Peran Digital Marketing dalam Mendongkrak Omset bagi UMKM Emping Mlinjo di Desa Pucangan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo

Bambang Harjito, Farah Mufidah, Laili Nur Afifah

Abstract

Kabupaten Sukoharjo terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini terdiri atas 12 kecamatan dan 167 desa/kelurahan. Kecamatan yang ada di Kabupaten Sukoharjo salah satunya ialah Kecamatan Kartasura. Kabupaten Sukoharjo sebagian masyarakatnya masih berprofesi sebagai petani. Banyak ditemukan pohon emping mlinjo di Kabupaten Sukoharjo menjadi salah satu sebab masyarakat memanfaatkan olahan emping mlinjo. Salah satu daerah yang melakukannya adalah Desa Pucangan. Desa Pucangan memiliki potensi industri kecil emping mlinjo yang cukup tinggi. Namun, dalam hal pemasaran penjualan dan pemberdayaan masyarakat di Desa Pucangan belum mengikuti perkembangan zaman. Tujuan workshop digital marketing ini adalah memberikan pengetahuan tentang pentingnya menerapkan strategi pemasaran digital, yang di desian khusus untuk meningkatkan omset penjualan. Metode Pelaksanaan dari kegiatan ini dimulai dari mengidentifikasi potensi desa, pelibatan masyarakat, hasil dan evaluasi kegiatan, dan pelaksanaan program kerja. Hasil dari kegiatan ini adalah Peserta telah memperoleh pengetahuan peran digital marketing terutama konsep dan strategi pemasaran online mulai dari packaging, foto produk, pemberikan identitas produk yang lengkap, dan pengembangan inovasi produk

Full Text:

PDF

References

Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, & Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. ABDIMAS 23 (2), 117-120.

Mulyani, W. (2020). EDUKASI COVID-19 MELALUI PROGRAM KKN UNS UNTUK MEWUJUDKAN DESA KEDUNGWINANGUN SIGAP, CERDAS DAN SEHAT. Junal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1.

Prasetya, B. A. (2021). Gandeng Pelaku Usaha Emping Melinjo Tim KKN UNS Adakan Workshop Digital Marketing. Surakarta: Humas UNS.

Saputra, R., Lusi Nur Ardhiani, L. N., & Setiadi, A. (2020). Digital Marketing sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat di Kabupaten Batang. semnasppm, 352-356.

Wardani, I. S. (2020). New Normal, UMKM Sukoharjo Digenjot Pemasaran Online. Surakarta: Solopos.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.