Pelatihan Pemanfaatan Microsoft Teams sebagai Alternatif Media Pembelajaran Daring di Universitas Sebelas Maret Surakarta
Abstract
Microsoft Office lebih dikenal sebagai aplikasi desktop perkantoran. Seiring dengan perkembangan teknologi, Microsoft Office bertranformasi menjadi aplikasi yang dapat dimanfaatkan secara luas, dapat dipakai dimana saja, kapan saja, dengan media apa saja secara online. Banyak fitur-fitur baru yang dapat dimanfaatkan oleh semua kalangan termasuk dunia Pendidikan. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan dalam dunia Pendidikan adalah Microsoft Teams. Microsoft teams dapat menjadi salah satu platform pembelajaran yang memungkinkan pendidik dan peserta didik berkolaborasi maupun berinteraksi pada saat pembelajaran daring. UNS telah melakukan kerjasama dengan Microsoft Indonesia dan sudah melakukan deploy pemanfaatan office 365. Kurangnya sosialisasi dan dukungan teknis menyebabkan pemanfaatannya belum maksimal. Untuk dapat memanfaatkan aplikasi Microsoft Teams sebagai media pembelajaran daring diperlukan pelatihan. Tujuan pelatihan adalah untuk meningkatakan kompetensi dan literasi digital pemangku pembelajaran. Pelatihan diadakan secara luring selama 3 hari berturut-turut. Sasaran peserta pelatihan adalah 30 orang dosen pengampu matakuliah. Peserta pelatihan memberikan respon yang positif terhadap kegiatan ini. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan peserta selama pelatihan berlangsung. Mereka merasa pelatihan ini sangat berguna bagi peningkatan kompetensi dan literasi pemanfaatan teknologi digital sebagai alternatif aplikasi pembelajaran daring.
Kata kunci: Microsoft Teams; Office 365; LMS.
Full Text:
PDFReferences
Cahyanto, B., Maghfirah, M., & Hamidah, N., 2021. Implementasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2620
Data aktivitas digital di Insights. (n.d.). Retrieved October 8, 2022, from https://support.microsoft.com/id-id/topic/data-aktivitas-digital-di-insights-66c0b71e-6a4f-4215-a63c-9672cfaee5a8
Free Microsoft Office 365 for Schools & Students | Microsoft Education. (n.d.). Retrieved September 24, 2022, from https://www.microsoft.com/en-ph/education/products/office
Hartini, U. P., 2021. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Mwlalui Metode Demonstrasi Kelas VIII Di MTs Miftahussalam. Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Agama Islam Dan Humaniora, 2(02).
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (n.d.). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi.
Kurniawan, H., & Joe, S., 2022. Pelatihan Penggunaan Microsoft Teams pada Mahasiswa Baru. In Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 5, Issue 1). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
Muruganantham, G., 2015. Developing of E-content pcakge by using ADDIE Model. International Journal of Applied Research, 1(3), 52–54. www.allresearchjournal.com
Ngadimin, N., Sakroni, S., & Wahyuningsih, D., 2022. Development of Tutorial Learning Media of UNS Web-Based Online Learning System (SPADA). Teknodika, 20(1), 1–10. https://jurnal.uns.ac.id/Teknodika/article/view/56187
Nugroho, W., 2021. Kepuasan Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Menggunakan Microsoft Teams Dan Video Youtube Pada Materi Program Linier Student Satisfaction To Online Learning Using Microsoft Teams And Youtube Videos On Linear Program Materials. In The Original Research of Mathematics) (Vol. 5, Issue 2).
Purba, F. J., 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Demonstrasi. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 6(3). https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i3.11115
Sakroni; Ngadimin., 2022. Panduan Praktis Membangun Kelas Digital dengan Microsoft Teams (Mipa Tiyasmala, Ed.; Cetakan Pertama, Vol. 1). Yuma Pustaka.
Sakroni, S., Ngadimin, N., & Wahyuningsih, D., 2022. Utilization of Microsoft Teams as an Online Learning Media at Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Teknodika, 20(2), 170–179. https://jurnal.uns.ac.id/Teknodika/article/view/65210
Sakroni, S., & Siswanto, S., 2021. Using Microsoft Quiz and Mobile Exam Applications to Improve Teacher Competence in Online Learning in the New Normal Era. Teknodika, 19(1), 59–70. https://doi.org/10.20961/TEKNODIKA.V19I1.46303
Situmorang, A. S., 2020. Microsoft Teams For Education Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Meningkatkan Minat Belajar. Sepren, 2(1), 30–30. https://doi.org/10.36655/SEPREN.V2I1.351
Suana, I. N., 2020. Pelaksanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dibantu Metode Presentasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Siswa. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 10(2). https://doi.org/10.36733/jsp.v10i2.1087
Suhandiah, S., Sudarmaningtyas, P., & Ayuningtyas, A., 2019. Pelatihan E-Learning Bagi Guru Untuk Optimalisasi Pembelajaran Generasi Z. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108–117. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.3470
Teams and Channels in Microsoft Teams. (n.d.). Retrieved October 8, 2022, from https://support.microsoft.com/en-us/office/teams-and-channels-in-microsoft-teams-c6d0e61d-a61e-44a6-a972-04f2a8fa4155
Yuniarti, F., Rakhmawati, D., & Harsani, D. C., 2021. Sosialisasi Penggunaan Microsoft Teams Sebagai Media Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring). Jurnal Warta Desa (JWD), 3(3), 223–229. https://doi.org/10.29303/jwd.v3i3.167
Yusnawati Kartini., 2021. Penggunaan Aaplikasi Teams dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 328–341.
Refbacks
- There are currently no refbacks.