wisdom. Furthermore, assistance will be carried out in the way of product packaging and marketing. Training activities are carried out in May - August 2021 with 20 participants from the soun noodle producer from Manjung Village.

Full Text:

PDF

References

Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Sosio e-Kons, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2223

Azzahra, A. (2020, Juni 8). Pengertian Evaluasi: Jenis, Tujuan, Fungsi, Metode, Hingga Contohnya. Ngelmu.co. https://www.ngelmu.co/pengertian-evaluasi/

Bisjoe, A. R. H. (2018). Menjaring Data dan Informasi Penelitian Melalui FGD (Focus Group Discussion): Belajar dari Praktik Lapang. Buletin Eboni, 15(1), Article 1. https://doi.org/10.20886/buleboni.2018.v15.pp17-27

DHAMERIA, V., Ferdinand, A. T., & MUDIANTONO, M. (2014). ANALISIS PENGARUH KEUNIKAN DESAIN KEMASAN PRODUK, KONDUSIVITAS STORE ENVIRONMENT, KUALITAS DISPLAY PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IMPULSIF (Studi pada Pasaraya Sri Ratu Pemuda Semarang) [Masters, Diponegoro University]. http://eprints.undip.ac.id/48545/

Dinas Perindustrian dan Perdagangan. (t.t.). Peraturan Pemerintah No. 69 Thn 1999 Tentang Label dan Iklan Pangan. Diambil 29 Desember 2022, dari http://disperindag.sumbarprov.go.id/details/news/4699

Ermawati, E. (2019). PENDAMPINGAN PERANAN DAN FUNGSI KEMASAN PRODUK DALAM DUNIA PEMASARAN DESA YOSOWILANGUN LOR. Empowerment Society, 2(2), 15–22. https://doi.org/10.30741/eps.v2i2.459

Fahmi, S., Wahab, B. A., & Munardy, --. (2021). ANALISIS RENCANA ANGGARAN BIAYA DAN METODE PELAKSANAAN PADA PROYEK PENINGKATAN JALAN PONDOK BARU SAMAR KILANG KABUPATEN BENER MERIAH. Jurnal Sipil Sains Terapan, 4(01). http://e-jurnal.pnl.ac.id/JSST/article/view/2385

Kusumasari, A. D., & Supriono, S. (2017). PENGARUH DESAIN KEMASAN PRODUK DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP BRAND AWARENESS SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN WARDAH EXCLUSIVE MATTE LIP CREAM (Survei Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 49(2), Article 2.

Mufreni, A. N. (2016). PENGARUH DESAIN PRODUK, BENTUK KEMASAN DAN BAHAN KEMASAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (STUDI KASUS TEH HIJAU SERBUK TOCHA). Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.37058/jem.v2i2.313

Ng, M., Chaya, C., & Hort, J. (2013). The influence of sensory and packaging cues on both liking and emotional, abstract and functional conceptualisations. Food Quality and Preference, 29, 146–156. https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2013.03.006

O.Nyumba, T., Wilson, K., Derrick, C. J., & Mukherjee, N. (2018). The use of focus group discussion methodology: Insights from two decades of application in conservation. Methods in Ecology and Evolution, 9(1), 20–32. https://doi.org/10.1111/2041-210X.12860


Prayogo, M. S., Natadjaja, L., & Malkisedek, M. H. (2017). PERANCANGAN LOGO DAN KEMASAN EDISI SPESIAL UNTUK KELKENTH CAKE DI MANADO.

Raditya, D. (2022, Februari 14). Participatory Rural Appraisal. Creative HUB Fisipol UGM. https://chub.fisipol.ugm.ac.id/2022/02/14/participatory-rural-appraisal/

Rahastine, M. P. (2018). Analisa Makna Desain Kemasan Pada Produk Teh Di Indonesia. 9.

Rahmadhani, E., & Na’imah, L. M. (2022). PENGARUH DESAIN PRODUK TERHADAP MINAT PEMBELI MINUMAN TEH POCI. JIMBIEN : JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN, BISNIS, ENTREPRENEURSHIP, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.36563/jimbien.v1i1.483

Resmi, N., & Wismiarsi, T. (2015). PENGARUH KEMASAN DAN HARGA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN ISOTONIK. 13(1).

Suhardi, D. (2019). OPTIMALISASI KETERAMPILAN PEMBUATAN KEMASAN UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK PADA UKM PEMBUAT TAPE DI DESA CIBEUREUM, KABUPATEN KUNINGAN. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(02). https://doi.org/10.25134/empowerment.v2i02.2105

Tijssen, I., Zandstra, E. H., de Graaf, C., & Jager, G. (2017). Why a ‘light’ product package should not be light blue: Effects of package colour on perceived healthiness and attractiveness of sugar- and fat-reduced products. Food Quality and Preference, 59, 46–58. https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2017.01.019

Umar, R., Herman, H., Putra, I. J. D. E. P., & Andriawan, A. R. (2022). Pelatihan Tools Microsoft Word dan PowerPoint untuk Mempermudah Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa Manajemen Informatika Politama Surakarta. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.