Pengembangan Budidaya Tanaman Sayuran Secara Vertikultur dan Akuaponik Budikdamber (Budidaya Ikan dalam Ember) sebagai Solusi Usaha Pertanian di Lahan Terbatas

Kynthavi Paramitha Lakshitarsari, Muhammad Hafizh Romadhoni, Venty Suryanti

Abstract

Pandemi Covid-19 mempunyai pengaruh terhadap ekonomi warga masyarakat, terutama bagi warga yang hanya bergantung pada penghasilan harian. Salah satu cara untuk meringankan beban ekomoni warga akibat dampak pandemi Covid-19 adalah memberdayakan masyarakat untuk menerapkan konsep kawasan rumah pangan lestari agar mengoptimalkan lahan pekarangan. Kegiatan ini mengenalkan budidaya tanaman sayuran dan ikan dengan vertikultur dan akuaponik budikdamer (budidaya ikan dalam ember). Tujuannya adalah untuk membantu mewujudkan kemandirian pangan dan gizi keluarga serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena adanya peluang bisnis dari kegiatan budidaya tanaman sayuran dan ikan di pekarangan. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam beberapa tahapan, yaitu sosialisasi/penyuluhan, pelatihan dengan pendampingan perakitan instalasi vertikultur dan akuaponik budikdamer serta pendampingan pemeliharaan tanaman dan ikan. Kegiatan pengabdian ini mendapat respon yang positif dan antusiasme dari warga masyarakat. Masyarakat telah merasakan manfaat dari kegiatan ini baik dari segi ekonomi mapun estetika.

 

Kata kunci: akuaponik; budidaya ikan dalam ember; lahan terbatas; sayuran; vertikultur

Full Text:

PDF

References

Dwiratna, N.P.S., Widyasanti, A., dan Rahmah, D.M. (2016). Pemanfaatan Lahan Pekarangan dengan Menerapkan Konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari, Dharmakarya: Jurnal Ipteks untuk Masyarakat, 5(1), 19-22.

Febri, S.P., Alham, F., dan Afriani, A. (2019). Pelatihan BUDIKDAMBER (Budidaya Ikan Dalam Ember) di Desa Tanah Terban Kecamatan Karang Batu Kabupaten Aceh Tamiang. Proceeding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe. 3(1), C112-C117.

Handayani, L. (2018). Pemanfaatan Lahan Sempit Dengan Sistem Budidaya Aquaponik. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2018, 118-126.

Handayani M., Vikasari, C., dan Prasadi, O. (2020). Akuaponik sebagai Sistem Pemanfaatan Limbah Budidaya Ikan Lele di Desa Kalijaran. Jurnal Teknologi dan Rekayasa Manufaktur. 2(1), 41-49.

Khastini, R.O., dan Munandar, A. (2019). Pelatihan Teknologi Akuaponik Sebagai Solusi Pendukung Ketahanan Pangan Desa Babadsari, Kabupaten Padeglang, Banten, Jurnal Pengabdian Dinamika, 1(6), 40-50.

Kusmiati, A., dan Solikhah, U. (2015). Peningkatan Pendapatan Keluarga Melalui Pemanfaatan Pekarangan Rumah Dengan Menggunakan Teknik Vertikultur. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan. 4(2), 94-101.

Kusumo, R.A.B., Sukayat, Y., Heryanto, M.A., dan Wiyono, S.N. (2020). Budidaya Sayuran dengan Teknik Vertikultur untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan Rumah Tangga di Perkotaan, Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 9(2), 89-92

Manuhara, Y.S.W., Utami, E.S.W, dan Yachya, A. (2018). Pelatihan Budidaya Sayuran Organik Secara Aquaponik Melalui Kegiatan IPTEK Bagi Masyarakat Pada Peternak Lele di Desa Lebo Kabupaten Sidoarjo, Jurnal Layanan Masyarakat Universitas Airlangga, 2(1), 12-17.

Ningsih, G.M., Rasyid, H., dan Muhidin. (2016). IBM Budidaya Tanaman Sayuran Secara Vertikultur, Proseding Seminar Nasional dan Gelar Produk 2016, 334-339.

Nugroho, R.A, Pambudi, L.T., Chilmawati, S. dan Haditomo, A.H.C. (2012). Aplikasi Teknologi Aquaponic pada Budidaya Ikan Air Tawar untuk Optimalisasi Kapasitas Produksi, Jurnal Saintek Perikanan, 8(1), 46-51

Ramadhan, G.M. (2021). Pelatihan Pengembangan Sistem Aquaponik Budikdamer Untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan dan Kecerdasan Ekologis Masyarakat, Madaniya, 2(1), 51-59.

Pharmawati, M., Ciawi, Y., Wrasiati, L.P., dan Wijaya, I.M.A.S. (2019), Pelatihan Budidaya Sayuran Secara Hidro-Vertikultur Di Desa Datah Karangasem sebagai Kegiatan Mitigasi Bencana, Jurnal Udayana Mengabdi, 18(2), 8-12.

Setiawati, Madanih, R., dan Dita, A.A.R. (2019). Pelatihan Budidaya Bercocok Tanam dengan Sistem Vertikultur di Lahan Terbatas di Kelurahan Sawah Baru, Ciputat, Tangerang Selatan, Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1-7.

Sulistyo, M.A.B., Taufikkurrahman, Noeriati, D. (2016). Teknologi Akuaponik Untuk Memperkuat Ekonomi Warga RW 10 Kelurahan Bandung rejosari Kota Malang, Proseding Seminar Nasional dan Gelar Produk 2016, 99-109.

Yamali F.R., dan Putri R.N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2), 384-388.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.