Pelatihan Manajemen Pakan untuk Meningkatkan Efisiensi Produksi Peternakan Sapi Potong Rakyat

Adi Ratriyanto, Rendi Fathoni Hadi, Susi Dwi Widyawati

Abstract

Pakan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dalam usaha ternak sapi potong. Pakan yang diberikan harus memenuhi kuantitas dan kualitas sesuai dengan kebutuhan ternak. Oleh karena itu diperlukan manajemen pakan yang baik, meliputi aspek pemilihan, penyimpanan, pengolahan dan pengawetan, serta metode pemberian pakan kepada ternak. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan manajemen pakan bagi peternak sapi potong di Desa Pelemrejo, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali. Seperti halnya wilayah lain di Boyolali, sapi potong dipelihara sebagai salah satu bagian dari sistem pertanian yang berfungsi sebagai tabungan, penghasil kotoran maupun untuk tenaga kerja. Beberapa permasalahan dalam manajemen pakan yang teridentifkasi adalah peternak tidak mengetahui kualitas masing-masing bahan pakan dan pemberian pakan tidak terukur sehingga terjadi pemborosan bahan pakan. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan penyuluhan dan pelatihan manajemen pakan bagi peternak sapi potong, seperti pengenalan kualitas pakan, pengolahan dan penyimpanan pakan, serat metode pemberian pakan. Diakhir program pengabdian, peternak mampu melakukan manajemen pakan ternak sapi secara baik untuk menghasilkan pertumbuhan ternak dan keuntungan yang optimal.

Full Text:

PDF

References

Abidin, I. Z, 2008, Penggemukan Sapi Potong, AgroMedia, Jakarta.

Jannan, M. M., & Supriyono, H. 2018. Sistem Pendukung Keputusan untuk Penyakit Sapi Berbasis Android, Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 18(2), hal 8-13.

Winarso, B., 2017, Realisasi kegiatan program daerah dalam pengembangan pembibitan sapi potong guna mendukung swasembada daging nasional, Jurnal Penelitian Pertanian Terapan, 14(2), hal 111-123.

Yulianto, P. dan Saparinto, C., 2014, Beternak Sapi Limousin, Penebar Swadaya Grup, Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.