PENGENALAN SAINS SEJAK DINI MELALUI IT DAN ALAT PERAGA BAGI GURU PAUD DAN TK KECAMATAN POLOKARTO

Soeparmi Soeparmi, Mohtar Yunianto, Kusumandari Kusumandari

Abstract

Telah dilakukan upaya dalam rangka mengenalkan sains bagi anak usia dini melalui pelatihan yang diikuti oleh 46 Guru dari 23 sekolah PAUD dan TK se kecamatan Polokarto. Kegiatan dilaksanakan dalam 2 tahap, tahap 1 pengenalan sains berbasis IT yaitu mengenalkan aplikasi Augmented Reality AR Animal dan Planet AR,  tahap berikutnya pengenalan sains menggunakan alat peraga yaitu alat peraga kesetimbangan dan Angka digital. Sebelum dilakukan pelatihan sebagian besar belum dapat menimplementasikan IT dan alat peraga dalam mengenalkan sains ke anak didik, setelah  pelatihan dari hasil angket yang di sebarkan semua Guru dapat memanfaatkan media pembelajaran berbasis IT dan juga memahami dalam mengenalkan sains melalui alat peraga.

Full Text:

PDF

References

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance of Childhood Education for Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).

Uce, L. (2017). The golden age: Masa efektif merancang kualitas anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 77-92.

Rizal, M. (2014). Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan multi representasi terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep IPA siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains, 2(3), 159-165.

Narut, Y. F., & Supardi, K. (2019). Literasi sains peserta didik dalam pembelajaran IPA di indonesia. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 3(1), 61-69.

Laila, M., Rosnita, R., & Kaswari, K. Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Percobaan dalam Pembelajaran Sains (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).

Izzuddin, A. (2019). Sains dan Pembelajarannya pada Anak Usia Dini. BINTANG, 1(3), 353-365.

Mustika, Y., & Nurwidaningsih, L. (2018). Pengaruh Percobaan Sains Anak Usia Dini terhadap Perkembangan Kognitif Anak di TK Kartika Siwi Pusdikpal Kota Cimahi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 94-101.

Anwar, F., Kusumandari, K., Iriani, Y., & Yunianto, M. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Alat Peraga gagi Guru SD Muhammadiyah Di Sukoharjo Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.