ANALISIS KESALAHAN JAWABAN SISWA PADA SOAL URAIAN UNTUK MATERI GELOMBANG BUNYI DI KELAS XI SMA

Muhammad Yoggi Batulieu, Dwi Teguh Rahardjo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas dalam mengerjakan soal materi Gelombang Bunyi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 31 siswa kelas XI IPA. Data utama dalam penelitian ini adalah jawaban tes tertulis siswa, sedangkan hasil kegiatan observasi dan wawancara merupakan sumber data pendukung. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dalam 3 teknik yaitu teknik tes, teknik observasi, dan teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukkan terdapat jnis kesalahan yang dilakukan siswa sesuai dengan prosedur NEA (Newman Error Analysis) pada materi Gelombang Bunyi. Jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa yaitu kesalahan Encoding Ability yang besarnya 49.60 %, kemudian kesalahan Transformation sebesar 33.47%, selanjutnya kesalahan Process Skill sebesar 21.37%, diikuti kesalahan Comprehension sebesar 18.95%. Simpulan dari penelitian ini adalah jenis kesalahan yang dilakukan siswa pada saat mengerjakan soal uraian Fisika materi Gelombang Bunyi yaitu kesalahan Comprehension, kesalahan Transformation, kesalahan Process skill, dan kesalahan Encoding. Kesalahan tersebut terjadi karena beberapa hal, seperti belum memahami konsep dengan matang, terburu-buru dalam mengerjakan soal, tidak bisa menentukan persamaan, dan kurang teliti.

Keywords

Analisis kesalahan siswa, Newman Error Analysis (NEA), Gelombang Bunyi

Full Text:

PDF

References

Ahmadi, Abu & Supriyono Widodo. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Arends, Richard I. 2008. Learning To Teach Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto Suharsimi. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi, Jakarta, Bumi Akasara.

Djaali dan P. Mulyono. 2004. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Hamalik, O. 1990. Metoda Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung : Tarsito

Huda, M. 2013. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan. 2015. Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1 (3), 221-225.

Jamal, Fakhrul. 2014. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pelajaran Matematika pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1, No. 1. Maret 2014.

Jati dan Priyambodo. 2009. Fisika Dasar untuk Mahasiswa Ilmu Komputer dan Informatika. Yogyakarta : CV Andi.

Kanduli, dkk. 2018. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar. Jurnal Ilmiah, Vol.20, hal 1-12.

Komarudin. 2016. Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Peluang berdasarkan High Order Thinking dan Pemberian Scaffolding. Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 8 (1), 202-217.

Lutan, Rusli. 2000. Pengukuran dan Evaluasi Penjaskes. Depdikbud : Jakarta.

Moushivits, N. & Zaslavsky, D. (1989). An empirical classification model for error in hight school mathematics. Journal for Research in Mathematics Education 18, 3-14.

Nyoman Dantes. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta : ANDI.

Newman, Anne. 1983. Strategies for Diagnosis and Remediation. Sydney : Harcourt Brace Jovanovich Group.

Pujilestari. 2018. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika SMA Materi Operasi Aljabar Bentuk Pangkat dan Akar. JISIP, Vol. 2 (1), hal 226-232.

Rahardjo, Susilo & Gudnanto. 2011. Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus: Nora Media Enterprise.

Rosyanda, D. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis, Sebuah Model Pelibatan Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Kencana Pronada Media.

Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi : Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Sardiman. 2010. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sari dkk. 2013. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Materi Termodinamika pada Siswa SMA. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, Vol 3 (1), Hal 5-8.

Sofri. 2017. Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Kognitif Mahasiswa. Aksioma, 8 (1), 17-30.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2001 . Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alpabeta.

Sukardi. 2011. Evaluasi Pendidikan : Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta : Bumi Aksara.

Suroso. 2016. Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal-Soal Fisika Termodinamika pada Siswa SMA Negeri 1 Magetan. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 4 (1), 8-18.

Susilo Rahardjo & Gudnanto. 2011. Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus : Nora Media Enterprise.

Syah, Muhibbin. 2000. Psikologi Pemdidikan. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya

Syafmen, Wardi. 2014. Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaiakn Soal Metematika Di SMA (Studi Kasus SMA N. 11 Jambi). Jurnal Ilmiah Universitas Tadulako, 17, 73-77.

Tipler, Paul A. 2001. Fisika untuk Sains dan Teknik, Edisi Ketiga Jilid 1. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Ulifa, S. N. 2014. Hasil Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Relasi. Jurnal Pendidikan Metematika STKIP PGRI Sidoharjo, 2 (1), 123-124.

Widoyoko, S. Eko Putro. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Zainal Arifin. 2013. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip-Teknik-Prosedur. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.