Pendampingan Pembuatan Karya Ilmiah dalam Rangka Peningkatan Profesionalitas Guru di SMK Negeri 1 Gantiwarno Klaten

Umi Salamah, Wiharto Wiharto, Esti Suryani, Nurcahya PT Prakisya

Abstract

Aturan kenaikan pangkat saat ini yang mensyaratkan adanya publikasi ilmiah banyak menjadi hambatan bagi para guru. Hal ini disebabkan karena guru mengalami kesulitan memulai menulis artikel yang disebabkan, antara lain kesulitan menentukan dan mengembangkan ide, kurangnya pemahaman tentang teknik penulisan, dan gagap teknologi. Akibatnya, guru kesulitan dalam menaikkan jabatan fungsionalnya. Untuk itulah dilakukan Pendampingan Pembuatan Karya Ilmiah bagi Guru SMK dalam Rangka Peningkatan Profesionalitas Guru di SMK Negeri 1 Gantiwarno Klaten. Metode pendampingan terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) survey dan studi analisis situasi, (2) introduksi sosialisasi kegiatan dan konsep umum pembuatan artikel ilmiah, (3) edukasi dan pendampingan penggunaan Zotero dan SPSS, (4) konsultasi dan pendampingan, dan (5) evaluasi. Dari pendampingan ini dihasilkan 70% dari peserta menghasilkan draft artikel ilmiah/PTK. Hasil kuisioner yang diberikan pada peserta menunjukkan dampak positif bagi guru untuk bisa membuat karya ilmiah, terbukti dengan peningkatan minat, prioritas, dan target dalam membuat karya ilmiah. Bisa disimpulkan bahwa tujuan dari pendampingan ini yaitu meningkatkan kompetensi guru dalam menulis artikel, publikasi ilmiah, dan pengolahan data hasil penelitian berhasil dilaksanakan dengan baik

Full Text:

PDF

References

Alam, S. (2015). Penulisan Artikel Ilmiah untuk Publikasi Ilmiah Melalui Jurnal. E-Buletin, 355–389. Darmalaksana, W. (2017). Panduan Publikasi Ilmiah : Perangkat Aplikasi, Standar Penulisan dan Etika Kepengarangan. Jurnal Riset Dan Inovasi, 2. Dihamri, D., Haimah, H., & Srifitriani, A. (2018). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Bagi Guru Sd Negeri Di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 2(1), 60. https://doi.org/10.35334/jpmb.v2i1.431 Haerazi, H., Irawan, L. A., Rahman, A., Jupri, J., & Warta, I. K. (2020). Publikasi Ilmiah untuk Akselerasi Kenaikan Pangkat Guru Bahasa Inggris SMP Negeri Se-Lombok Tengah. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 2(1), 33–39. https://doi.org/10.36312/sasambo.v2i1.191 Hendrik, M., & Martahayu, V. (2018). Pemahaman dan Partisipasi Guru Sekolah Dasar Dalam Menulis Karya Ilmiah. Society, 6(1), 30–41. https://doi.org/10.33019/society.v6i1.61 Marto, H. (2019). Kesulitan Guru Sekolah Dasar Dalam Menulis Karya Ilmiah Di Kabupaten Tolitoli. Bomba Jurnal Pembangunan Daerah, 1(2), 84–89. Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional Di Sma Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1), 11406. Prabawati, M., & Muslim, S. (2018). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Wilayah Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya Mega. Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM-Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, 2, 154–161. Putriani, M. R., Wahyuni, S., & Noviani, L. (2016). Analisis Kesulitan–Kesulitan yang Dialami Guru Ekonomi untuk Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 2(1), 1–17. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view/8781 Sukmana, N., & Nofrita. (2018). Pengembangan Karir Guru SD. EDUCARE Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(2), 31–34. Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2018). Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Artikel Jurnal Bagi Guru-Guru Ips Kabupaten Malang. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial, 1(1), 39–45. https://doi.org/10.17977/um032v0i0p40-47 Widoyoko, E. (2008a). Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Profesi Guru. Seminar Nasasional Peningkatan Kualitas Profesi Guru Melalui Penelitia Tindakan Kelas. Widoyoko, E. (2008b). Perananan Sertifikasi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Seminar Nasional Peningkatan Kualitas Profesi Guru Melalui PenelitianTindakan Kelas.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.