Pelatihan Pembuatan Sushi Sebagai Salah Satu Ide Untuk Berwirausaha

Dwi Prasetyani, Alma Evangelista Mahendrastiti

Abstract

Seiring dengan adanya pandemi COVID-19, tingkat pengangguran terbuka semakin meningkat dikarenakan banyak perusahaan yang merumahkan para pekerjanya. Maka dari itu, permasalahan pengangguran menjadi polemik yang perlu untuk dicarikan solusi yang tepat. Dalam menanggulangi hal ini merupakan tanggung jawab bersama, kontribusi yang dapat dilakukan bersama adalah dengan membuka lapangan kerja atau dapat dikatakan menjadi wirausaha. Oleh karena itu, guna memberikan daya kekuatan pada masyarakat daerah sekitar Kabupaten Boyolali agar dapat mandiri dengan potensi yang dimiliki, maka diadakannya pelatihan pembuatan sushi. Sushi dipilih dikarenakan makanan yang popular di kalangan masyarakat meskipun berasal dari Jepang, bahan-bahan nya pun mudah untuk didapatkan, merupakan makanan yang kaya akan protein, serta merupakan makanan yang diolah dengan kreativitas, sehingga masyarakat dapat berkreasi sekreatif mungkin. Maka, dengan pelatihan pembuatan sushi diharapkan juga menjadi salah satu terwujudnya ekonomi kreatif dengan menjadi wirausaha. Kegiatan ini dilakukan dengan metode demo memasak dan praktik langsung yang dilakukan oleh peserta yang mayoritas adalah para ibu rumah tangga. Dengan metode ini, para peserta sangat antusiasn dan dapat memahami dengan mudah tahapan demi tahapan proses pembuatan sushi. Dari hasil kegiatan ini, para beserta berhasil dalam membuat dua macam sushi yaitu makizushi dan oshizushi.

 

Kata kunci : pengangguran; pelatihan; sushi; wirausaha

Full Text:

PDF

References

Anis, S. (2017). Review Literatur: Sushi dalam Perspektif Kesehatan Masyarakat Veteriner, Sosial, Budaya dan Ekonomi . Diagnosa Veteriner, 16(3).

Badan Pusat Statistik. (2018). Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik. (2020). Badan Pusat Statistik. In Badan Pusat Statistik.

Baeti, N. (2013). Pengaruh Pengangguran, Pertumbuhan Ekonomi, dan Pengeluaran Pemerintah terhadap Pembangunan Manusia Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2007-2011. Economics Development Analysis Journal, 2(3).

Frinces, Z. H. (2010). Pentingnya Profesi Wirausaha di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan , 7(1).

Goff, J. (1998). The Kodansha Bilingual Encyclopedia of Japan.

Hasanah, L. L. N. (2015). Pengembangan wirausaha muda ekonomi kreatif berbasis budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Studi Pemuda, 4(2), 268-280.

Indonesia Investments. (2018). Pengangguran di Indonesia. Indonesia Investments. https://www.indonesia-investments.com/id/keuangan/angka-ekonomi-makro/pengangguran/item255

Listyaningsih, Ainie, I., & Windhasari, F. (2018). Pelatihan “Sushi, Onigiri, dan Takoyaki” bagi UMKM Kecamatan Rungkut, Surabaya. Seminar Internasional (EKCLL) 6th Enrichment of Career by Knowledge of Language and Literature.

Maisaroh, S., & Sukhemi. (2011). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Budaya Kewirausahaan Untuk Mengurangi Pengangguran dan Kemiskinan. Jejak: Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan, 4(10).

Niode, I. Y. (2007). Peran Wirausaha sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Masalah Pengangguran. Jurnal INOVASI, 4(1).

Noviana, F., Trahutami, S. I., ANR, E. I. H., & Rosliana, L. Pelatihan Membuat Sushi Sebagai Salah Satu Upaya Mencetak Wirausahawan. Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 12-17.

Prameswari, G. N., Kurnia, A. R., & Susilo, M. T. (2019). Peningkatan Pengetahuan Ibu melalui Penyuluhan dan Pelatihan Pembuatan Makanan Olahan Ikan. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 3(3), 469-478.

Rahayu, D. T., Sukdiah, D., & Mantika, B. A. (2019). Variasi Olahan Ikan Lele “Sushi Roll Lele” Untuk Balita Gizi Buruk Dan Gizi Kurang Di Desa Bringin Kecamatan Badas Kabupaten Kediri Tahun 2019. In Prosiding (SENIAS) Seminar Pengabdian Masyarakat.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.