Mengenalkan Berdagang Secara Online Melalui Media Sosial kepada Warga di Lokasi Kuliah Kerja Nyata Pada Masa Pandemi Covid-19

Venty Suryanti, Annisa Puspaning Tiyas, Luthfia Devi Romadhoni, Maria Kristi Abilawati Putri Rijatno

Abstract

Pada bulan Mei-Juni 2020 telah dilaksanakan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS). Dalam masa pandemi Covid-19, KKN dilaksanakan di lokasi tempat tinggal mahasiswa dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Dalam melaksanakan program KKN, pengumpulan masa dihindari. Salah satu program KKN yang sudah dilaksanakan adalah sosialisasi dan implementasi E-commerce kepada warga masyarakat lokasi KKN. Berdagang secara online dengan media sosial wa dan akun Instagram telah dilakukan. Beberapa warga sudah menawarkan barang dagangannya lewat media sosial dan transaksi jual beli juga sudah dilaksanakan. Pendampingan kepada warga masih perlu terus dilakukan untuk mempromosikan barang dagangannya dengan tampilan yang lebih menarik, cara membungkus (packing), mengirim barang dagangan dan pembayaran dengan transfer uang.

Full Text:

PDF

References

Ardiana, B., dan Subaedi. 2010, Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM di Surabaya, Jurnal Majemen dan Kewirausahaan, 12(1): 42 -55.

Gambrien, B., Risnandar dan Iskandar, A.R. 2012, E-Commerce untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) (Studi Kasus: Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan), Jurnal Teknologi Informasi Politeknik Telkom, 1(4): 144-151

Harapan, H., Itoh, N., Yufika, A., Winardi, W., Keam, S., Te, H., Megawati, D., Hayati, Z., Wagner, A.L., Mudatsir, M., 2020, Coronavirus disease-2019 (COVID-19); A literature review. Journal of Infection and Public Health. 13: 1-7

Sari, D.E., Handoko, R. dan Rochim, A.I,. 2018, Pengaruh Online Shop Jejaring Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Ibu Rumah Tangga Kabupaten Mojokerto (Studi Kasus Ibu Rumah Tangga Di Desa Mojotamping, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto), Jurnal Representamen, 4(01):

Siregar, A.G.S., dan Widodo, A.. 2018, Pengaruh Periklanan Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Study Pada Konsumen Nasi Goreng Mafia di Kota Bandung), e-Proceeding of Management, 5 (1): 1131

Tanoto, S.R., dan Evelyn. 2019 Financial Knowledge, Financial Wellbeing and Online Shopping Addiction Among Young Indonesians. Jurnal Majemen dan Kewirausahaan, 21(1): 32–40.

Tohardi, A. 2002, Pemahaman Praktis Manajemen Sumber Daya Manusia, Mandar Maju, Bandung.

Yuliana. 2020, Corona virus diseases (Covid-19); Sebuah Tinjauan Literatur. Wellness and Healthy Magazine. 2(1): 187-92.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.