PENINGKATAN NILAI PRODUK TELUR ASAP LURIK PADA BUMDES PRASAJA DESA BATURSARI KECAMATAN BATANGAN KABUPATEN PATI

Nurul Rizka Arumsari, Dina Lusianti, Nova Laili Wisuda

Abstract

Telur Asap Lurik ialah hasil inovasi terbaru dari olahan telur asin. Menawarkan keunikan berupa motif telur yang bercorak lurik sebagai ciri khas Indonesia akan budaya batik. Pengasapan memberikan efek gurih dan lebih masir sekaligus menghilangkan bau amis yang biasa ditemui pada telur asin. Sebagai unit usaha yang berkembang di era revolusi industri 4.0 ini, Telur asap lurik atau yang biasa dikenal dengan sebutan Telaslur memiliki tantangan besar dalam mengakses pasar yang kompetitif saat ini. Kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh mitra melalui proses penjualan langsung kepada pelanggan dan mengikuti pameran. Model pemasaran dan penjualan produk yang dilakukan membuat akses pasar masih terbatas di wilayah Pati saja. Pemanfaatan teknologi dengan melalui pemasaran online dapat menjadi salah satu solusi untuk menambah profit bagi Bumdes Prasaja terutama kelompok Bina Farm.

Metode yang digunakan untuk kegiatan pengabdian masyarakat adalah sosialisasi, pelatihan, implementasi program dan pendampingan pemeliharaan toko online. Mitra sangat antusias dan terbantu dengan adanya implementasi pemasaran online karena pengenalan toko dan kegiatan pemasaran dapat dilakukan dengan mudah dimanapun dan kapanpun melalui media toko online. Selain itu juga pengetahuan mitra atas pengetahuan tentang pemilihan packaging yang baik untuk menambah nilai produk telur asap lurik.

Full Text:

PDF

References

Arumsari NR dan Marka MM, 2018 Strategy Competitive Advantages through Marketing Performance, KINERJA Volume 22, No. 2, 2018 Page. 168-185

Kotler Philip & Armstrong, Jakarta, 2008, Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jilid 3: Prenhallindo

Nawawi Hadari, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompetitif, Yogyakarta : Gadjah Mada University Press

Swastha dkk, 2008, Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, Yogyakarta : BPFE

Tjiptono Fandy, 2009, Strategi Pemasaran, Edisi 2, Cetakan ketujuh, Yogyakarta : Andi Offset

WP Sabar dan Parnanto, 2015. Peningkatan Usaha Telur Asin Asap. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan Vol.4 No.2

http://batursari-batangan.sideka.id/2017/07/27/inovasi-teknologi-dan-pengolahan- telur-asap-lurik-2/ diakses pada tanggal 16 Nopember 2018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.