PEMBELAJARAN IPA INTERAKTIF DENGAN GAME BASED LEARNING

Sri Wahyuning

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk melihat bagaimana model pembelajaran game based learning dapat menciptakan pembelajaran IPA yang interaktif serta pengaruh penggunaan model game based learning pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian literature review dengan menggunakan studi pustaka yang memanfaatkan literature sebagai objek primer penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis game (game based learning) dapat menciptakan pembelajaran IPA yang interaktif karena mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Model pembelajaran ini dirasa efektif diterapkan dalam pembelajaran IPA karena dapat meningkatkan motivasi belajar, partisipasi aktif,serta keterampilan abad 21.

Keywords

Game Based Learning, Pembelajaran IPA, Pembelajaran Interaktif

Full Text:

PDF

References

Charlier, Natalie., Ott, Michela., Remmele, Bernd, & Whitton,Nicola. (2013). Not Just for Children:Game-Based Learning for Older Adults. Proceedings of 6th Europran Conference on Game Based Learning.

Cinta, Aisyah Putri Wibawa., Mumtaziah, Hashina Q., Sholaihah, Lutfiah A, & Hikmawan, Rizki. (2021). Game-Based Learning (GBL) Sebagai Inovasi dan Solusi Percepatam Adaptasi Belajat pada Masa New Normal. INTEGRATED (Information Tecknology and Vocational Educatio), 3(1).

H.Hussein,Mahmood., Ow, Hock.S., Cheong, L., Thong, Meow-Keong., & Ebrahim, Nader A., (2019). Effects of Digital Game-Based Learning on Elementary Science Learning: A Systematic Review. IEEE Access, 7.

Hidayat,Rahmat. (2018). Game-Based Learning: Academic Games Sebagai Metode Penunjang Pembelajaran Kewirausahaan. Buletin Psikologi, 26(2). 71-85.

Kusuma,M.A., Kusumajanto, D.D., Handayani, R., & Febrianto, I. (2022). Alternatif Pembelajaran Akitif di Era Pandemi Melalui Metode Pembelajaran Game Based Learning. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 7(1), 28-37. https://doi.org/10.17977/um039v7i12022p028

Liu, Zi-Yu., Shaikh, Zaffar Ahmed., & Gazizova, Farida. (2020). Using the Concept of Game-Based Learning in Education. iJET, 15(14).

Perrotta, C., Featherstone, G., Aston, H. and Houghton, E. (2013). Game-based Learning: Latest Evidence and Future Directions (NFER Research Programme: Innovation in Education). Slough : NFER.

Pho, Annie & Dinscore, Amanda. (2015). Game-Based Learning. Instructional Technologies Commite.

Pivec, Maja. (2007). Editorial: Play and learn: potentials of game-based learning. British Journal of Educational Technology, 38(3).

Pivec, Paul. (2009). Game-based Learning or Game-based Teaching. http://www.becta.org.uk

Ramdhan, Dimas & Ujaja, Yogi. (2021). Game Based Learning: Teknik Pembelajaran Menggunakan Aspek Game. www.binus.ac.id.

Rohwati, M. (2012). Penggunaan Education Game untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1). 75-81.

Romana Iran Dolati and Peyman Mikaili. (2011). Effects of Instructional Games on Facilitating of Syudents’ Vocabulary Learning. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 5(11), 1218.

Ryan, Dellos. (2015). Kahoot! A Digital Game Resource For Learning. In International Journal of Instructiona; Technology and Distance Learning, 12. 49 – 52.

Shi, Yen-Ru & Shih, Ju-Ling. (2015). Game Factors and Game-Based Learning Design Model. International Journal of Computer Games Technology. http://dx.doi.org/10.1155/2015/549684

Sulikah, dkk., (2020).Identifikasi Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V SDN Socah 4. Prosiding Nasional Pendidikan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.