IPTEK BAGI DESA BERBASIS SISTEM APLIKASI AKUNTANSI MENUJU DESA WIRAUSAHA

Putri Nugrahaningsih, Sri Suranta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendorong terciptanya aparatur pemerintahan desa yang mampu, terampil, dan profesional dalam pengelolaan Dana Desa, sehingga  pemanfaatan dana tersebut lebih optimal. Selain Sumber daya Manusia yang handal juga harus dibekali prasarana penunjang Iptek. Metoda penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data meliputi focus group discussion, in-depth interview, observasi dan dokumentasi di desa Bulusulur, Kabupaten Wonogiri.

Hasil penelitian menemukan bahwa implementasi Dana Desa dilakukan dengan Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang memiliki empat unit Usaha. Untuk menjawab kebutuhan BUMDes akan akuntabilitas, transparansi, dan informasi, maka diimplementasikan Program aplikasi Sistem Informasi Akuntansi Keuangan BUMDes berbasis website untuk kemudahan penginputan dan pengolahan segala data transaksi keuangan, serta penyusunan pelaporan keuangan BUMDes. Aplikasi ini dikembangkan sebagai dedikasi untuk mendorong terbangunnya keterbukaan informasi publik di Indonesia untuk tata kelola keuangan BUMDes yang makin profesional, akuntabel, dan transparan.

Full Text:

PDF

References

Badan Pembinaan Pengelolaan Keuangan Pemerintahan Daerah. 2016. Proposal Pembuatan Sistem Informasi Keuangan Aplikasi Pengelolaan BUMDES (Badan Usaha Milik Desa). Available at http://www.bppkpd.com.

Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan. 2016. BPKP Luncurkan SIA BUM Desa Sekaligus Perkuat Kapasitas BUMD. Available at http://www.bpkp.go.id.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Buku Panduan Pendirian dan Pengelolaan BUMDes. PKDSP: FE Universitas Brawijaya.

Desa, Blogger. 2017. SIA BUM Desa: Sistem Informasi Akuntansi Badan Usaha Milik Desa. Available at http://www.risehtunong.blogspot.co.id.

Halim, Abdul. Akuntansi Keuangan Daerah. 2008. Jakarta: Salemba Empat

Hoesada, J. 2014. Komite Standar Akuntansi Pemerintah (KSAP). Jakarta.

Ismail, Muhammad., Ari Kuncoro W dan Agus W. 2016. Sistem Akuntansi Pengelolaan Dana Desa. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol.XIX No.2:323-340.

Kurnia, Dadang. 2015. Pengawalan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa. BPKP. Jakarta.

Mardiasmo. 2009. Akuntansi Sektor Publik. Jakarta: CV Andi Offset.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan.

Petunjuk Teknis Perencanaan Pembangunan Desa, Lampiran Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 414.2/1408/PMD Tanggal 31 Maret 2010.

Putra, Surya Anom. 2015. Badan Usaha Milik Desa: Spirit Usaha Kolektif Desa. Jakarta: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI.

Santri, Premanita. 2015. Akuntabilitas Keuangan Desa: Evaluasi Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) di Kabupaten Wonogiri Tahun 2014. Skripsi: Universitas Sebelas Maret.

Sugiyono. 2012 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taman, Abdullah., dkk. 2015. Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Dana Desa Bagi Perangkat Desa Di Kecamatan Gamping Sleman. Universitas Negeri Yogjakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2008 tentang Pemerintahan Daerah. Jakarta. Direktorat Jenderal Otonomi Daerah.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.