Pembelajaran IPA menggunakan FUNEX (Fun Sains Experiment) di SDN 01 Karakan Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo

Ida Nugroho Saputro, Annafi Nur Faisa Hapsari, Ardhea Nur Syahfa, Galuh Retno Palupi, Hasna Madikha, Ikhsan Jodyastama, Nimas Dwi Astuti, Respati Arli Shigit i Wisanggen, Rismawati Ariesta Wulandari, Salma Miftahul Azizah,, Uswah Karimah Nur Khasanah

Abstract

Semua anak memerlukan pendidikan yang layak untuk perkembangan daya pikir. Untuk meningkatkan daya berpikir, maka siswa memerlukan pembelajaran yang menarik. Dalam pembelajaran menumbuhkankan antusias dan semangat belajar sehingga meningkatkan pemahaman terhadap materi yang diajarkan. Kegiatan pembelajaran dilakukan di SDN 01 Karakan Weru Sukoharjo. Pembelajaran disekolah ini mempunyai keterbatasan pada sarana prasarana dan kinerja pendidik yang kurang optimal. Sehingga perlu dilakukan inovasi pembelajaran agar siswa mudah dalam memahami materi mata pelajaran IPA. Dalam hal ini diterapkan pelaksanaan program kerja Fun Sains Experiment (FUNEX) dengan melakukan eksperimen sains yang menyenangkan. Pada kegiatan ini menggunakan metode observasi dan wawancara untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan pemahaman siswa. Program FUNEX dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dengan agenda eksperimen air anti gravitasi dan roket cuka. Pada pembelajaran ini meningkatkan antusias dan semangat belajar pada siswa untuk mata pelajaran IPA. Pembelajaran ini melibatkan siswa secara langsung melakukan eksperimen untuk melihat kejadian-kejadian yang berkaitan dengan sains. Siswa dapat memahami dengan mudah tentang konsep pelajaran IPA yang diajarkan oleh guru.

 

Kata kunci: pembelajaran; FUNEX; memahami; sains .

Full Text:

PDF

References

Amita, P., & Prasasti, T., 2017. EFEKTIVITAS SCIENTIFIC APPROACH WITH GUIDED EXPERIMENT PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SEKOLAH DASAR. Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 19–26. Https://Doi.Org/10.23917/PPD.V1I1.3623

Asrial, A., Guru Sekolah Dasar, P., Syahrial, S., Agus Kurniawan, D., & Septiasari, R. (2019). Hubungan Kompetensi Pedagogik Dengan Kompetensi IPA Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(2), 149–156. Https://Doi.Org/10.21070/Pedagogia.V8i2.1872

Hendawati, Y., & Kurniati, C., 2017. PENERAPAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS V PADA MATERI GAYA DAN PEMANFATANNYA. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 13(1). Https://Doi.Org/10.17509/MD.V13I1.7689

Indra Kurniawan, M., 2015. Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 41–49. Https://Doi.Org/10.21070/Pedagogia.V4i1.71

Johan, R., & Harlan, J., 2014. EDUCATION NOWADAYS. International Jounal Of Educational Science And Research (IJESR).

Juita, R., 2019. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Kota Mukomuko. IJIS Edu : Indonesian Journal Of Integrated Science Education, 1(1), 43–50. Https://Doi.Org/10.29300/IJISEDU.V1I1.1404

Maisaro, A., Wiyono, B. B., & Arifin, I., 2018. MANAJEMEN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 302–312. Https://Doi.Org/10.17977/UM027V1I32018P302

Mukhbitah, I., Mulyasari, E., & Robandi, B., 2019. PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 312–321. Https://Doi.Org/10.17509/JPGSD.V4I2.20561

Ngurah, D., & Laksana, L., 2016. MISKONSEPSI DALAM MATERI IPA SEKOLAH DASAR. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 166–175. Https://Doi.Org/10.23887/JPI-UNDIKSHA.V5I2.8588

Rachmanita, R. E., & Ulma, Z., 2022. Online Fun Physics Experiments Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Yayasan Mutiara Bunda Jember. Journal Of Community Development, 3(1), 33–41. Https://Doi.Org/10.47134/COMDEV.V3I1.67

Rahmah, S., Yuliati, L., & Irawan, E. B., 2017. PENGUASAAN KONSEP IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. -, 3(1). Https://Rumahjurnal.Net/Index.Php/PS2DMP/Article/View/207

Roestiyah, N. K., 2008. Setrategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Somantri, A., Djumhana, N., & Hendriani, A., 2018. PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 22–29. Https://Doi.Org/10.17509/JPGSD.V3I2.14065

Suryana, S., 2020. PERMASALAHAN MUTU PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF PEMBANGUNAN PENDIDIKAN. Edukasi, 14(1). Https://Doi.Org/10.15294/EDUKASI.V14I1.971

Vito, B., & Krisnani, H., 2015. KESENJANGAN PENDIDIKAN DESA DAN KOTA. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). Https://Doi.Org/10.24198/JPPM.V2I2.13533

Wahyuni, W. R., 2021. Penguatan Karakter Dalam Fun Learning Based On Adventure And Experiment Games SDN Banjarejo 2. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 493–498. Https://Proceeding.Unpkediri.Ac.Id/Index.Php/Semdikjar/Article/View/1592

Wirdawati, W., 2017. Penerapan Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SDN 1 Rio Mukti. Jurnal Kreatif Online, 5(1). Http://Jurnal.Untad.Ac.Id/Jurnal/Index.Php/JKTO/Article/View/12250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.