INTRODUKSI TANAMAN TEH DAN APEL INDIA DI DESA WISATA SAMIRAN KECAMATAN SELO KABUPATEN BOYOLALI PROPINSI JAWA TENGAH

Jaka Suyana, Sukaya Sukaya

Abstract

Desa Wisata Samiran berada di Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali, mempunyai luas 663,329 ha dengan elevasi 1.400-2.550 m dpl, serta jenis tanah Andosol (lereng Merbabu) dan Regosol (lereng Merapi). Secara agroklimat cocok untuk pengembangan agrowisata  tanaman perkebunan (teh dan kopi Arabika), tanaman buah (tledung, apel, dan jeruk), tanaman hias, serta sayuran.  Kegiatan PKM (Program Kemitraan Masyarakat) ini bertujuan untuk introduksi tanaman Teh (Camellia Sinensis L.O. Kuntze) dan tanaman Apel India (Ziziphus Muritania) pada kelompok tani di Desa Wisata Samiran. Tanaman Teh Varietas Gambung-7 diintroduksikan sebagai  tanaman pagar (hedgerows) dikiri-kanan lorong jalan desa, sedangkan tanaman Apel India  sebagai tanaman buah di pekarangan petani. Mitra yang dipilih yaitu  Kelompok Tani Taruna Subur (Dukuh Samiran, Desa Samiran, Kec. Selo) dan Agrowisata Tretes Taman Tani (Dukuh Tretes, Desa Samiran, Kec. Selo). Metode yang digunakan meliputi : (a) penyuluhan dan sosialisasi program PKM; (b) pemberian bibit dan penanaman Teh sebagai tanaman pagar di lorong kiri-kanan jalan desa; (c) pemberian bibit dan penanaman Apel India sebagai tanaman buah di pekarangan rumah; serta (d) pemberian bibit Teh dan Apel India di Agrowisata Tretes Taman Tani. Seluruh anggota kelompok tani dilibatkan dari kegiatan penyuluhan, pemberian bibit, penyiapan lahan dan penanaman, serta perawatan tanaman. Target dari PKM ini untuk meningkatkan atensi akademisi Riset Grup Pengelolaan DAS dan Agroekosistem Fakultas Pertanian UNS, bersama kelompok tani  untuk ikut berpartisipasi di dalam pengembangan Desa Wisata Samiran yang lebih asri dan sejahtera.

Full Text:

PDF

References

Darmawijaya, M, Isa. 1990. Klasifikasi tanah : Dasar teori bagi peneliti tanah dan pelaksana pertanian di Indonesia. Balai Penelitian Teh dan Kina Gambung, Bandung. 278 p.

Hardjowigeno, S. 2003. Klasifikasi Tanah dan Pedogenesis. Edisi Revisi. Penerbit Akademika Pressindo. Jakarta. 354 p.

Nuryanti, W. 1993. Concept, Perspective and Challenges. In. Laporan Konferensi Internasional Pariwisata Budaya. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta. Hal. 2-3.

Suyana, J. 2020. Profil Desa Wisata Samiran di Lereng Merbabu-Merapi Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali Propinsi Jawa Tengah. Jurnal SEMAR Vol. 9 No. 1, hal. 27-35. ISSN: 2302-33937. Copyright LPPM UNS. Home page : https://jurnal.uns.ac.id/jurnal-semar.

Wahyudi, I. 2009. Strategi Bauran Pemasaran Dengan Penerapan Metode Proses Hierarki Analitik di Agrowisata Little Farmers Lembang, Bandung. Skripsi. Departemen Agribisnis, FEM. IPB. Bogor.

Wikipedia, 2020. Tanaman Teh. https://id.wikipedia.org/wiki/Teh

Wikipedia, 2020. Tanaman Apel India. https://id.wikipedia.org/wiki/ApelIndia

Refbacks

  • There are currently no refbacks.