PEMBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI MELALUI “SUMA CHIPS”

Siswanto Siswanto, Dputri Nurimanda, Fathin Kusuma P, Rini Sumiyati, Wuri Gita S

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui dan menjabarkan hasil program kerja mahasiswa KKN dalam Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT Petangkas) melalui Pengembangan Produk “Suma Chips” di Desa Mojoagung Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Jenis penelitian ini adalah kualiatif deskriptif yang menggambarkan capaian program kerja untuk menciptakan Citra/Brand bagi KWT Petangkas sehingga mampu bersaing dengan industri makanan lain. Hal ini dilakukan dengan metode pelatihan aspek manajemen dan teknis berupa penyuluhan dan workshop yang melibatkan anggota KWT secara langsung untuk bertindak dalam penciptaan merek produk dan kemasan produk. Selain itu, untuk memperluas pasar dan meningkatkan hasil penjualan produk, program kerja ini menggunakan strategi 4P Marketing Mix yaitu harga (price), produk (product), tempat (place) dan promosi (promotion) dimana harga produk terjangkau bagi kelas menengah ke bawah, produk merupakan makanan kering dan tahan lama berupa criping pisang, kripik tempe, dam onde-onde ketawa, lokasi tempat penjualan strategis karena terjangkau oleh tamu dari kota, dan metode promosi yang memanfaatkan media sosial serta komunitas ibu-ibu yang sudah ada.

Full Text:

PDF

References

Hidayah, S. N. (2018, 08 20). Keterwakilan Perempuan dalam Politik. Retrieved 02 19, 2020, from Detik.com: www.news.detik.com

Ihromi, T. (1995). Kajian Wanita Dalam Pengembangan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2004). Principle of Marketing (Edisi Ke 10). New Jersey: Pretice Hall Inc .

Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tjiptono, F. (2001). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.