Penggunaan Video Edukasi dalam Meningkatkan Pengetahuan Remaja tentang Covid-19

Bulan Kakanita Hermasari, Yunita Hastami, M Nur Dewi Kartikasari

Abstract

Pandemi covid-19 telah menyebabkan dampak signifikan pada berbagai tatanan kehidupan bermasyarakat. Salah satu upaya mencegah penyebaran penularan penyakit covid-19 adalah dengan melakukan protocol kesehatan ketat. Untuk menyebarluaskan protocol kesehatan ini dibutuhkan edukasi kesehatan secara massif dari berbagai pihak kepada semua kalangan masyarakat, salah satunya adalah kepada remaja usia sekolah. Remaja memiliki potensi untuk melakukan edukasi kepada teman sebaya dan keluarga terdekatnya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan menyusun suatu video singkat tentang protocol kesehatan Covid-19 yang disampaikan kepada remaja usia sekolah, dalam hal ini siswa SMP dan SMA sederajat. Untuk mengetahui efektivitas video edukasi terhadap peningkatan pengetahuan subyek, dilakukan tes sebelum dan sesudah pemberian edukasi melalui video. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, didapatkan peningkatan secara signifikan pengetahuan subyek tentang covid-19. Hal ini menujukkan bahwa video yang disusun bermanfaat sebagai media edukasi tentang covid-19.

Full Text:

PDF

References

Kemendikbud. (2020). Perluas Akses Belajar diMasa Covid-19, Mendikbud Luncurkan Program Belajar dari Rumah’Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. [online]. Tersedia di:https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/04/perluas-aksesbelajar-di-masacovid19-mendikbud luncurkan-programbelajardari-rumah. Notoadmojo, Soekidjo. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta, 2007, p.16, 140. Sadiman, A.S., Rahardjo, R. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005. W H O European (2020) Strengthening and adjusting public health measures throughout the COVID-19 transition phases. World Health Organization (2020) Infection Prevention and Control guidance for Long-Term Care Facilities in the context of COVID-19.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.