Pengembangan Strategi Branding, Pemasaran Online, Dan Peningkatan Kualitas Laporan Keuangan Pada Usaha Catering Dapoer Adiba

Nanik Ermawati Ermawati, Alfiyani Nur Hidayanti, Naila Rizki Salisa

Abstract

Dampak pandemi Covid-19 terhadap perekonomian sangatlah besar termasuk diantaranya pada usaha bisnis catering. Permintaan jasa catering yang menurun mengharuskan pelaku usaha untuk dapat memutar otak agar bisnis yang dijalankan dapat tetap bertahan pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Pemasaran secara online lebih  prospektif karena memungkinkan para calon pelanggan dan pengguna jasa catering memperoleh informasi lebih cepat mengenai produk dan jasa yang diberikan. Selain pemasaran secara online, strategi branding juga sangat diperlukan para pelaku UMKM. Strategi branding dan pemasaran online memudahkan para pelaku UMKM sekaligus konsumen dalam melakukan penjualan online. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pendampingan pelatihan pemasaran online dan juga cara melakukan strategi branding pada usaha catering Dapoer Adiba yang terletak di Kota Jepara. Selain itu pelaku usaha juga diberikan keterampilan membuat laporan keuangan berbasis sistem sederhana dengan menggunakan Microsoft Excel agar keuangan usaha dapat terkontrol secara sistematis dan terpercaya. Setelah melakukan pengabdian ini diharapkan pelaku usaha catering Dapoer Adiba dapat tetap meningkatkan penjualan dan semakin maju dalam menjalankan usaha bisnisnya.

Full Text:

PDF

References

Alexandra, R. (2014). Innovative Marketing for SMEs Using Social Media. Management Intercultural, XVI(3), 332.

Arbawa, D. L., & Wardoyo, P. (2018). Keunggulan Bersaing : Berpengaruh Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Umkm Makanan Dan Minuman Di Kabupaten Kendal). Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 56. https://doi.org/10.26623/jreb.v11i1.1077

Edris, M., Handoyo, A. S., & Lusianti, D. (2017). Kinerja UMKM Tenant Inkubator Bisnis Universitas Muria Kudus Berdasarkan E-Marketing. Prosiding SNATIF Ke-4 Tahun 2017, 4(July), 153–160.

Ningtiyas, J. D. A. (2017). Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK-EMKM) (Study Kasus Di UMKM Bintang Malam Pekalongan). Riset & Jurnal Akuntansi, 2(1), 11–17.

Setiawati, I., & Widyartati, P. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba Umkm. Seminar Nasional Dan Call for Paper Pascasarjana (S2) STIE Dharmaputra Semarang, 20, 1–5. file:///C:/Users/BAYU/Downloads/Documents/263-760-1-PB.pdf

Triyaningsih, S. (2012). Strategi Pemasaran Usaha Kecil Dan Menengah. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 12(1), 37–46.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.