KEPEDULIAN MAHASISWA TERHADAP MASYARAKAT TERDAMPAK WABAH COVID-19 DI DKI JAKARTA DAN D.I. YOGYAKARTA

Edy Edy Purwanto, Mohammad Farhan Alfathan, Mayang Indriana Embunsari, Nabila Astridayanti, Sonia Aprilya, Edo Daniza Hamzah

Abstract

Covid-19 (corona virus disease 2019) merupakan jenis penyakit baru yang disebabkan oleh virus dari golongan SARS-Cov-2. Penularan Covid-19 berlangsung sangat cepat dan menyebar hingga ke berbagai negara di dunia, salah satunya Indonesia yang bermula pada bulan Maret 2020. Jakarta dan Yogyakarta merupakan kota yang memiliki jumlah kasus positif Covid-19 yang cukup tinggi dan termasuk dalam zona merah. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya pemahaman masyarakat terhadap bahaya dari penularan virus Corona. Kebijakan dan peraturan yang selama ini telah diberikan oleh protokoler dan pemerintah masih dianggap enteng dan diabaikan oleh masyarakat. Dengan demikian, Tim KKN Relawan UNS Tanggap Wabah Covid-19 periode Mei – Juni 2020 memutuskan untuk melakukan program kerja dengan tema supporting pemahaman masyarakat terhadap Covid-19, terutama mengenai bahaya virus Corona, cara pencegahannya, serta kebijakan dan peraturan yang harus dipatuhi. Pelaksanaan KKN Relawan UNS Tanggap Wabah Covid-19 berlangsung dengan baik dan sesuai rencana awal. Keberhasilan program kerja karena adanya dukungan dari Ketua RT setempat dan masyarakat. Hasil program kerja KKN yang telah dilaksanakan antara lain yaitu, sosialisasi edukatif mengenai Covid-19 melalui media sosial Instagram dan grup WhatsApp, kegiatan penyaluran masker dan hand sanitizer, serta pembuatan hand sanitizer holder dengan upaya untuk menurunkan tingkat penyebaran Covid-19 di wilayah DKI Jakarta dan Yogyakarta

Full Text:

PDF

References

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 2020. Tanggap Darurat Corona Virus Provinsi DKI Jakarta. https://dinkes.jakarta.go.id/ . Diakses pada 5 Juli 2020 pada pukul 19.00 WIB.

Rothan, H.A. and S.N. Byrareddy. 2020. The Epidemiology and Pathogenesis of Coronavirus Disease (COVID-19) Outbreak. Journal of Autoimmunity. Vol. 109: 1-4.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 2020. Data Pantauan COVID-19 Jakarta. https://corona.jakarta.go.id/id. Diakses pada 8 Juli 2020 pada pukul 14.00 WIB.

Dinas Kesehatan DIY. 2020. Data Terkait COVID-19 di D.I. Yogyakarta. https://corona.jogjaprov.go.id/data-statistik. Diakses pada 9 Juli 2020 pada pukul 16.00 WIB.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.