Pendampingan Regulasi Emosi dalam Mengatasi Stress Akademik sebagai Usaha Peningkatan Kesehatan Mental Mahasiswa

Rini Setyowati, Afia Fitriani, Fadjri Kirana Anggarani, Aditya Nanda Priyatama, Nugraha Arif Karyanta, Arif Tri Setyanto

Abstract

Perubahan pola pembelajaran konvensional tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh (dalam jaringan) dan hybrid dapat berpotensi menjadi sumber stress akademik bagi mahasiswa. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan pendampingan regulasi emosi dalam mengatasi stres akademik pada mahasiswa.

Kegiatan pendampingan regulasi emosi ini dilakukan berpedoman pada modul pendampingan regulasi emosi dengan metode aktivitas komunikasi, konferensi, studi kasus, simulasi dan games, sharing, tayangan video, dan berlatih relaksasi yang kepada 16 peserta yang yang mengalami stres akademik.

Acara berjalan selama 240 menit dengan lancar dan penuh dengan partisipasi aktif dari para peserta yang hadir. Pengabdian ini mengimplementasikannya disesuaikan dengan permasalahan yang sedang dialami mahasiswa saat ini, yaitu stres akademik yang diakibatkan oleh perubahan pola pembelajaran.

Pendampingan regulasi emosi ini dapat dikatakan telah membantu peserta dalam mengembangkan kemampuan regulasi emosi sehingga bermanfaat dalam menangani stres akademik dan meningkatkan kesehatan mental dengan didasarkan dari data pengalaman, worksheet, simulasi yang didapatkan dari peserta dan hasil evaluasi yang telah diisi oleh peserta.

Full Text:

PDF

References

Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 6(2), 139–150. https://doi.org/10.24014/jp.v14i2.9221 Aryansah, J. E., & Sari, S. P. (2021). Analisis Peran Regulasi Emosi Mahasiswa terhadap Kebijakan School From Home Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 6(1), 8–14. www.kemendikbud.go.id,Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148. https://doi.org/10.29210/119800 Compare, A., Zarbo,C., Shonin,E., Gordon,W.V.,&Marconi,C. (2014). Emotional Regulation and Depression: A Potential Mediator between Heart and Mind. Hindawi Publishing Corporation Cardiovascular Psychiatry and Neurology Volume 2014, Article ID 324374. Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Remaja Roskadaya. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Surat Edaran No 6 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2022). Surat Edaran No 1 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Perguruan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Gadzella, B. M., & Masten, W. G. (2005). An Analysis Of The Categories In The Student-Life Stress Inventory. In AMERICAN JOURNAL OF PSYCHOLOGICAL RESEARCH (Vol. 1, Issue 1).Gao, Jie dan Kerstetter, Deborah L. (2018). From Sad to Happy to Happier: Emotion Regulation Strategies Used During a Vacation. Annals of Tourism Research, Vol. 69, 1-14. Gross, J. J. (2014). Handbook of Emotion Regulation, Second Edition. www.guilford.com/p/gross Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres Akademik Mahasiswa dalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid 19. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 10(1), 31–39. https://doi.org/10.30872/psikostudia Piryaei, Mohebbi, M., Ashkzari, K. & Ashkezari, K. (2017). Academic stress and emotionregulation in the Iranian femalestudents with high and low academicperformanceS. Available from: https://www.researchgate.net/publication/318062492_Academic_Stress_and_Emotion_Regulation_in_the_Iranian_Female_Students_with_High_and_Low_Academic_Performance [accessed Jan 21 2022]. Puspita, N. A. E., Fasiha, L., & Rahyuni, R. (2021, July 2). Saluransebelas.com . Saluransebelas.Com . Puspitorini, F. (2020). Strategi Pebelajaran di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19. In Edisi Khusus (Issue 1). http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JKI Wade, C.,Travis, C. & Maryanne, G. (2016). Psikologi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.