Aplikasi Lampu Solar Cell Untuk Penerangan Sebagai Inisiasi Pemberdayaan Masyarakat Di Kebakalan Karanggayam Kebumen

Syamsul Hadi, Okid Parama Astirin, Ari Prasetyo

Abstract

Desa Kebakalan adalah salah satu daerah di Kabupaten Kebumen secara geografis terletak di daerah perbukitan. Desa ini memerlukan perhatian khusus dalam peningkatan sarana dan prasarana, terutama adalah untuk penerangan jalan umum (PJU) dan ruang publik, dikarenakan minimnya penerangan jalan umum karena masih ada sebagian wilayah yang belum dilalui oleh jaringan listrik. Ketidaktersediaan jaringan listrik ini memberikan ekses negatif dimana menurut sumber data dari TKP2KDes tahun 2020 jumlah keluarga yang tergolong miskin mencapai 526 atau sekitar 45 % yang tersebar di 3 Rukun Warga (RW). Harapan lainnya lampu PJU juga akan memberikan kenyamanan dan keselamatan warga, menghidupkan kegiatan ekonomi dan menghindari timbulnya kriminalitas jalanan sesudah hari gelap. Program pengabdian masyarakat melalui Program Teknologi yang Didesimasikan ke Masyarakat (PTDM) dilakukan untuk menjadi inisiasi program pemberdayaan masyarakat selanjutnya dilakukan melalui proses survey kebutuhan masyarakat, survey lapangan dan pasar, diskusi dengan mitra, pelaksanaan, evaluasi serta diskusi keberlanjutan program. Dari hasil kegiatan pengabdian telah berhasil diperoleh model lampu penerangan jalan umum yang sesuai dengan kebutuhan warga, sudah diperoleh desain tiang lampu yang sesuai dengan identitas desa, sudah terpasang sebanyak 20 titik lampu yang tersebar di semua RW yang membutuhkan dan sudah diperoleh data untuk pengajuan dan program pengabdian selanjutnya. Kepala Desa Kebakalan telah berkomitmen dan akan terus melakukan pembangunan sarana dan prasarana untuk meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat.

 

Kata kunci: lampu; sel surya; jalan umum; kebakalan; ekonomi

Full Text:

PDF

References

Anhar, W., Akbar, S., Basri, Laksito, A., dan Huda, N. (2019). Penerapan Lampu Penerangan Jalan Umum Berbasis Solar System Di RT 50 Kelurahan Sepinggan Kota Balikpapan, Kacanegara Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(2), 67-74.

Anhar, W., Basri, Amin, M., Randis, dan Sulistyo, T., (2018). Perhitungan Lampu Penerangan Jalan Berbasis Solar System, Jurnal Sains Terapan, 4(1), 33-36.

Ardiyanto, Y., Chamim, A. N. N., dan Wiyagi, R. O., (2021). Implementasi Penerangan Jalan Umum Berbasis Sel Surya Sebagai Media Pembelajaran Dan Promosi, Prosiding Semnas Ppm 2020: Inovasi Teknologi dan Pengembangan Teknologi Informasi dalam Pemberdayaan Masyarakat Pasca Covid-19, 867-873.

Aribowo, U., (2017). Instalasi Penerangan Lampu Jalan Dan Perbaikan Lampu Jalan, Penyuluhan Kwh Meter Prabayar Dusun Candisari, Desa Wukirharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Provinsi Yogyakarta, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Arrizqiyani, T., dan Murlina, L., (2016). Identifikasi bakteri Escherichia coli pada cincau hitam yang dijual di pasar Cikurubuk Tasikmalaya, Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada, 16 (1), 188-196.

Azzahra, S., Samsurizal, Christiono, Fikri, M., Luthfiansyah, M., dan Malik, A., (2020). Pemasangan Lampu Jalan dan Pembangunan Pembangkit Listrik Berbasis Solar Cell Sebagai Prototype Pembelajaran Energi Terbarukan Di MA Al-Khairiyah Rancara, Terang: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Menerangi Negeri, 3(1), 100–105.

Buhaerah, P., (2018) Pengaruh Konsumsi Listrik Dan Industrialisasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, 26 (2), 94-103.

Busaeri, N., Sutisna, dan Hiron, N., (2018). IbP. Penerangan Sarana Umum (PSU) Berbasis Tenega Surya Dan Penyuluhan Instalasi Listrik Residensial Pada Pesantren, Jurnal Pengabdian Siliwangi, 4(1), 38-42.

Cahyono, Y., Dwihapsari, Y., Baqiya, M. A., Sukamto, H., Arifin, Z., Asrori, M. Z., Purwaningsih, S. Y., Subagyo,

B. A., Zainuri, M., Purwanto, A., Pratapa, S., Suasmoro, dan Darminto, (2021). Empowering Gili Ketapang Island Dissemination of Environmentally Friendly Photovoltaic Technology to the Young Generation, Indonesian Journal of Community Engagement, 7(2), 79 –85.

Damayanti, T. N. , Safitri, I., dan Maulida, R. G., (2021). Pemanfaatan Energi Terbarukan Untuk Penerangan Jalan Umum Kampung Padamukti Pangalengan Kabupaten Bandung, JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 257-269.

Fatkhurrozi, B., Nawawi, I., dan Saputra, T. J., (2019). Pemasangan Lampu Penerangan Jalan Berbasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (Plts Di Dusun Gentan Desa Purwosari Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang, Civitas Ministerium, 3(1), 37-47.

Hardani, D. N. K., Kurniawan, I. H, dan Winarso, (2019). Wisata Edukasi Berbasis Energi Terbarukan Sel Surya, Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 245-252.

Joewono, A., Sitepu, R., Angka, P. R., (2019). Rancang Bangun Sistem Lampu Penerangan Jalan Umum Terintegrasi Dengan Battery Lithium, Jurnal Elektro, 1(12), 33-42.

Liman, J., Djohan, N, Harsono, B., Karnadi, I., dan Tanra, I., (2020). Perbaikan, Pemeliharaan Dan Perawatan Pembangkit Listrik Sistem Hybrid Di Kawasan Desa Picung, Kabupaten Bogor, Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik (JPMT), 2 (2), 53-58.

Mansur, (2015). Analisis Kelistrikan Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) Kawasan Perkantoran Kabupaten Konawe Selatan, Dinamika Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 7 (1), 33-40.

Mareta, N. dan Hidayat, E., (2016). Hubungan Kondisi Geologi Lingkungan dan Lapisan Pembawa Airtanah Daerah Kebakalan dan Sekitarnya, Kebumen - Jawa Tengah, Natural B, 3(4), 277-285.

Mareta, N., Lubis, R. F., dan Yoseph, B. C. S. S. S. A., M., dan Hadian, S. D., (2021). Hydrogeological identification of theWelaranWatershed Karangsambung Based On Descriptive‐Qualitative Method, RGP Indonesian Journal of Geology and Mining, 31 (1), 27‐40

Montreano, D., Cholis, N., Sudjasta, B., dan Fahrudin, (2020). Pelatihan Pembuatan Penerangan Jalan Sederhana Berbahan Led Di Cibadak Sukabumi Jawa Barat, Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik (JPMT), 2(2), 59- 64.

Oktamia, S., (2018). Analisa Pemasangan Penerangan Jalan Umum Di Kota Klaten, Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta

Pamungkas, D., Fikri, I. Z. dan Herawan, T. H., (2017). Analisis Fasies Sekuen Stratigrafi Untuk Menentukan Lingkungan Pengendapan Dari Formasi Penosogan Zona Serayu Selatan Jawa Tengah, Proceeding, Seminar Nasional Kebumian Ke-10 Peran Penelitian Ilmu Kebumian Dalam Pembangunan Infrastruktur Di Indonesia, 912-920.

Periyadi, Hadayani, R., Agung, A. A. G., Yuniar, I., Soedarsono, D. K., dan Yusanto, F., (2019). Penerangan Jalan Umum Energi Mandiri Untuk Desa Taman Jaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi, Charity Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1-13.

Primawan, A. B., dan Iswanjono, (2019). Sistem Pompa Air Tenaga Surya Pemanfaatan Energi Surya Untuk Penyediaan Air Bersih Dusun Karang, Gunung Kidul, Abdimas Altruis Jurnal Pengadian Kepada Masyarakat , , 2(1), 38-43

Rosyadi, I., Nugraha, A. W. W., dan Setiawan, I., (2019). Alih Teknologi Penerapan Sistem Lampu Jalan Adaptif Tenaga Surya Pada Kawasan Pedesaan, Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers ”Pengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX, 263- 274

Subari, A., Yuniarto, Winarno, H., Tadeus, D. Y., dan Mangkusasmito, F., (2019). Subari, Pemasangan Instalasi Penerangan Jalan Umum Di Dusun Kebonsari, Desa Kebondalem, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, Jurnal Pengabdian Vokasi, 1 (2), 94-98.

Sumadi, Sulistiyanti, S. R., dan Setyawan, F. X. A., (2019). Pemanfaatan Lampu Tenaga Surya Sebagai Lampu Penerangan Jalan Di Pekon Kiluan Negeri Kabupaten Tanggamus, Sakai Sambayan - Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3 (3), 89-101.

Suryawiria, N. M., dan Raharjo, P. D., (2017). Analisis Morfologi Dalam Penentuan Arah Pergerakan Patahan (Studi Kasus Daerah Kebakalan Karanggayam Kebumen), Proceeding, Seminar Nasional Kebumian Ke-10peran Penelitian Ilmu Kebumian Dalam Pembangunan Infrastruktur Di Indonesia, 1956-1965

Waluyo, A., Nasrullah, H., dan Ediwidjojo, S. P., (2020). Pelatihan Penggunaan Apkikasi Microsoft Office (Word, Excel, Power point) 2010 Untuk Peningkatan Kemampuan SDM PEMDES Desa Kebakalan, Karanggayyam, Kebumen, Jurpikat (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1 (1), 21-28.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.