Profil Desa Wisata Samiran di Lereng Merbabu-Merapi Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali Propinsi Jawa Tengah

Jaka Suyana

Abstract

Desa Wisata Samiran sudah dirintis sejak tahun 2006, berada di dataran tinggi lereng Merbabu-Merapi atau di lembah Gunung Merbabu-Merapi memiliki panorama alam yang indah dan udara  sejuk. Secara administrasi berada diwilayah Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali Propinsi Jawa Tengah, mempunyai luas 663,329 ha dengan elevasi 1.400-2.550 m dpl, jenis tanah andosol/andisols (lereng Merbabu) dan regosol/entisols (lereng Merapi). Dataran tinggi dengan tanah andosol secara agroklimat cocok/sesuai untuk pengembangan beraneka agrowisata, yaitu :  tanaman  perkebunan (teh dan kopi Arabika), tanaman buah (tledung, apel dan jeruk), tanaman hias, serta sayuran.  Kegiatan pengabdian ini bertujuan  untuk perintisan pendampingan pada kelompok tani di Desa Wisata Samiran.  Jenis kegiatan yang dilakukan adalah pengumpulan data/informasi yang berkaitan dengan “Profil Desa Wisata Samiran”, yaitu meliputi : (1) pengumpulan data/informasi kondisi agroklimat dan jenis usahatani;  (2) pengumpulan data/informasi keberadaan dan kegiatan kelompok tani; serta (3) pengumpulan data/informasi keberadaan obyek wisata di wilayah Desa Wisata Samiran. Target dari kegiatan pengabdian ini diperoleh Profil Desa Wisata Samiran yang nantinya dapat digunakan sebagai data dasar untuk pengembangan agrowisata di Desa Wisata Samiran, khususnya sebagai peningkatan atensi akademisi program pendampingan/pengabdian masyarakat dari Grup Riset Pengelolaan DAS dan Agroekosistem, Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret, serta para pihak yang berminat.  

Full Text:

PDF

References

Darmawijaya, M, Isa. 1990. Klasifikasi tanah : Dasar teori bagi peneliti tanah dan pelaksana pertanian di Indonesia. Balai Penelitian Teh dan Kina Gambung, Bandung. 278 p.

Dariah, A. 2007. Budidaya Pertanian Pada Lahan Pegunungan. Warta Penelitian dan Pengembangan Pertanian Indonesia. 29 (1): 7-9.

Hardjowigeno, S. 2003. Klasifikasi Tanah dan Pedogenesis. Edisi Revisi. Penerbit Akademika Pressindo. Jakarta. 354 p.

Nuryanti, W. 1993. Concept, Perspective and Challenges. In. Laporan Konferensi Internasional Pariwisata Budaya. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta. Hal. 2-3.

Soil Survey Staff. 2014. Kunci Taksonomi Tanah. Edisi Ketiga, 2015. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Suyana, J. 2019. Perintisan Pendampingan Pada Kelompok Tani Desa Wisata Samiran di Kecamatan Selo Lereng Merbabu-Merapi. Laporan Akhir. Pengabdian Masyarakat Mandiri Aktif. Fakultas Pertanian, UNS Surakarta.

Peta Wisata Kabupaten Boyolali Terbaru. 2020. http://www.eventsolo.com/Wisata/Boyolali/ Peta-Wisata-Kabupaten-Boyolali-Terbaru.html. 2020-02-27.

Wahyudi, I. 2009. Strategi Bauran Pemasaran Dengan Penerapan Metode Proses Hierarki Analitik di Agrowisata Little Farmers Lembang, Bandung. Skripsi. Departemen Agribisnis, FEM. IPB. Bogor.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.