Karya Cipta Lagu Ikonik Sebagai Pengembangan Citra Desa Wisata Krebet

Sagaf Faozata Adzkia

Abstract

Artikel ini membahas strategi inovatif dalam pengembangan citra Desa Wisata Krebet di Kabupaten Bantul melalui penciptaan lagu ikonik sebagai media branding berbasis budaya lokal. Desa Krebet dikenal sebagai sentra batik kayu dan destinasi wisata budaya yang menghadapi tantangan regenerasi pengrajin, keterbatasan inovasi promosi, serta rendahnya pemanfaatan teknologi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran karya cipta musik dalam memperkuat identitas budaya, mendorong partisipasi masyarakat, dan meningkatkan daya tarik pariwisata. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penciptaan lagu ikonik mampu berfungsi sebagai sound branding yang merepresentasikan nilai-nilai kearifan lokal seperti gotong royong, kebanggaan terhadap tradisi, serta keindahan alam dan batik kayu Krebet. Lagu ini tidak hanya menjadi sarana promosi digital, tetapi juga wahana pelestarian budaya dan pemberdayaan masyarakat berbasis community-based empowerment. Lagu ikonik ini berkontribusi terhadap peningkatan kunjungan wisatawan, pengembangan UMKM, serta penguatan solidaritas sosial. Penerapan strategi branding digital berbasis partisipasi masyarakat sejalan dengan kebijakan Kemenparekraf dalam mendorong pariwisata berkualitas dan ekonomi kreatif berkelanjutan. Dengan demikian, model pengembangan melalui lagu ikonik dapat dijadikan contoh replikasi bagi desa wisata lain di Indonesia sebagai bentuk integrasi antara pelestarian budaya, inovasi kreatif, dan pembangunan ekonomi lokal di era digital.

References

Anatasya, E. (2024). Peran Literasi Budaya dan Kewargaan dalam Upaya Pelestarian Kebudayaan Lokal Nusantara di Era Revolusi Industri 4 . 0. 2(1).

Bahang, A. D. J., Budarsa, G., & Pravitasari, P. K. (2025). Peran Musik Kontemporer dalam Pelestarian Budaya Tradisional di Ruteng, Manggarai, Flores, NTT. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3, 94–103. https://doi.org/https://doi.org/10.47861/jdan.v3i1.1671

Fernández-sotos, A., Fernández-caballero, A., & Latorre, J. M. (2016). Influence of Tempo and Rhythmic Unit in Musical Emotion Regulation. August. https://doi.org/10.3389/fncom.2016.00080

Habeahan, A., Tarigan, C. I. V., Sinaga, D., Aulia, D., Silalahi, E. A., Purba, L. M., Sinaga, R. I., & Ambarita, P. D. E. (2025). STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MENGEMBANGKAN EKONOMI KREATIF DI ERA SOCIETY 5.0. Jurnal Akademik Pengabdian Masyarakat, 3(4), 312–324.

Hartika, N. P. L., Pramesti, N. W. R., Devi, I. A. D. U. P., & Maharani, A. A. P. (2025). KOLABORASI KREATIVITAS DIGITAL DAN BUDAYA LOKAL BALI: STRATEGI GENERASI MUDA DALAM ERA DIGITAL. Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR),.

Ichsan, R. N., Laratmase, P., Novedliani, R., Utami, E. Y., & Mahmudin, T. (2024). DIGITALISASI DESTINASI SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN PROMOSI PARIWISATA DI INDONESIA. Edunomika, 08(02), 1–13.

Kabnani, J. S., Bunga, A. O., Sheldena, D. N., & Laure, M. (2024). Kajian Seni Pertunjukan Musik Tradisional Melalui Komunitas Musik Terhadap Pengembangan Nilai Budaya Dan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Kabupaten Sabu Raijua. Apostolos: Journal of Theology and Christian Education, 138–151.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2020). Warisan Budaya Takbenda dan Pembangunan Berkelanjutan WARISAN.

Risandewi, T. (2017). ANALISIS INFRASTRUKTUR PARIWISATA DALAM MENDUKUNG PENGEMBANGAN DESA WISATA CANDIREJO KABUPATEN MAGELANG. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah.

Sarini, S. (2015). Fungsi Komunikasi dalam Musik Tradisional Rijoq sebagai Sarana Komunikasi Masyarakat Suku Dayak Tonyooi Benuaq di Kutai Barat. EJournal Ilmu Komunikasi, 3(2), 447–458.

Séraphin, H., Zaman, M., Olver, S., Bourliataux-lajoinie, S., & Dosquet, F. (2018). Destination branding and overtourism Journal of Hospitality and Tourism Management Destination branding and overtourism. Journal of Hospitality and Tourism Management, 38(December), 1–4. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2018.11.003

Sumadi, T., Pudjiastuti, S. R., Sarbaini, Iriansyah, H. S., Saryon, Safitri, R., Kurniati, P., Subkhan, M., Sommaliagustina, D., Pand, I., Rakhman, C. U., Ghunu, A., Widyaningsih, R., Yandi, R., Robby, S. K. I., Irma Irayanti, D. S., Hermawan, W., Suyahman, & Setiadi, E. (2024). MEMBANGUN TATANAN KEBANGSAAN INDONESIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL. WIDINA MEDIA UTAMA.

Syaflinawati. (2025). SENI MUSIK DALAM PERSPEKTIF IDEOLOGI. Jurnal Pendidikan Seni & Seni Budaya, 10(2), 193–202.

Tanudjaja, B. B. (2003). PENGARUH MEDIA KOMUNIKASI MASSA TERHADAP POPULAR CULTURE DALAM KAJIAN BUDAYA / CULTURAL STUDIES.

Wu, B. I. N., Horner, A., Member, A. E. S., & Lee, C. (2019). The Correspondence of Music Emotion and Timbre. April. https://doi.org/10.17743/jaes.2014.0037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.